TOP1 Zenzation, Oli Mesin Sintetik Tahan Lama Melindungi Mesin Mobil

Keponih.com – Oli mesin mobil menjadi faktor yang sangat penting untuk perawatan, sebagai pelumasan untuk menjaga mesin agar tetap berfungsi dengan baik. Oli mesin akan menjaga komponen mobil dari keausan sekaligus menjaga temperatur bagian dalam mobil, terutama dari suhu tinggi. Top1 Zenzation sebagai salah satu jenis oli sintetik yang memiliki kualitas sangat baik.

Perbedaan Oli Mesin Sintetik dan Non-sintetik

Secara umum, oli mesin mobil terdiri dari dua jenis, yaitu oli mesin sintetik dan oli mesin non-sintetik. Pelumas atau oli mesin sintetik terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. Komponen oli sintetik terbuat dari minyak bumi yang diproses serta dimodifikasi secara kimiawawi. Produk oli mesin mobil dengan bahan sintetik TOP1 Zenzation memiliki berbagai keunggulan, salah satunya lebih tahan lama melindungi.

Oli Mesin Mobil Sintetik memiliki kandungan Ester Fortified, sehingga membuat oli lebih tahan lama dalam melindungi mesin. Produk Top1 Zenzation memiliki kandungan Sintetik 30 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Artinya, produk jenis ini mampu melindungi mesin hingga ke celah-celah yang sempit.

Oli sintetik juga memiliki keunggulan yang dihasilkan dari proses kimiawinya, secara struktur kimia lebih baik dari oli biasa yang terbuat dari bahan dasar mineral. Proses produksi oli sintetik yang lebih kompleks dan rumit membuat harga oli sintetik jauh lebih mahal. Oli sintetik memiliki SAE atau viskositas yang rendah atau encer. Sehingga sering dianggap kurang cocok digunakan untuk mobil dengan teknologi lama.

Sedangkan oli non-sintetik atau lebih sering disebut dengan oli mineral terdiri dari base oil atau minyak bumi mentah. Oli jenis ini tetap diolah kembali dengan proses tertentu, biasanya dengan jarak pemakaian lebih pendek jika dibandingkan oli sintetik.

Oli non-sintetik memiliki lebih banyak kekurangan jika dibandingkan oli sintetik, antara lain:
● Lebih cepat panas
● Lebih mudah teroksidasi
● Cepat menguap
● Struktur molekul yang tidak rata

Meski demikian, oli non-sintetik memiliki kelebihan dengan harga jauh lebih murah serta usia pakai yang lebih singkat. Molekul yang lebih homogen dan viskositas lebih rendah atau encer membuat daya tahan lebih lama serta kinerja yang lebih baik.

Penggunaan oli mesin non-sintetik dalam jangka panjang akan mempengaruhi kinerja mesin. Pemilik mobil sebaiknya meminta rekomendasi dari pabrikan mobil untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan jenis oli.

Oli Mesin Tahan Lama Rekomendasi Pabrikan

TOP1 Zenzation memiliki beberapa pilihan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, tidak hanya untuk mesin bensin tapi juga untuk mesin diesel. Teknologi Ester Fortified memiliki kemampuan tinggi dalam melindungi mesin serta membuat oli tahan lama.

Teknologi aditif yang berupa Ester Fortified mampu memaksimalkan potensi oli sintetik maupun semi sintetik. Senyawa Ester Fortified dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mesin dengan performa tinggi, seperti motor dan mobil balap hingga pesawat jet.

Oli yang mengandung Ester Fortified berfungsi untuk melapisi dan memberikan suhu yang lebih dingin serta stabil untuk berbagai kondisi. Sehingga oli jenis ini selalu menjadi pilihan untuk mesin yang memiliki kecepatan tinggi.

Saat ini memang banyak produk oli sintetik yang beredar di pasaran, namun tidak banyak yang mencantumkan Ester Fortified ke dalam kandungan oli mereka. Hanya ada beberapa saja produk oli yang mencantumkannya, antara lain : TOP1 Zenzation Series dan TOP1 Evolution Series.

Kandungan Ester Fortified akan membuat oli semakin mampu melekat lebih baik ke komponen logam mesin, memiliki stabilitas lebih baik dalam suhu panas atau kondisi ekstrim sekalipun. Senyawa Ester Fortified memiliki polaritas yang bersifat saling menarik antar molekul. Sehingga mampu membuatnya melekat lebih baik ke dinding piston.

Karakter Ester Fortified membuat kemampuan oli untuk meminimalisasi gesekan menjadi lebih meningkat. Perlu diketahui jika Ester Fortified merupakan base oli yang paling mutakhir dengan grade tertinggi.

Mengenal Oli Mesin Mobil Sintetik TOP1 Zenzation

TOP1 telah berdiri lebih dari 40 tahun dengan memasarkan produk unggulannya di berbagai negara. Sebagai produsen oli sintetik asal Amerika, memiliki dua varian populer dan unggul. Baik untuk produk semi sintetik maupun sintetik yang sudah menggunakan Ester Fortified untuk menjamin pelumasan yang lebih baik dan termasuk oli tahan lama.

TOP1 Zenzation Series merupakan produk oli mesin mobil semi sintetik yang dapat meningkatkan kinerja mesin menjadi lebih optimal. Selain itu, API SN dan CJ sudah disesuaikan dengan teknologi mesin terbaru di pasaran. Adapun keunggulan TOP1 Zenzation Series lainnya, antara lain :
● Ester Fortified: diperkaya dengan Ester Fortied sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan.
● Exceed Euro 6 Standard: menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
● Max TBN: perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.
Oli mesin mobil TOP1 Zenzation ini sangat mudah ditemukan, pemilik kendaraan bisa mendapatkannya di bengkel terdekat atau ecommerce resmi TOP1.

Nah kini teman-teman sudah lebih tau tentang pilihan oli sintetik yang bisa dipilih kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.