10 Skill Jurusan Informatika Yang Harus Kamu Kuasai

Keponih.com – Kita sering mendengar orang menyebutkan teknik informatika atau jurusan informatika. Jurusan informatika digadang-gadang menjadi sebuah peluang kerja yang menjanjikan di masa depan. Maka dari itu, jurusan informatika memiliki banyak sekali peminat. Namun apa sebenarnya teknik informatika dan skill jurusan informatika apa yang harus kamu kuasai? Artikel ini akan membantumu lebih mengenal seluk-beluk jurusan informatika yang sangat menarik dan cakupannya sangat luas.

Teknik Informatika ini adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk mengatasi masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Di bidang ilmu ini kita akan mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer. Mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Selama perkuliahan, kamu akan banyak mengkaji pemrograman dan komutasi, dan dibekali juga dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Skill Penting Jurusan Informatika

beberapa skill informatika yang harus dikuasai di era digital

Kata kunci jurusan informatika adalah bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal. Catat, secara optimal. Jadi kalau kamu buka komputer dan main solitaire doang, jangan ngaku anak informatika. Namun tahukah kamu ada basic skill penting jurusan informatika yang “harus” kamu kuasai? Skill jurusan informatika ini yang akan membawamu pada keberhasilan di masa depan yang serba komputerisasi.

1. Algoritma

Kamu mungkin sering mendengar istilah algoritma media sosial, tapi algoritma ini luas sekali penggunaannya. Di dunia perkomputeran duniawi ini ada bahasa pemrograman yang terdiri dari berbagai bahasa pemrograman. Lepas dari perbedaan bahasa dalam hal permodelan dan penulisan, ada satu kunci utama yang paling penting, yaitu Algoritma. Algoritma ini adalah urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan sistematis yang terbatas pada pemecahan suatu masalah. Maka dari itu, kemampuan berpikir logis atau sistematis dan matematika akan banyak membantu dalam membangun salah satu skill jurusan informatika ini.

2. Analytics and Data Management

Kenapa analytics and data management ini salah satu skill jurusan informatika yang harus kamu kuasai? Karena tujuannya adalah untuk membaca dan memahami pola komunikasi berdasarkan interaksi digital. Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk membaca tren dan memprioritaskannya untuk dikembangkan. Tidak hanya itu, data ini bisa digunakan untuk menganalisis aktivitas digital konsumen. Analisis data ini biasanya digunakan sebagai strategi perusahaan untuk terus berkembang dan tidak tergerus dari waktu ke waktu, selalu update dan tidak akan FOMO.

3. Logika

Di sini kita akan berhadapan one on one dengan berbagai bahasa pemrograman. Meskipun memiliki perbedaan dalam segi model dan penulisan, tapi ada satu kunci utama yaitu logika. Kita butuh penguasaan logika atau pola pikir yang sistematis, supaya mudah mengerti dan mengikuti pelajaran yang ada.

4. Cloud Computing

Ini bukan kemampuan menghitung awan. Tapi cloud computing ini adalah sebuah pekerjaan yang terkait dengan penyimpanan data dan aplikasi. Data ini berasal dari penggunaan konsumen pada website tertentu. Sementara aplikasi adalah produk dari perusahaan yang dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan, cuan! Data dan aplikasi ini berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membutuhkan penyimpanan dan manajemen tambahan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu keterampilan cloud computing sangat dibutuhkan dalam pekerjaan dan bisnis IT, karena beririsan juga dengan banyak keterampilan lainnya. Gosipnya, yang memiliki kemampuan ini mendapat gaji yang sangat tinggi. Peluang lho, ini!

5. Pemahaman Konsep dan Aplikasinya

Skill jurusan informatika ini penting bagi seorang programmer nantinya. Kemampuan ini akan sangat berguna saat menulis Cascading Style Sheet (CSC) untuk diaplikasikan pada halaman web yang kemudian mengalir ke elemen lain

6. Kreatif dan Inovatif

Inovasi ini dibutuhkan dalam menjalani pekerjaan apapun, karena kalau tidak bisa berinovasi, maka produk tidak akan berkembang. Dan kemampuan kreatifi bisa digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah.
Kemampuan berpikir secara kreatif dan inovatif akan membuat kita memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Bikin awet kerja dan mungkin bisa dapat bonus!

Baca juga : Manfaat Mengikuti Bootcamp Online

7. Ketelitian yang Tinggi

Dunia perkomputeran duniawi ini memiliki ketelitian yang tinggi menjadi syarat mendasar dari sekian banyak skill penting jurusan informatika karena nantinya kita akan berhadapan dengan kode dalam berbagai bahasa pemrograman yang sangat banyak. Jadi mau tidak mau kita butuh ketelitian sebagai dasar skill jurusan informatika. Memang rumit, tapi begitu berhasil dalam pembuatan sebuah program, misalnya, rasanya sangat puas!

8. Kemampuan Presentasi yang Mumpuni

Ketika kamu memiliki sebuah informasi yang harus ditunjukkan, maka kamu akan menyampaikannya dalam sebuah presentasi. Makanya dibutuhkan kemampuan presentasi untuk menyampaikan informasi. Keterampilan presentasi yang baik akan mengesankan banyak orang.

Di dalam presentasi ini dibutuhkan kemampuan memimpin audiensi, penguasaan materi, kemampuan bicara, dan bahasa tubuh yang baik. Skill penting jurusan informatika ini membutuhkan banyak latihan, termasuk buat kalian yang tugasnya cuma mencet mouse waktu ketua kelompok bilang “Next!”

9. Kemampuan Berbahasa Asing

Bahasa pemrograman yang ada di komputer dirancang menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris kan dianggap sebagai bahasa dunia. Menguasai bahasa asing ini bisa mempermudah komunikasi kamu dengan klien, terutama ketika klien kamu adalah orang asing. Mulai belajar dari sekarang, biar nggak cuma paham yes, no, I don’t understand doang!

10. Kerja Sama Tim

Sebuah project tentunya tidak akan bisa dikerjakan sendiri, pasti membutuhkan banyak orang. Nah, kalau kita orangnya ngeyel, moody, males, suka bilang “Gue orangnya gini!” ya susah untuk kerja sama. Apalagi ketika menjadi seorang ketua atau pemimpin, harus tahu bagaimana karakter anggota timnya. Supaya bisa mengerjakan sebuah project dengan baik dan hasilnya memuaskan. Jadi kamu harus dapat bekerja sama dengan tim apapun posisinya.

Itulah 10 skill jurusan informatika yang harus kamu kuasai. Dari kesepuluh itu, ada berapa skill penting jurusan informatika yang sudah kamu punya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.