Mau Beli Ikan? Cek Dulu Cara Penyimpanan Ikan Agar Awet dan Tetap Segar!

Ikan merupakan sumber protein hewani yang menjadi favorit banyak orang. Meskipun menjadi menu harian yang disukai, namun kebanyakan orang sulit dan enggan untuk beli ikan dalam jumlah banyak dan menjadikannya stok bahan makanan. Hal ini tak lain dan tak bukan karena, ikan termasuk bahan makanan yang mudah rusak
sehingga sebagian besar orang lebih suka membelinya untuk satu kali memasak saja.

Padahal tentu hal ini merepotkan, dan akan lebih praktis jika dapat memiliki stok ikan segar di rumah. Nah, tahukah kamu, bahwa ada cara untuk menyimpan ikan agar awet dan tetap segar.

Tips Beli Ikan Agar Awet dan Tetap Segar

cara menyimpan ikan agar tetap awet dan sehat

Bagaimana caranya? Berikut tipsnya yang khusus kami bagikan untukmu!

Pilihlah Ikan Segar dengan Kualitas Terbaik

Kunci agar ikan dapat tetap segar dan awet disimpan untuk waktu yang lama terletak pada saat kamu beli ikan. Agar tahan lama saat disimpan, kamu harus memilih ikan segar dengan kualitas terbaik. Cara memilihnya pun cukup mudah.

Pastikan ikan terlihat segar, kenyal saat ditekan, dan bagian matanya bening. Ikan segar dengan kondisi terbaik akan lebih tahan lama saat disimpan di kulkas sehingga kamu dapat menyimpan ikan dalam jumlah banyak untuk waktu yang cukup lama.

Bersihkan Sebelum Disimpan

Setelah beli ikan, jangan langsung menyimpannya di kulkas. Kamu harus membersihkan ikan sampai benar-benar bersih terlebih dahulu. Buanglah bagian insang dan isian dalam perut dan cuci dengan air mengalir. Kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis pada ikan.

Simpan dalam Wadah Tertutup

Setelah dibersihkan dan ditiriskan, langkah selanjutnya adalah menempatkan ikan pada wadah tertutup. Kamu bisa menggunakan container box plastik ataupun toples. Selain dapat menjaga agar ikan tetap segar dan awet, penyimpanan pada wadah tertutup juga bisa meminimalisir aroma amis dari ikan yang bisa membuat kulkas kamu memiliki aroma yang kurang sedap.

Simpan pada Bagian Terdingin

Agar ikan yang kamu simpan bisa awet dan tetap segar bahkan hingga berbulan-bulan, kamu harus menyimpannya pada bagian terdingin dari kulkasmu yaitu pada bagian freezer. Karena jika menyimpannya pada bagian chiller dengan suhu 3 derajat Celcius, ikan hanyadapat bertahan 1 Minggu saja. Sedangkan jika kamu menyimpannya pada freezer dengan suhu di bawah 0 derajat Celcius maka daya simpannya bisa mencapai 3 bulan.

Selain menerapkan tips di atas, kamu juga bisa membaluri ikan dengan bumbu sebelum dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Cara ini bisa membuat ikan bukan hanya dapat awet namun akan membuat bumbu meresap dengan sempurna sehingga akan lebih sedap saat dimasak nantinya.

Nah, seperti yang telah dibahas di atas, kunci utama dari penyimpanan ikan adalah memilih ikan segar saat kamu beli ikan. Namun ternyata hal ini cukup sulit karena cukup sering ditemui ikan yang kurang segar saat membelinya di pasar. Kabar baiknya, kamu bisa loh mendapatkan ikan segar cukup dengan memesannya melalui
smartphone dan tidak perlu repot-repot keluar rumah.

Kini urusan beli ikan semakin mudah sejak ada Sayurbox! Kamu bisa memilih ragam ikan segar berkualitas tinggi dan tim Sayurbox akan mengantarkannya untukmu. Bukan hanya ikan saja, kamu juga bisa memesan berbagai kebutuhan dapur lainnya di satu aplikasi yaitu Sayurbox.

Selain kualitas yang terjamin, belanja online di Sayurbox juga akan memberikan banyak keuntungan lainnya seperti harga yang terjangkau, banyak promo menarik, pengiriman cepat dan metode pembayaran yang super lengkap. Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan ikan segar berkualitas di sayurbox lewat website resminya atau unduh aplikasinya di
playstore melalui link ini

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US

Rasakan pengalaman belanja kebutuhan pokok yang mudah dan menyenangkan hanya di Sayurbox!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.