Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman Saat Bekerja di Rumah

Saat ini bekerja dari rumah atau WFH (work from home) masih dilakukan sebagian besar orang. Pasalnya, pandemi yang masih berlangsung mengharuskan mereka untuk tetap berada di rumah dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet yang baik.

Agar tidak merasa bosan saat di rumah, ruangan kerja di rumah harus tetap nyaman layaknya ruang kerja di kantor. Bukan berarti kamu harus membuatnya semirip mungkin dengan kantor, tapi kamu bisa menata ruang kerja di rumahmu lebih baik untuk mendukung produktivitasmu.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar ruang kerja di rumahmu menjadi tempat yang nyaman ditempati. Mau tahu bagaimana cara menata ruang kerja yang baik dan nyaman? Simak penjelasannya berikut ini.

Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman Saat Bekerja di Rumah

menata meja kerja di rumah
Sumber : Unsplash.com

Pilih Tempat yang Ideal

Saat kamu ingin memulai menatanya, pertama-tama pikirkan apa ruang kerja yang selama ini kamu tempati nyaman atau tidak. Jika menurutmu tidak membuat nyaman, cobalah untuk mencari sudut ruangan lain yang menurutmu bisa digunakan untuk bekerja.
Pastikan tempat tersebut jauh dari gangguan seperti suara berisik, memiliki pencahayaan yang cukup, dan aliran udara yang baik. Suasana tenang seperti itu tentu membuat kamu lebih nyaman dan produktif, bukan?

Memastikan Meja Kerja Selalu Rapi

Meja kerja merupakan poin terpenting dalam ruangan kerja yang kita miliki. Membiarkan meja dalam kondisi berantakan tentu tak enak dipandang atau bahkan kita sering kali kesulitan menemukan barang yang diperlukan dalam kondisi meja seperti itu. Maka dari itu menjadikan meja kerja yang rapi sangat penting dan bahkan dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian baik, lho.

Pastikan meja yang kamu gunakan cukup untuk meletakkan laptop, catatan, dan ruang untuk tanganmu bergerak dengan nyaman. Tambahkan aksesoris tambahan seperti tanaman kaktus kecil atau tanaman mini lainnya untuk mempercantik meja kerjamu.

Dekorasi Dinding di Ruang Kerja

Untuk memperindah dan membuat kamu lebih betah berada di ruang kerja, tidak ada salahnya untuk menata dekorasi dinding juga. Mulai dari memasang lukisan, foto bersama keluarga dan sahabat, atau bahkan memasang poster idola kamu di dinding bisa kamu lakukan. Selain dapat mempercantik ruangan, cara tersebut pastinya cukup ampuh menaikkan mood dan semangat kamu dalam bekerja.

Meletakkan Lilin Aroma di Ruang Kerja

Nah, setelah menata meja kerja dan dekorasi ruangan yang baik, lengkapi dengan benda satu ini. Aroma yang ditimbulkan lilin ini dapat merelaksasi penggunanya dan menciptakan suasana yang nyaman di ruang kerja. Kamu bisa memilih aroma lilin yang sesuai dengan seleramu, ya.

Buat Tempat Duduk yang Nyaman

Saat bekerja dari rumah, kamu biasanya akan tetap duduk selama 8 jam layaknya bekerja di kantor. Hal itu tentu membuat kamu sering kali merasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk di kursi yang mungkin tidak senyaman di kantor. Memilih kursi yang tepat sesuai kebutuhan adalah kunci bisa duduk dengan nyaman saat bekerja.

Kamu bisa menyiasatinya dengan menaruh bantal di bagian punggung kursi di mana punggungmu akan bersandar dan atau menaruh bantal di bagian tempat duduknya. Tempat dudukmu akan terasa lebih nyaman saat digunakan berjam-jam setiap harinya.

Namun, beberapa orang mungkin lebih senang duduk lesehan di atas karpet dengan meja kecil yang cukup untuk menopang laptop mereka. Cara duduk saat bekerja sebenarnya dapat disesuaikan dengan selera dan seberapa nyaman kamu dalam bekerja.

Kamu juga tidak direkomendasikan bekerja dari tempat tidur. Karena bisa jadi kamu akan bermalas-malasan dan merasakan hawa kantuk yang bisa menurunkan produktivitasmu.

Menggunakan Air Humidifier

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat air humidifier adalah sebagai pelembap udara dan memiliki beragam manfaat lainnya bagi kesehatan. Cara ini sebenarnya opsional, jika ruangan kerjamu cukup sejuk dan tak perlu pelembap udara tentu kamu tidak perlu menambahkan alat satu ini ke ruang kerjamu.

Namun, jika kondisi ruangan kerjamu memiliki udara yang kering, air humidifier akan sangat membantu daripada AC. Saat digunakan, alat ini secara otomatis akan menyemprotkan uap dari dalam. Udara yang sejuk akan sangat terasa meskipun kamu tetap harus berada dalam ruangan.

Itulah dia tips menata ruang kerja yang nyaman saat bekerja dari rumah. Sudah tahu mau mulai dari mana untuk menata ruang kerjamu? Jangan ragu untuk mengubah dan menjadikannya lebih baik untuk meningkatkan semangat kerja saat di rumah, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.