Tips Memilih Distributor Bahan Makanan Berkualitas Untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis Kuliner

Keponih.comSalah satu kunci keberhasilan menjalankan bisnis makanan adalah memilih distributor bahan makanan berkualitas. Bahan baku yang dipilih menentukan apakah bisnis yang Anda jalankan sukses atau gagal. Oleh sebab itu para pembisnis kuliner harus cermat dalam memilih distributor dan banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Tidak hanya mempertimbangkan dari segi harga dan jenis makanannya saja, namun ada aspek-aspek lain yang tidak kalah penting yaitu menentukan kriteria distributor, kualitas dan manajemen keamanan bahan baku, siapa saja yang menjadi klien, menyediakan berbagai pilihan, ready stock hingga proses pengiriman yang mudah, aman dan tepat waktu. Berikut penjelasannya!

Tips Memilih Distributor Makanan

Menentukan Kriteria Distributor

ditsributor bahan makanan berkualitas

Sebelum memilih distributor bahan makanan berkualitas, Anda harus menentukan terlebih dahulu kriteria distributor yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang bisa dijadikan bahan penilaian adalah:

  • Kualitas bahan makanan,
  • Harganya,
  • Pelayanan,
  • Kecepatan merespon,
  • Memberikan kemudahan pembayaran,
  • Pengiriman tepat waktu.
  • Membuat anggaran untuk membeli bahan baku.

Kualitas dan Keamanan Bahan Baku Makanan

Poin penting yang kedua yang harus dijadikan bahan pertimbangan adalah kualitas dan keamanan makanan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, cita rasa makanan merupakan kunci penting keberhasilan bisnis dan bahan baku yang digunakan dapat mempengaruhi rasa hingga rupa produk kuliner yang Anda buat.

Untuk mengetahui kualitas bahan makanan, Anda bisa meminta sample agar dapat memastikan apakah bahan makanan yang disediakan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Kualitas bahan makanan merupakan poin penting yang menentukan keberhasilan bisnis kuliner yang Anda jalankan, karena dapat meningkatkan nilai produk dan kepuasan konsumen/ pelanggan.

Selain kualitas, keamanan makanan juga penting dijadikan perhatian. Pastikan bahan yang disediakan sudah memiliki sertifikat keamanan, halal dan akreditas lainnya.

Cari Tahu Siapa Saja Yang Menjadi Kliennya

Dengan mengetahui siapa saja yang menjadi klien distributor bisa menjadi gambaran bagaimana kinerja distributor tersebut. Apabila kliennya seperti: supermarket, maka kualitasnya lebih terjamin. Namun resikonya berarti distributor tersebut kesibukannya lebih tinggi.

Sedangkan apabila distributor menyediakan bahan baku untuk bisnis kuliner dalam skala kecil maka pelayanan yang diberikan lebih personal. Namun resikonya mereka tidak dapat menjamin pasokan bahan makanan dalam jumlah yang sangat banyak.

Kedua hal tersebut bisa dijjadikan bahan pertimbangan memilih distributor bahan makanan berkualitas yang tepat, yaitu yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Memberikan Pilihan Varian Bahan Baku Makanan

Menjalankan bisnis kuliner tentu membutuhkan bahan baku yang bervariasi. Oleh sebab itu sebaiknya pilih distributor yang dapat mengakomodir kebutuhan bisnis. Dengan demikian Anda tidak perlu mencari distributor lain, cukup lewat satu distributor bahan baku sudah dapat terpenuhi.

Ketersediaan Supply Bahan Baku Makanan Selalu Ready Stock

memilih distributor keju berkualitas di jakarta dan dapat dikirim ke jawa barat

Ada kalanya bisnis kuliner mengalami peningkatan dan membutuhkan pasokan bahan baku yang lebih banya. Oleh sebab itu penting mempertimbangkan distributor yang menyediakan bahan secara konsisten dan selalu ready stock.  Jangan sampai bahan baku yang Anda butuhkan ternyata habis, akibatnya Anda harus mencari ke distributor lain atau mengganti bahan baku yang bisa beresiko merubah cita rasa masakan.

Proses Pengiriman Yang Mudah, Aman dan Tepat Waktu

Hal yang harus dijadikan bahan pertimbangan lainnya adalah proses pengiriman. Pastikan apakah mereka memiliki jadwal pengiriman sendiri atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda? Apakah mampu mengirim bahan baku setiap hari dan tepat waktu?

Memilih distributor bahan baku makanan berkualitas membutuhkan waktu dan riset terlebih dahulu Anda bisa mencari informasi melalui website, media social, review atau bertanya langsung kepada teman, saudara yang sama-sama berkecimpung dalam bisnis kuliner.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari distributor bahan baku makanan berkualitas ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.