Tips Memilih Brownies Instan

Keponih.com – Lebaran kemarin terasa lebih spesial karena saya dan keluarga besar bisa berkumpul kembali. Seperti biasa ada sajian khas lebaran seperti kue-kue. Saya menyajikan brownies buatan sendiri yang menurut saudara-saudara rasanya enak. Salah satu saudara saya mengomentari betapa repotnya membuat brownies dan dia malas membuatnya. Kemudian saya membuka rahasia dapur bahwa ada cara yang mudah membuat brownies dengan menggunakan brownies instan.

Bagi yang belum tahu, brownies instan pada dasarnya merupakan campuran beberapa bahan brownies yang sudah dibuat berbentuk tepung, sehingga akan membantu proses pembuatan brownies menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Brownies instan tersedia dalam berbagai merk yang bisa dibeli di minimarket seperti Alfamart atau Indomart.

Di tengah kesibukan saya mengurus keluarga dan bekerja, saya tetap ingin menyajikan kue lebaran spesial buatan sendiri seperti brownies. Dengan adanya tepung brownies instan, pembuatan kue ini lebih cepat dan mudah tanpa mengurangi rasanya yang tetap enak.

Tips Memilih Brownies Instan

Ada banyak pilihan merk brownies instan yang bisa kamu lihat di ceklist.id sebagai bahan referensi. Namun saya ingin membagikan pengalaman saya semacam tips memilih brownies instan.

Tentukan Jenis Brownies yang Akan Dibuat

Menentukan jenis brownies yang akan dibuat itu penting sebab kita akan tahu bahan apa saja yang harus disiapkan terutama tepungnya. Saya pernah keliru memilih merk brownies instan sehingga tidak sesuai dengan selera brownies kesukaan saya, yaitu jenis cakey brownies.

Pembuatan cakey brownies sendiri bisa menggunakan tepung brownies instan ditambah dengan mentega leleh dan baking powder. Urutan pencampuran adonannya yaitu mentega leleh, gula, bubuk cokelat, garam, baking powder, setelah itu tambahkan telur satu per satu lalu terakhir tambahkan tepung brownies instan.

Baca juga : Resep Anti Gagal dengan Sosis Ayam 

Mengetahui jenis brownies yang akan dibuat, dapat membantu kita dalam memilih brownies instan yang tepat loh. Selain jenis cakey brownies yang bertekstur ringan serupa kue cokelat, ada juga jenis fudgy brownies yang bertekstur lembut, lengket, padat, dan pendek. Serta jenis chewy brownies yang punya tekstur lebih kenyal dibandingkan cakey brownies dengan penampilan tampak padat seperti fudgy brownies. Chewy brownies dibuat dengan kombinasi butter dan minyak, dengan tambahan molas sehingga lebih kenyal dengan aroma cokelat yang kuat.

Tentukan Rasa Brownies yang Diinginkan

cara mudah membuat brownies instan

Selain mengetahui jenis brownies, dalam memilih brownies instan kita juga mesti tahu rasa brownies yang diinginkan. Pada dasarnya, rasa brownies yang populer adalah rasa cokelat. Padahal kita dapat berkreasi dengan menciptakan rasa brownies yang lain.

Ada merk brownies instan yang terbatas pilihan rasanya, tapi ada juga beberapa produk brownies instan yang dibuat dalam rasa keju, cokelat-pandan, red velvet, moka, ketan hitam, ketan hitam lapis pandan, dan cokelat-keju. Sehingga kita bebas memilih yang diinginkan.

Baca juga : Snack Box, Pilihan Tepat Snack untuk Berbagai Acara

Tentukan Brownies yang Dibuat Mengandung Gluten Atau Tidak

Bagi banyak orang brownies yang mengandung gluten dianggap memiliki rasa yang lebih nendang di lidah. Namun bagi yang sedang diet atau ingin menurunkan glutten, brownies tanpa gluten adalah pilihan yang tepat. Gluten dianggap kurang baik bagi kesehatan terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit yang intoleran terhadap gluten.

Gluten sendiri merupakan salah satu jenis protein yang terkandung di dalam biji-bijian yang biasa ditemukan pada makanan olahan seperti dalam tepung brownies instan.

Beruntungnya, ada jalan tengah bagi selera yang berbeda itu. Kini tersedia di pasaran berbagai merk brownies instan tanpa gluten yang aman dikonsumsi tanpa mengurangi kenikmatan rasanya.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Terakhir tips dari saya adalah perhatikan tanggal kadaluarsa dari tepung brownies instan. Sebab brownies bukanlah makanan yang akan kita sajikan setiap hari, adakalanya kita lupa menyimpan terlalu lama brownies instannya. Jadi pilihlah yang tanggal kadaluarsanya masih lama.

Nah, bagaimana mau mencoba membuat brownies dari tepung brownies instan? Semoga tips memilih brownies instan ini bermanfaat bagi kamu yang kadang bingung menyajikan kudapan apa untuk keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.