Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tubuh dan Pikiran

Keponih.com – Siapa yang meragukan manfaat olahraga rutin bagi kesehatan? Tentu semua orang percaya kegiatan ini sangat penting bagi fisik dan mental. Dengan kesehatan prima kita dapat beraktivitas, bekerja dan menjalani kehidupan secara lebih menyenangkan.

Sayangnya masih sedikit orang yang mau melakukan olahraga secara rutin. Padahal dengan meluangkan sedikit saja waktu dapat menjadi investasi kesehatan bagi masa depan, bahkan sampai usia tua. Untuk dapat berolahraga juga tidak harus mengeluarkan uang banyak. Bisa dengan melakukan gerakan sederhana saja.

7 Manfaat olahraga

olahraga bisa dilakukan untuk menyegarkan tubuh

Lari pagi mengelilingi rumah, senam ringan atau jalan santai bisa menjadi pilihan jenis olahraga yang mudah dan murah. Kuncinya adalah menjalankannya secara rutin. Jangan berolahraga dalam waktu lama namun hanya sesekali saja. Hal tersebut kurang berdampak baik bagi kesehatan.

Baca juga : Kenali Gejala Varises dan Penanganannya

Sebaliknya kegiatan yang dilakukan secara rutin bisa menjadikan semua organ tubuh bekerja secara maksimal. Dengan demikian, proses metabolisme juga berjalan normal. Tubuh bisa mendapatkan kesehatan secara prima. Manfaat olahraga rutin bagi kesehatan tubuh dan pikiran adalah:

1. Menjaga berat badan

Siapa yang tidak senang mempunyai berat badan ideal? Obesitas selain dianggap kurang menarik juga dapat menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Hanya dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur, berat badan ideal mudah dimiliki.

Tidak perlu melakukan gerakan berat atau bergabung dengan klub senam yang mahal. Lakukan gerakan sederhana, jalan kaki atau lari pagi secara rutin. Begitu juga dengan pola makan. Hindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi atau lemak, terutama menjelang tidur agar berat badan ideal bisa segera dimiliki.

2. Kapasitas paru-paru meningkat

Pada saar berolahraga, tubuh akan menghirup oksigen dalam jumlah banyak. sedangkan zat ini sangat penting untuk metabolisme dan kerja otak. Paru-paru yang cukup oksigen akan menjadikan semua organ tubuh secara optimal.

Paru-paru juga akan bekerja secara optimal. Tubuh pun akan dapat mengatur pernapasan dengan lebih baik. Jangan melakukan olahraga secara berlebihan. Untuk mendapatkan paru-paru yang sehat cukup dengan melakukan gerakan ringan namun rutin sesuai kemampuan tubuh.

3. Menghadirkan rasa senang

Tercukupinya kebutuhan oksigen pada otak akan menjadikannya dapat bekerja dengan baik. Ini secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa senang. Otak akan melepaskan senyawa kimia tertentu, menjadikan tubuh lebih rileks, mengurangi rasa cemas dan depresi.

Perasaan sedih berkepanjangan dan depresi dapat berkurang karena meningkatnya tingkat sensitivitas otak pada hormon norepinefrin dan serotonin. Rasa optimis yang berlawanan dengan kecemasan juga meningkat karena produksi hormon endorfin lebih optimal.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi yang terbiasa berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur. Rasa senang dan organ tubuh yang bekerja optimal dapat menstimulasi tubuh untuk bisa beristirahat. Karena itu, olahraga bisa menjadi salah satu terapi bagi yang mengalami insomnia.

Namun perlu diingat, jangan melakukan olahraga secara berlebih. Selain bisa menyebabkan cedera juga dapat menganggu aktivitas tubuh karena harus bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Tubuh tetap bugar sampai tua

Kesehatan sampai usia tua tidak dapat diperoleh secara instan. Akan tetapi harus dipersiapkan sejak muda. Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar sampai tua.

Jantung, hati, paru-paru dan metabolisme akan berjalan dengan optimal sehingga support terhadap kebutuhan tubuh. Jika salah satu organ terganggu, maka proses dalam tubuh lainnya juga tidak bisa normal. Penumpukan zat residu yang terjadi mungkin baru terasa setelah lanjut usia.

6. Massa otot meningkat

Mempunyai otot yang kuat tentu dambaan setiap orang. Otot dapat mengatur pergerakan organ tubuh seperti tangan, leher dan kaki secara benar dan optimal. Banyak yang mengalami keluhan karena rendahnya massa otot yang dapat menyebabkan mudah mengalami cedera.

Dengan berolahraga kepadatan otot dapat meningkat sehingga dapat memperlancar pergerakan organ tubuh. Pada awal melakukan latihan mungkin otot akan mengalami ketegangan yang menyebabkan terasa sedikit nyeri. Namun setelah beradaptasi rasa nyeri akan hilang dan kepadatannya meningkat.

7. Meningkatkan regenerasi tulang

Tulang merupakan bagian penting untuk menopang organ dan berat tubuh. Jika kekurangan zat penting seperti kalsium dapat mengalami keropos atau kepadatannya berkurang. Kalsium sendiri tersedia dalam makanan. Kesehatan tulang juga dapat diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Beberapa kasus kerusakan tulang terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap kalsium secara maksimal. Salah satu cara mengatasi adalah dengan berolahraga.

Manfaat olahraga rutin bagi tubuh sangat banyak. karena itu jangan malas untuk melakukannya. Di tengah kesibukan, sebaiknya meluangkan sedikit waktu meski hanya melakukan gerakan ringan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.