Ketahui Gejala, Penyebab dan Pengobatan Lipoma dari SehatQ

Keponih.com – Pernahkah kamu mengalami sebuah benjolan yang timbul tiba-tiba di kulit? Benjolan tersebut bisa kecil atau besar tapi tidak terasa sakit. Barangkali kamu sedang terserang lipoma. Apa itu lipoma? Yuk, mengetahui gejala, penyebab, dan pengobatan lipoma dari direktori penyakit SehatQ agar kamu tidak panik.

Aplikasi Kesehatan SehatQ

aplikasi kesehatan sehatq untuk cek kesehatan
Download aplikasi SehatQ deh buat kemudahan cek kesehatan

Sebelum membahas lipoma lebih jauh, mari berkenalan dulu dengan SehatQ. SehatQ adalah aplikasi kesehatan digital dengan fitur terlengkap untuk mendukung keluarga yang sehat. Selain aplikasi, kamu juga bisa mengakses SehatQ dari website.

Pada aplikasi SehatQ ada direktori penyakit yaitu segala bentuk penyakit yang menyerang semua organ tubuh kita. Karena bentuknya direktori penyakit jadi sudah diurutkan nama penyakitnya dari A sampai Z. Ini memudahkan kita untuk mengetahui penyakit apa yang kita cari. Mau tahu soal penyakit apa? Kepala? Mau tahu soal infeksi? Semuanya ada.

Kenapa harus melalui SehatQ sih? Karena di sana terdapat banyak informasi berisi pengetahuan yang sangat berguna, paling tidak untuk menambah pengetahuan kita. Bagaimana cara mengakses direktori penyakit SehatQ ini? Gampang! Tinggal klik websitenya lalu klik direktori penyakit.

Apa itu Lipoma?

benjolan lipoma pada kulit
Tentang Lipoma ( Sumber : Website SehatQ )

Walaupun zaman semakin modern, ilmu pengetahuan yang semakin bertambah, dan teknologi semakin modern, tapi masih banyak misteri di dunia ini yang belum selesai. Termasuk di dunia kesehatan. Salah satunya adalah lipoma. Sampai saat ini, belum diketahui apa penyebab lipoma ini, walaupun ada beberapa faktor yang berperan menyebabkan Lipoma.

Jadi lipoma adalah sebuah benjolan lemak yang lunak dan tumbuh di bawah kulit akibat pertumbuhan sel-sel lemak yang berlebihan. Benjolan ini lunak kalau disentuh, termasuk kedalam jenis tumor jinak tapi tidak membahayakan, sehingga biasanya tidak butuh perawatan. Di mana benjolan ini timbul? Lipoma ini dapat muncul di mana saja di tubuh kita. Namun lebih seringnya muncul di sekitar bahu, dada, leher, paha, dan ketiak. Jarang tumbuh pada tulang dan otot. Benjolannya sendiri biasanya berukuran sekitar 2 – 3 cm, tapi juga bisa tumbuh hingga lebih dari 10 cm. Nah, kalau sudah besar seperti itu cukup mengganggu, kan? Memang apa pun penyakitnya, seringan apa pun jangan pernah dibiarkan.

Penyebab Lipoma

Seperti yang disebutkan sebelumnya, apa penyebab lipoma itu belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang disebut-sebut bisa meningkatkan resiko kemunculannya. Di antaranya ada faktor keturunan, faktor usia 40 – 60 tahun, obesitas, penyakit hati, kolesterol tinggi, diabetes, adiposis dolorosa, sindrom cowden, sindron gardner, penyakit madelung, dan sindrom bannayan riley ruvalcaba.

Gejala Lipoma

Benjolan bisa berarti indikasi bermacam-macam penyakit. Maka jangan sampai tertukar. Kita harus mengetahui dulu gejala lipoma. Berikut adalah gejala umumnya:
• Letak benjolannya di leher, bahu, punggung, perut, tangan, dan paha
• Biasanya benjolan terasa lunak dan mudah bergerak
• Diameter benjolan kurang dari 5 cm
• Kadang-kadang benjolan terasa nyeri bila tumbuh di dekat sistem syaraf
• Benjolan tumbuh lamban dan warnanya sama dengan kulit di sekitar
• Mual dan muntah

Pengobatan Lipoma

pengobatan lipoma
Pengobatan Lipoma

Meskipun tidak membahayakan, tapi kalau dirasa sudah tidak nyaman, terasa sakit, atau ukurannya membesar segera ambil tindakan sebab lipoma bisa diatasi. Ada beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan. Yang paling sering dilakukan adalah operasi pengangkatan benjolan, sedot lemak, atau suntik kortikosteroid untuk menyusutkan ukuran lipoma. Meskipun cara-cara pengobatan ini tidak dapat menghilangkan lipoma secara total.

Nah, itu tadi mengetahui gejala, penyebab, dan pengobatan lipoma dari direktori penyakit SehatQ. Bila ada gejala-gejala lipoma segera konsultasikan ke dokter. Aplikasi SehatQ juga memfasilitasimu untuk chat dengan dokter dan janji bertemu.

Sehat selalu ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *