Fakta Menarik Cuci Tangan, Temukan di Sini!

Tahukah Anda, ternyata ada fakta menarik tentang cuci tangan. Kebiasaan baik ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit, menjaga kesehatan dan penyebaran infeksi kepada orang lain. Apalagi jika mencuci tangan dengan memakai sabun. Secara langsung sabun akan menghilangkan kuman dari tangan dan mencegah adanya infeksi.

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya tanggal 15 Oktober 2008, Global Handwashing Partnership telah mencetuskan Hari Cuci Tangan Sedunia. Sejak saat itu, setiap tanggal 15 Oktober akan dijadikan momentum untuk melaksanakan kampanye budaya mencuci tangan.

Kampanye cuci tangan ini bukan tanpa alasan karena banyak sekali manfaat dan fakta menarik tentang mencuci tangan ini. Penasaran ingin tahu? Simak ini sampai selesai.

8 Fakta Menarik Mengapa Kita Harus Cuci Tangan

mencuci tangan bermanfaat untuk kesehatan

Jalur utama untuk menularkan kuman adalah tangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membersihkan tangan guna menghindari penyebaran kuman berbahaya. Terkait dengan hal tersebut, di bawah ini ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Sumber terbesar penularan penyakit adalah melalui tangan

Bloomfield dkk. pernah melakukan study dan menemukan fakta bahwa bagian tubuh yang menjadi penyebab penularan penyakit/infeksi di rumah adalah tangan. Dalam hal ini termasuk juga kontak tangan dengan makanan dan kain pembersih.

Tangan sangat sering bersentuhan dengan anggota tubuh lainnya, seperti mulut, hidung dan mata. Ketiga bagian tubuh ini merupakan pintu masuk kuman penyakit. Itulah sebabnya, biasakan diri Anda dan keluarga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, agar tangan bersih dari kuman penyakit.

2. Sumber kontaminasi silang

Maknanya, tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan dan juga banyak menyentuh benda lain di sekitar. Anda harus tahu, kalau benda-benda yang ada di sekitar banyak yang menjadi tempat hidup virus dan bakteri misalnya flora transein. Bakteri dan virus ini bisa bertahan hidup jika berada di permukaan benda.
Coba bayangkan jika Anda menyentuh benda yang mengandung virus atau bakteri tersebut kemudian tangan langsung memegang wajah. Otomatis penularanp penyakit pun akan terjadi.

3. Menggunakan sabun saat mencuci tangan akan mencegah penyakit infeksi

Fakta ketiga ini memang terbukti kebenarannya. Studi telah membuktikan kalau mencuci tangan dengan sabun bisa mengurangi angka diare 30 sampai 48% serta mencegah infeksi saluran pernapasan hingga 20%.
Bukan itu saja faktanya, mencuci tangan dengan mampu meminimalisir penularan penyakit menular yang bisa mewabah. Seperti Ebola, kolera, SARS, hepatitis serta shigellosis.

4. Merupakan kunci penting dalam melawan penyebaran COVID-19

Indonesia baru saja mulai pulih dari pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu. salah satu upaya untuk mencegan penularan penyakit yang dapat merenggut jiwa ini adalah dengan cuci tangan. Dengan mencuci tangan memakai sabun, membran luar virus akan rusak sehingga dapat membuat virus tidak aktif.

Yang harus Anda ingat yaitu, cucilah tangan dengan sabun selama 20 detik karena cara ini efektif untuk mengurangi risiko terinfeksi.

5. Mencuci tangan dapat mengurangi penyebaran resistensi mikroba

Saat ini dunia sedang terancam dengan meningkatnya risiko infeksi yang kebal antibiotik. Namun dengan kebiasan baik dan sederhana yakni mencuci tangan menggunakan sabun membantu mengurangi risiko tersebut.

6. Mencuci tangan dengan langkah tepat efektif menyingkirkan kuman

Berdasarkan rekomendasi WHO, mencuci tangan dengan langkah efektif adalah selama 20 sampai 30 detik. Langkah tepat dalam melakukan cuci tangan ini yaitu:
– Membasuh tangan dengan air mengalir
– Menggosok tangan dengan sabun hingga berbusa
– Gosok permukaan tangan, telapak tangan, punggung, jari, sela-sela jari, dan di bawah kuku.
– Lakukan selama 20 sampai 30 menit
– Bilas dengan air mengalir
– Terakhir keringkan tangan dengan udara atau handuk bersih.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas maka kuman dan mikroorganisme akan tersingkir.

7. Mencuci tangan dapat menghemat pengeluaran

Fakta menarik selanjutnya adalah mencuci tangan dapat menghemat pengeluaran. Ini berkaitan dengan risiko yang timbul akibat tangan yang kotor. Mungkin Anda tak sadar kalau penyakit yang berasal dari tangan yang kotor punya tingkat keparahan yang bermacam-macam.

Jika Anda terinfeksi penyakit yang parah akibat tangan kotor maka berapa kira-kira biaya untuk pengobatannya? Yang pasti, semakin berat penyakit maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk pengobatan juga akan semakin besar.

Oleh karena itu, membiasakan hidup sehat dengan rajin mencuci tangan akan membantu menghemat pengeluaran dari segi kesehatan. Pasalnya mencuci tangan hanya membutuhkan biaya sedikit, yaitu hanya untuk membeli sabun.

8. Mencuci tangan pada saat yang tepat

Saat yang baik atau dianjurkan untuk mencuci tangan yaitu sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, sebelum memegang daging mentah. Dianjurkan juga untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, setelah pakai toilet, setelah batuk, bersin, dan buang ingus.

Bahkan Anda harus mencuci tangan setelah mengganti popok/pembalut, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah membuang sampah dan menyentuh hewan/kotorannya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang cuci tangan yang harus Anda ketahui. Jangan lupa, selalu cuci tangan dengan air mengalir serta memakai sabun agar kuman hilang dan Anda terhindar dari penyakit.

Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-11-fakta-unik-tentang-mencuci-tangan#:~:text=Berikut%20adalah%20beberapa%20fakta%20unik,sampai%20berbusa%20dengan%20menggunakan%20sabun.
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/warta-infem/begini-cara-mencuci-tangan-yang-benar-180
https://www.guesehat.com/fakta-mengapa-kita-harus-mencuci-tangan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.