Intip yuk, Tips Naik Travel di Masa New Normal

Keponih.com – Selain bus dan kereta, travel juga banyak dipilih karena dianggap lebih private. Apalagi di masa new normal, pilihan transportasi yang lebih eksklusif dan aman. Karena penumpangnya tidak terlalu banyak, jadi risiko terpapar virus corona bisa diminimalisir. Apalagi pilihan travel banyak sekali, ada yang melayani antar kota, namun tidak jarang juga rute antar provinsi.

Baca juga : 7 Rekomendasi Rumah Sakit di Jember Jawa Timur

Bagi kamu yang melakukan perjalanan Jakarta ke Bandung atau sebaliknya bisa naik Xtrans saja. Harganya terjangkau, syarat dan ketentuannya juga gampang. Selain itu juga sudah bisa dipesan lewat Traveloka. Menjadi partner Traveloka, para operator Xtrans sudah menerapkan langkah CleanTrip yang bagus. Mulai dari pembersihan tangan, desinfeksi armada, pengurangan kapasitas, dan penjagaan kesehatan staf.

Meski sudah memilih travel yang menerapkan protokol kesehatan bagus, kamu juga harus tetap menjaga diri supaya bisa aman naik travel di era New Normal. Berikut ini deretan tips aman naik travel saat Normal Baru.

Tips Aman Naik Travel di Masa New Normal

1. Beli Tiket Secara Online

cara membeli tiket travel secara online dengan traveloka
cara membeli tiket secara online dengan traveloka

Demi mengurangi kontak dengan orang lain, disarankan untuk beli tiket secara online. Tenang saja, travel sekarang sudah bisa dipesan secara online lho. Kamu bisa pesan di Traveloka, baik lewat aplikasi atau website. Tidak hanya mengurangi kontak, beli online juga sangat menghemat waktu serta tenaga. Kamu nggak perlu lagi panas-panasan hanya untuk memesan tiket naik travel.

Baca juga : Kenali Lebih Dekat, Paylater Traveloka 

Dalam hal pembayaran, beli tiket online juga memudahkan. Kamu sudah tidak perlu menarik uang dari ATM lagi, bisa langsung transfer lewat rekening atau dompet digital. Prosesnya akan lebih praktis dan gampang.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Sebelum waktu keberangkatan, jaga kondisi tubuh tetap prima. Supaya nanti tidak gampang terpapar virus saat di jalan. Apalagi, jika kamu perlu cek PCR atau antigen, tubuh harus sangat bugar. Jika terindikasi positif atau setidaknya terserang flu, bisa-bisa keberangkatan bisa batal dan tiket yang dibeli jadi hangus.

Ada banyak cara yang perlu kamu lakukan untuk membuat tubuh tetap bugar. Mulai dari tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, cukupi kebutuhan cairan, olahraga tipis-tipis, dan lengkapi dengan asupan suplemen. Jika tubuh sudah sehat, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan.

3. Selalu Pakai Masker

Baik itu saat menunggu atau berada di dalam travel, selalu gunakan masker. Tentunya, pilih masker yang memiliki kualitas bagus dalam menyaring virus. Jangan lupa juga untuk selalu membawa cadangannya di dalam tas. Karena bisa saja talinya putus atau masker itu hilang saat dicopot sebentar. Nggak hanya virus saja, dengan memakai masker wajah juga akan terhindari dari debu-debu jalanan.

4. Rutin Membersihkan Tangan

Tips lainnya yang perlu kamu terapkan adalah rutin membersihkan tangan. Jika ada, bersihkan di air yang mengalir dengan sabun. Tapi jika tidak, kamu bisa memanfaatkan hand sanitizer, desinfektan spray atau tisu basah. Gunanya, tentu saja mengurangi kembangbiak virus atau bakteri di tangan.

Dengan fungsinya yang penting, selalu bawa salah satu pembersih yang sudah disebutkan itu ke dalam tas. Jangan khawatir membuat tas penuh, karena sudah banyak hand sanitizer atau tisu basah yang didesain travel friendly. Sehingga sangat mudah untuk dibawa ke mana saja.

5. Kurangi Interaksi dengan Orang Lain

naik travel ke bandung, cara membeli tiketnya via traveloka

Ngobrol dengan orang baru saat di perjalanan memang sangat menyenangkan. Bisa tambah wawasan sekaligus teman baru. Tapi saat new normal, kurang-kurangi berinteraksi dengan orang lain. Baik itu yang sudah dikenal atau baru dikenal.

Karena salah satu penyebab terpapar virus corona adalah karena terkena droplet atau tetesan air liur saat berbicara, bersin, atau batuk. Saat sedang asyik ngobrol, seringkali tanpa sadar orang-orang membuka maskernya supaya terdengar lebih jelas. Dan inilah yang perlu dikhawatirkan. Ada baiknya untuk lebih fokus pada diri sendiri terlebih dahulu.

Baca juga : Apa Saja yang Harus ada Ketika Menyewa Apartemen? 

6. Bawa Bekal Sendiri

Droplet tidak hanya bisa terciprat saat berbicara atau batuk saja, namun juga saat berbagi makanan atau minuman. Karena itulah, untuk sementara waktu sampai kondisinya membaik, bawalah bekal sendiri dari rumah. Jangan mengandalkan makanan dari luar rumah karena belum terjamin kehigienisannya.

Selain bekal, kamu juga disarankan untuk membawa alat sholat sendiri. Baik itu mukena atau sarung. Jika kamu menggunakan alat sholat di masjid rest area, bisa saja terpapar virus corona dengan mudahnya. Mukena di mushola pastinya sudah dipakai banyak orang, bisa jadi salah satu dari mereka membawa virus.

Terapkan berbagai tips di atas supaya kamu bisa tetap aman bepergian naik travel saat new normal. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga jarak dan jauhi kerumunan ya. Jika kamu menjaga diri, hal itu juga berarti menjaga kesehatan keluarga di rumah. Semoga perjalananmu aman dan menyenangkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.