Freelancer Merapat, Ini Tips Jitu Atur Keuangan Pakai Mobile Banking

Keponih.com – Freelancer merupakan pekerjaan paruh waktu yang tidak terikat, bebas serta fleksibel. Sehingga, kamu bisa bekerja dari mana saja. untuk amsalah penghasilan, tentu saja upah dari freelancer lebih besar jika dibandingkan dengan pegawai kantoran, bergantung dari banyaknya proyek yang dikerjakan.

Namun, sebuah proyek tentu saja tidak selalu ramai, pasti ada pasang dan surutnya, terkadang sepi bahkan terkadang tidak terdapat pemasukan. Oleh sebab itu, freelancer harus ahli dalam mengatur keuangannya. Salah satu cara yang mudah untuk mengatur keuangan adalah menggunakan mobile banking atau mBanking. Sekarang ini layanan mBanking sudah disediakan oleh banyak bank-bank besar.

Tips Atur Keuangan Freelancer Pakai Mobile Banking

pengaturan keuangan dari mobile banking
Sumber : istockphoto.com

Agar kamu lebih mudah mengatur keuangan, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

Lakukan investasi untuk masa depan

Freelancer harus mulai melek dengan investasi. Tentu saja, investasi bukan hanya sekedar untuk hari ini, namun untuk jangka panjang. Freelancer bisa melakukan investasi seperti reksadana.
Saat ini tidak sedikit mobile banking yang memberikan fitur untuk melakukan investasi mulai dari pembelian, penjualan hingga melakukan switching reksadana. Sehingga, ketika mendapatkan fee hasil proyek, kamu bisa langsung melakukan investasi.

Siapkan dana darurat

Bagi freelancer, dana darurat menjadi hal yang sangat penting untuk disiapkan. Jumlah dana darurat yang harus dikumpulkan harus lebih banyak jika dibandingkan dengan pegawai kantoran.
Freelancer dapat mengumpulkan dana darurat hingga 12 kali pengeluaran bulanan. Setelah menerima fee, kamu bisa melakukan transfer menggunakan mobile banking ke rekening terpisah khusus dana darurat.

Batasi hutang dan pinjaman

Karena memiliki penghasilan yang tidak tetap, lebih baik batasi hutang. Sebenarnya freelancer tetap boleh berhutang, namun jika tidak mendesak, penting atau sangat butuh, akan lebih baik tidak mengajukan pinjaman.
Bila sangat mendesak dan membutuhkan uang, kamu dapat menarik dana darurat. Mengajukan hutang bisa dikatakan menjadi jalan keluar dari masalah keuangan ketika kamu sudah merasa buntu.

Segera bayar tagihan

Meskipun penghasilan tidak tentu, namun berbagai kebutuhan tentu tetap harus dipenuhi. Contohnya saja, kamu harus membayar tagihan air, listrik hingga internet. Ketika sudah mendapatkan fee proyek, kamu bisa segera membayar tagihan tersebut melalui mobile banking.

Manfaat mobile banking dalam hal ini sangat besar, karena kamu bisa melakukan pembayaran dalam waktu yang singkat. Hindari melakukan penundaan pembayaran.

Budget 50% untuk kebutuhan utama

50% dari penghasilan yang kamu miliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan rutin. Kemudian sisanya untuk dana darurat, asuransi, dan investasi.

Pilihan Mobile Banking yang Tepat Saat ini

Saat ini banyak mBanking yang ditawarkan, namun kamu harus memilih mBanking yang tepat dengan fitur yang lengkap. Salah satu pilihannya adalah PermataMobile X. PermataMobile X merupakan aplikasi yang dimiliki olehPermataBank.

PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang akan memenuhi seluruh kebutuhan perbankanmu, selain itu penggunaan PermataMobile X juga akan memudahkan transaksi perbankan yang akan kamu lakukan.

Kelebihan PermataMobile X

Sebagai sebuah rekomendasi aplikasi yang tepat, ada berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:

Sangat praktis

PermataMobile X sangat praktis digunakan, karena semua akun yang kamu miliki tersedia dalam satu layar. Kamu bisa transfer, cek rekening hingga isi ulang pulsa lewat satu aplikasi.

Pengecekan mutasi bisa dilakukan dengan mudah

Dengan menggunakan PermataMobile X, kamu bisa melakukan pengecekan mutasi transaksi untuk seluruh jenis akun sampai 12 bulan terakhir.

Memiliki ratusan fitur

PermataMobile X memiliki ratusan fitur untuk memudahkanmu melakukan transaksi perbankan.

Berbagai Hal yang Bisa Kamu Lakukan Menggunakan PermataMobile X

Berbagai transaksi bisa kamu lakukan dengan menggunakan PermataMobile X, seperti:

  • Pengecekan mutasi hingga 12 bulan terakhir
  • Melakukan pembayaran berbagai macam tagihan mulai dari listrik, telepon, internet dan lainnya
  • Melakukan pengisian ulang pulsa, token listrik, e-wallet sampai voucher game
  • Membuat rekening tabungan, pengajuan KTA secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang, melakukan pembuatan kartu kredit
  • Melakukan transaksi pembelian reksadana, penjualan reksadana, hingga switching reksadana
  • Melakukan pembayaran di merchant dengan menggunakan fitur QR Pay, dengan menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan pembayaran melalui scan barcode tanpa harus mengisi e-wallet
  • Melakukan tarik tunai di gerai Indomaret dengan fitur mobile cash. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa masuk ke PermataMobile X dan pilih “Menu Lainnya”, kemudian di menu Mobile Cash, kamu bisa memilih Indomaret. Masukkan nomor handphone yang kamu miliki. Jika berhasil, nantinya kamu akan menerima cash code, berikan cash code ini pada kasir dan kamu bisa melakukan tarik tunai
  • Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan di nomor WhatsApp, ada berbagai macam kartu ucapan yang menarik, dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mengetahui nomor rekening yang dituju, kamu hanya perlu nomor WhatsAppnya saja
  • Pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit

Cara Daftar Mobile Banking PermataMobile X

Begitu banyaknya manfaat mobile banking PermataMobile X, sayang bukan jika melewatkannya begitu saja. Untuk menikmati seluruh fiturnya, cara pendaftarannya, antara lain:
1. Download aplikasi PermataMobile X di Google Play Store untuk pengguna Android sedangkan pengguna Apple melalui App Store
2. Buka aplikasi dan pilih mulai
3. Bila sudah mempunyai rekening PermataBank, kamu bisa pilih ya di pertanyaan “apakah kamu punya rekening PermataBank?”
4. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa memilih tidak. Nantinya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk melakukan pembukaan rekening
5. Pilih tidak ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu memiliki User ID PermataMobile X?’
6. Pilih, apakah kamu akan mendaftar mobile banking PermataMobile X dengan menggunakan kartu kredit atau nomor rekening
7. Ikuti semua petunjuk sampai selesai dan User ID bisa digunakan.

PermataMobile X memang bisa menjadi solusi bagi kamu yang bingung mengatur keuangan bulanan, dengan menggunakan mobile banking, seluruh transaksimu bisa dilakukan dengan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.