Spek PC modern High End dalam ukuran laptop 15 inch yang ringan? emang bisa?

Berbicara soal komputer yang asik dipakai kerja dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan apalagi bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia IT, penulisan, kreatif konten, dan multimedia, tentunya memerlukan komputer dengan spek yang tinggi untuk menunjang kinerja. Tapi apa sih sebetulnya komponen-komponen yang harus ada dalam PC modern yang memiliki performa tinggi? dan yang lebih penting, kenapa?

Pertama, Raw Computing Power alias Prosessor

Prosessor bisa dibilang sebagai otak dari sistem komputer, yang bekerjasama dengan beragam komponen lainnya dalam melakukan tugas yang diberikan baik oleh pengguna ataupun oleh sistem operasi yang digunakan. Prosessor ini telah jauh berkembang sejak awal diciptakan, dengan kini kecepatan prosessor bukan hanya angka Ghz, tetapi juga banyak faktor lain yang menentukan seberapa cepat prosessor itu akan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Misalnya kita coba lihat processor Intel® Core™ i5-1035G1 yang tersemat di dalam laptop Asus-A516, sebagai laptop dengan dimensi yang tipis dan ringan tetapi dibekali dengan prosessor intel core generasi ke 10 yang menghadirkan performa dan mobilitas tinggi.

TDP 15 Watt, fabrikasi 10nm dengan 4 Core & 8 Threads

TDP, atau Thermal Design Power merupakan angka rata-rata penggunaan daya yang dilakukan oleh prosessor saat digunakan dalam menjalankan proses normal. Walaupun pembahasan TDP ini bisa panjang dan rumit, secara sederhana semakin kecil TDP dan semakin tinggi nilai performa maka prosessor dikatakan semakin efisien. Untuk laptop, prosessor dengan TDP 15 watt ini dapat dikatakan sangat bagus, seimbang antara performa dan panas yang dihasilkan, serta tentu menghasilkan daya tahan baterai yang lebih dari cukup untuk pengguna yang sering harus menggunakan laptopnya secara mobile. Apalagi dengan proses fabrikasi 10nm, dimana semakin kecil ukuran transistor dalam suatu prosessor akan semakin efisien transistor tersebut, dan semakin banyak transistor yang dapat diintegerasikan di dalam prosessor sehingga meningkatnya performa tanpa menghasilkan panas ataupun penggunaan daya yang lebih.

Selain itu, prosessor yang tertanam dalam laptop Asus-A516 ini memiliki 4 core fisik yang tiap corenya dapat menjalankan 2 threads dalam waktu yang bersamaan. Sederhananya, dengan total 8 Threads seperti menggunakan komputer yang memiliki 8 prosessor! dan hal ini dalam penggunaan nyata dapat dirasakan manfaatnya khususnya dalam menjalankan aplikasi yang banyak melakukan proses perhitungan, atau bagi temen-temen yang suka banget buka banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan, termasuk misalnya buka banyak tab pas browsing, sambil edit foto, sambil buka youtube, sambil chatting dan sambil-sambil lainnya deh! Kalo penggunanya bisa multitasking, laptop yang dipake juga harus bisa multitasking donk!

Contoh penampakan dari “Logical Processor” di task manager. Dengan 8 thread seperti ini, aplikasi-aplikasi yang kamu buka gakan rebutan prosessor, dijamin anti lemot!

Turbo Frequency hingga 3.6Ghz

Saat laptopmu sedang nyantai, artinya cuma dipake ngetik-ngetik, prosessornya akan otomatis masuk ke mode base frequency itu sekitar 1Ghz lebih-lebih dikit. Nah di mode ini, kecepatan prosessor otomatis turun untuk menghemat daya, serta beroperasi dengan suhu yang rendah. Tapi, setiap saat ketika dibutuhkan, prosessor Intel® Core™ i5-1035G1 yang tersemat di dalam laptop Asus-A516 ini bisa melesat jauh dengan boost frequency hingga 3,6 Ghz loh! jadi  mau kamu pake buat edit video, edit foto, main game, tentu prosessor intel generasi ke 10 ini selalu siap untuk mengakomodir semua kebutuhan kamu.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Kedua, Storage alias tempat penyimpanan

Idealnya, di perangkat apapun yang kamu punya, baik itu laptop, PC, ataupun smartphone, kamu harus selalu memisahkan antara penyimpanan sistem, aplikasi, dan data yang sering dibuka terpisah dengan data lainnya yang lebih jarang dibuka. Hal ini tentu bertujuan agar sistem, aplikasi dan data yang sering dibuka disimpan di media penyimpanan yang jauh lebih cepat, sedangkan data yang lebih jarang dibuka atau tidak perlu akses cepat bisa disimpan di penyimpanan yang lebih besar.

Entah sudah berapa kali saya ditanya, cara paling mudah buat bikin laptop yang lemot biar jadi cepet caranya gimana, dan jawabannya selalu: Ganti SSD, HDDnya masukkin caddy jadi dual storage. Hal ini dimaksudkan agar sistem operasi dan aplikasi yang sering digunakan dapat diakses dari SSD (Solid State Drive) yang memiliki Random Access dan kecepatan baca jauh lebih cepat dibandingkan Hard-Disk.

Untuk SSD ini ga akan saya bahas terlalu dalam disini, karena artikelnya sudah pernah ditulis disini:

Mengganti Hard Disk (HDD) dengan SSD untuk performa yang jauh lebih cepat, Laptop jadul ngebut kembali!

Coba bayangkan, kalo misal ada laptop yang harganya bersahabat, tapi sudah dilengkapi SSD dan HDD.. BAYANGKAAN! Keren banget kan?

M.2 NVME, The Fastest of All Data Transfer Protocol

eh, ternyata ada denk, Ternyata, laptop Asus seri A516 ini sudah dilengkapi dengan SSD dan HDD! Wooh kerenn.. Dan kerennya lagi, SSD yang terpasang bukan sekedar SSD biasa, tapi SSD sebesar 256G yang sudah NVME PCIE 3 ! Nah loh, mahluk apa lagi tuh?

Mengutip dari kata-kata saya pada artikel di atas,

M.2 NVMe selain sebagai perangkat penyimpanan berbasis SSD kelas konsumen yang termahal, juga memiliki performa tertinggi jika dibandingkan dengan SSD yang menggunakan protokol SATA. M.2 NVME (NVM Express) terhubung langsung dengan jalur PCI Express pada motherboard sehingga memiliki keunggulan transfer data dan kemampuan paralel data yang jauh lebih cepat dibandingkan protokol SATA. Jika diatas disebutkan kemampuan transfer data protokol SATA hingga 600MB/s, melalui protokol NVMe ini bisa didapat kecepatan transfer data hingga 3,5GB/s!

Maka bisa disimpulkan bahwa SSD yang digunakan di Asus A516 ini merupakan jenis SSD dengan kasta tertinggi, karena memiliki performa yang jauh lebih cepat dibandingkan SSD yang berbasiskan SATA atau M.2 SATA. Jadi, jangankan dibandingkan dengan HDD, dibandingkan dengan SSD SATA yang biasa digunakan aja udah jauh lebih ngebut!

Perbandingan kecepatan HDD, SSD SATA dan SSD NVME. Sumber gambar: unihost.com

Dari gambar diatas kita sudah bisa lihat seberapa jauh lebih cepatnya penggunaan NVME SSD dibandingkan penggunaan SSD SATA apalagi jika dibandingkan penggunaan HDD. dan pada penggunaan sehari-hari, hal ini dapat langsung tercermin dari seberapa cepat sebuah PC dapat digunakan sejak dinyalakan (artinya loading sistem operasinya ngebut beut), seberapa cepat aplikasi-aplikasi terbuka begitu di klik, hingga seberapa cepat pemrosesan dan loading yang membutuhkan akses data. Misalnya, lagi kebelet pengen ngetik nih, dari pengujian pribadi, untuk buka ms word dengan laptop yang menggunakan HDD dari klik icon word sampe bisa digunakan bisa butuh waktu hingga 30 detik.. sedangkan di laptop yang dilengkapi SSD, langsung bisa digunakan hanya dalam waktu 3 detik saja! Kebayang ga peningkatan produktifitas untuk aplikasi-aplikasi lain yang jauh lebih berat. Atau photoshop deh, yang terkenal loadingnya lama bisa sampe 1 menitan di laptop yang menggunakan HDD. Nah dengan SSD, buka photoshop bisa dilakukan dibawah 15 detik! Keren banget kan!

Large 1TB Storage for everything else

Nah, untuk data-data biasa yang ga perlu akses cepet banget seperti misalnya dokumen, PDF dan bahan presentasi di kantor, musik, foto-foto, dan video, atau file-file yang ga perlu akses super cepet lainnya bisa disimpan di HDD dengan kapasitas sebesar 1TB yang sudah disediakan di Asus A516.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Ketiga, RAM Lega!

Selain penyimpanan data harus lega, tentu RAM dalam suatu sistem komputer yang baik juga harus dapat mengakomodir penggunaanya. Khususunya jika digunakan untuk multitasking membuka beberapa aplikasi di waktu yang bersamaan. Bahkan penggunaan kantoran saat ini juga sudah wajib memiliki komputer yang mampu multitasking loh, seperti misalnya saat mengetik dokumen, biar ga bosen pasti kita sambil dengerin musik atau buka youtube, lalu buka bahan referensi di aplikasi atau tab lain, kadang sambil browsing di banyak tab. Nah, laptop Asus A516 ini memiliki ram hingga 8GB yang pastinya bisa mengakomodir kebutuhan multitasking untuk segala keperluan penggunanya.

Keempat, Discrete Graphics

Pada saat membutuhkan performa grafis yang tinggi, seperti saat bermain game, edit video, atau membuat desain dengan aplikasi 3D, maka dibutuhkan performa grafis yang tinggi. Oleh karena itu, laptop Asus A516 sudah dilengkapi dengan graphic chip NVIDIA® GeForce® MX330.

2GB GDDR5, 384 CUDA Core & Clock Speed 1,5Ghz

Discrete Graphic NVIDIA® GeForce® MX330 yang dihadirkan oleh Asus A516 ini memiliki Graphic Memory sebesar 2GB berjenis GDDR5, jadi tidak lagi mengambil RAM seperti yang dilakukan integerated graphic. Selain itu, bagi para video editor pasti sangat bahagia dengan hadirnya 384 CUDA Core yang mampu membantu dan mempersingkat proses rendering video. Tentunya bagi para penggemar game tidak akan kecewa, karena kehadiran GPU yang sudah support DirectX 12 ini menjamin game-game favoritmu bisa dimainkan dengan lancar!

Kelima, Layar FullHD

Bagi pengguna PC yang dilengkapi monitor FullHD pasti merasakan betapa tersiksanya ketika saat menggunakan laptop layarnya memiliki resolusi lebih rendah. Oleh karena itu, Asus A516 sudah dilengkapi dengan layar FullHD 1920×1080 px dengan lapisan anti-glare berukuran 15,6″. Menonton film, mengerjakan tugas-tugas, dan beraktifitas dengan laptop menjadi jauh lebih nyaman dan menyenangkan dengan resolusi layar yang tinggi dan memiliki sudut pandang yang luas sebesar 178°. Selain itu, dengan screen-to-body ratio sebesar 83% menjadikan bezel laptop ini tipis dan nyaman digunakan

ASUS VivoBook 15 A516

Nah, seperti yang sudah dari tadi dibahas, ASUS VivoBook 15 A516 ini memenuhi semua kriteria tersebut. Performa dan portabilitasnya tidak terkalahkan dengan harga yang tentunya masuk akal.

Berbicara soal harga, pricelist dari laptop ini didapat dari website resmi Asus Indonesia bisa dilihat pada tabel dibawah:

Pricelist

HargaOperating SystemProcessorGPURAMStorageMonitor Resolution
Rp 5.299.000Windows 10 HomeIntel® Celeron® N4020Intel UHD 6004GB256G SSD NVMEHD
Rp 5.399.000Windows 10 HomeIntel® Celeron® N4020Intel UHD 6004GB256G SSD NVMEFHD
Rp 7.599.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G1Intel UHD 6004GB256G SSD NVME + 1TB HDDHD
Rp 7.899.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G2Intel UHD 6004GB256G SSD NVME + 1TB HDDFHD
Rp 7.799.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G3NVIDIA® GeForce® MX3304GB256G SSD NVMEFHD
Rp 8.199.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G4NVIDIA® GeForce® MX3304GB512G SSD NVMEFHD
Rp 10.999.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G5NVIDIA® GeForce® MX3308GB (4GB x2)256G SSD NVME + 1TB HDDFHD
Rp 11.099.000Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-1005G6NVIDIA® GeForce® MX3308GB256G SSD NVME + 1TB HDDVIPS FHD

Mengapa Asus VivoBook 15 A516

Easy portability. Effortless productivity

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Stylish & Portable

Tampilan, ukuran dan berat tentu juga merupakan faktor penting dalam menentukan sebuah laptop. Dengan berat hanya 1,8 kg, laptop Asus VivoBook 15 A516 merupakan laptop ringan yang menghadirkan 2 pilihan warna yang tampak sangat modern

Selain itu, kehadiran fingerprint sensor memudahkan pengguna saat melakukan login tanpa perlu lagi mengetikkan password secara manual, serta dilengkapi dengan keyboard yang dapat menyala alias backlit keyboard yang memudahkan penggunaan di ruangan yang kurang terang dan tentu menambah keren penggunanya!

Untuk urusan konektivitas, Asus VivoBook 15 A516 ini ga pelit! Dilengkapi dengan port USB-C 3.2 Tipe A dan C yang dapat memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi menggunakan USB 2.0, lalu terdapat 2 port USB 2.0 Tipe A, 1 buah port HDMI 1.4, 1 buah Jack Audio Combo 3.5mm, dan terdapat Card Reader untuk MicroSD.

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *