Sayangi Ibu, Yuk Ajak Ibu Lakukan Medical Check Up

Keponih.com – Melihat ibu yang selalu sehat pasti membuat hati anak-anaknya senang. Namun usia yang bertambah sering mengundang masalah dan gangguan pada kesehatannya. Dengan melakukan medical check up, ibu bisa mengetahui status kesehatannya dan menjaga agar tidak sampai jatuh sakit. Sebagai anak yang sayang pada beliau, kamu bisa mengajaknya cek kesehatan.

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit dan sulit untuk mendapat kesembuhan karena terlambat mengetahui penyakit tersebut. Namun dengan melakukan pengecekan, indikasi awal bisa segera diketahui dan dapat langsung mengambil tindakan.

Medical Check Up untuk Ibu

rolas medika memiliki unit usaha dan grup klinik yang cocok untuk pemeriksaan kesehatan ibu

Sebagai orang yang paling dekat dengan kita, sudah sewajarnya seorang anak memperhatikan kesehatan ibu dengan menyediakan makanan sehat dan melakukan pengecekan kondisi fisiknya. Seperti namanya, tindakan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi gangguan kesehatan. Jika ada yang bermasalah, akan diberi rujukan untuk penyembuhan.

Dalam medical check up, banyak bagian tubuh yang diperiksa. Gangguan kesehatan pada satu organ bisa berdampak pada lainnya sehingga pemeriksaan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi. Pada saat kamu mengajak ibu untuk melakukan medical check up, pemeriksaan akan dilakukan pada:

1. Tekanan Darah

Untuk ibu yang usianya sudah di atas 60 tahun, tekanan darah yang normal, di bawah 150/90mm Hg. Di atas angka tersebut, bisa jadi mengalami hipertensi. Mungkin ada pola makan ibu yang kurang sehat sehingga berpengaruh pada tekanan darah.

Sebagai anak, kamu bisa memperhatikan hal ini dan terus mendorong ibu untuk menjalankan pola hidup sehat. Caranya dengan menyediakan menu sehat dan memastikan ibu rajin olahraga. Namun karena usianya yang sudah lanjut, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan.

2. Berat Badan

Berat badan yang tidak ideal dapat memicu datangnya berbagai penyakit. Jika terlalu gemuk, bisa mengalami penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi. Gumpalan lemak dalam tubuh dapat menutup jantung sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini yang harus diwaspadai agar kesehatan ibu selalu terjaga.

Begitu juga jika terlalu kurus. Tubuh yang kurus bisa mengalami osteoporosis, daya tahan lemah sampai anemia. Pengukuran berat badan dapat dilakukan sesering mungkin. Caranya yang mudah memungkinkan bagi ibu untuk mengerjakan sendiri. Sebagai anak bisa membantu dengan membelikan timbangan sehingga setiap saat ibu bisa mengukur berat badan.

Baca juga : Diabetes Pada Anak 

3. Kolesterol

Sebenarnya kolesterol merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun dalam jumlah berlebih bisa mengganggu kesehatan. Tingginya kadar kolesterol sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

Hati, jeroan dan paru merupakan jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung.
Bukan hanya ibu, setiap orang yang menginjak usia 35 tahun sebaiknya lebih memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh dengan melakukan medical check up. Apalagi jika melakukan pola hidup kurang sehat seperti merokok dan sering begadang.

4. Jantung

Usia tua sangat rawan dengan berbagai gangguan kesehatan berat seperti jantung. Jika ibu merasakan sakit pada bagian dada atau jantung berdebar, sebaiknya segera bawa untuk memeriksa kondisi jantungnya. Gangguan ini jika tidak segera mendapat penanganan bisa berakibat fatal.

Sebaliknya, apabila segera terdeteksi, ibu akan mendapatkan layanan kesehatan terbaik sehingga bisa segera pulih kembali. Kadang orang tua kurang memperhatikan kesehatan atau tidak ingin membuat anaknya khawatir, karena itu anak yang harus proaktif untuk mengetahui kondisi beliau.

5. Telinga

Gangguan pendengaran sering dialami oleh orang tua. Jika hal ini terjadi pada ibu, bisa dengan menggunakan alat bantu dengar. Namun sebelum membelinya, status telinga harus pastikan dengan melakukan medical check up terlebih dulu. Membelikan alat bantu dengar merupakan wujud sayang anak kepada ibunya.

6. Mata

Kemampuan melihat dapat mengalami penurunan karena berbagai hal. Selain kebiasaan yang kurang sehat seperti terlalu lama menonton TV, membaca dalam kondisi cahaya kurang terang juga dapat mengganggu penglihatan. Begitu juga dengan pertambahan usia sering menyebabkan ibu mengalami kelainan mata plus. Untuk mengetahui berapa ukurannya perlu dengan cek kesehatan.

7. Gula Darah

Gula darah berkaitan dengan penyakit diabetes yang bisa terjadi pada seseorang. Pola makan sangat berpengaruh pada masalah ini. Bagi seseorang yang sudah menginjak usia 45 tahun ke atas, sebaiknya melakukan pengecekan gula darah setiap tiga tahun sekali. Sedang jika ada kemungkinan diabetes, pengecekan bisa dilakukan setiap tahun.
Tes untuk memastikan apakah ibu mengalami diabetes juga harus dilakukan segera apabila beliau sering haus atau lapar, kesemutan, dan sering buang air kecil. gula darah masuk kategori normal bila hasilnya 70-100 mg/dL. Sebelum melakukan tes, harus berpuasa selama 8 jam.

Manfaat medical check up sangat penting untuk mengantisipasi agar jangan sampai sakit. Usia ibu yang sudah tua menjadikan tubuhnya lemah dan mudah terserang penyakit. Dengan pengecekan kesehatan, bisa dengan mudah melakukan tindakan apabila ada gangguan kesehatan.

Coorporate Communication 
PT Rolas Nusantara Medika

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.