Pertolongan Pertama Demam Berdarah

Keponih.com – Pertolongan pertama demam berdarah sangat penting agar kondisi pasien tidak semakin buruk. Dengan pertolongan yang tepat juga akan mempercepat proses penyembuhan. Demam berdarah atau DB merupakan jenis penyakit berbahaya yang sangat cepat menyebar. Penyebaran akan semakin cepat di lingkungan dengan kondisi kebersihan yang rendah.
Penyakit DB disebabkan karena adanya infeksi virus Dengue yang disebarkan oleh nyamuk. Nyamuk Aedes Aegypti yang menggigit pasien DB berpotensi membawa virus tersebut dan ketika menggigit orang yang sehat, virus akan ditularkan sehingga menderita DB juga.

Table of Contents

Langkah untuk Pertolongan Pertama Demam Berdarah

demam berdarah dewasa

Untuk bisa memberikan pertolong pertama bagi penderita demam berdarah, harus mengetahui tanda-tanda penyakit terlebih dulu. DB bisa terlihat dari gejala seperti panas tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan tanda cepat lelah. Tanda lain yang juga mudah untuk dideteksi adalah adanya ruam merah.
Gejala munculnya penyakit DB terlihat selama 2-7 hari setelah tubuh terinfeksi. Demam yang dialami oleh pasien tidak stabil, tetapi naik turun dengan grafik menyerupai pelana kuda. Saat suhu tubuh turun bukan tanda bahwa pasien dalam kondisi baik, justru sebaliknya. Panas setelah suhu turun sangat berbahaya. Pertolongan pertama demam berdarah diantaranya:

Kompres Hangat

Cara yang cukup ampuh untuk menolong pasien DB adalah dengan mengompres dahi, ketiak dan lipatan siku dengan menggunakan kompres hangat. Tujuannya adalah agar panas di tubuh pasien segera turun. Namun saat memberi kompres jangan lupa untuk memastikan bahwa kondisi tubuh pasien tidak menggigil.
Lakukan kompres berulang kali untuk memastikan suhu tubuh pasien sudah stabil. Sebaiknya pertimbangkan panas dari kompres tersebut agar pasien tetap nyaman. untuk jenis kompres yang digunakan bisa berupa kain yang direndam dalam air hangat atau dengan menggunakan gel yang sudah dihangatkan.
Kompres bisa diulang beberapa kali sampai suhu badan pasien turun dan stabil. Sebaiknya ketika suhu tubuh pasien sudah menurun tetap memastikan kondisinya. Bisa jadi setelah panas tubuh turun, akan naik lagi, bahkan dapat berakibat bahaya yang mengancam jiwa pasien.

Perbanyak Cairan

Panas yang cukup tinggi yang dialami oleh pasien bisa menyebabkan dehidrasi yang dapat berakibat fatal. Untuk menghindari hal ini sebaiknya pasien mengkonsumsi lebih banyak cairan.
Anda bisa memberikan cairan dengan intensitas lebih sering. Usahakan akan jumlah cairan yang masuk mencukupi kebutuhan dengan tanda pasien tidak mengalami dehidrasi.
Cairan yang masuk juga akan membantu tubuh agar suhunya stabil. Selain itu cairan tersebut akan membuat tubuh pasien terasa lebih segar sehingga dapat melawan virus yang menyerang. Tidak harus berasal dari air minum, cairan juga bisa masuk melalui makanan yang mengandung air, seperti sup dan buah-buahan segar.

Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi sangat penting untuk diberikan pada pasien DB sebagai pertolongan pertama. Dengan nutrisi tersebut, tubuh akan lebih tahan terhadap bakteri sehingga secara alami dapat melawan bakteri yang menyerang tubuh.
Biasanya pasien akan mengalami kehilangan nafsu makan. Untuk mengantisipasi hal ini bisa dengan menyediakan menu dalam bentuk yang berbeda. Nutrisi tersebut dapat berupa sayuran, buah maupun suplemen.

Cukup Istirahat

Dalam kondisi sakit demam berdarh tubuh akan mudah drop, terasa lemas dan lainnya. Sebaiknya minta pasien untuk mengurangi aktivitas dan istirahat dalam jumlah cukup. Bukan hanya jam beristirahat, kualitas dari istirahat tersebut juga harus mendapat perhatian.
Jauhkan pasien dari kondisi yang bising atau ramai sehingga benar-benar bisa beristirahat dengan baik. Tidak harus tidur, yang paling penting adalah pasien tidak terlalu banyak bergerak agar tubuh tidak semakin drop.

Minum Pereda Nyeri

Pertolongan pertama pada penderita demam berdarah lainnya adalah memberi obat Pereda nyeri. Rasa nyeri di sendi dan otot dapat mengganggu istirahat pasien. Ini yang menjadi penyebab tubuh semakin lemas karena kurang istirahat sehingga semakin drop.
Karena drop, tubuh pasien tidak dapat melawan serangan virus yang menyebabkan penyakit yang dialami semakin parah. Obat pereda nyeri dapat menjadi penolong yang tepat, namun perlu diingat bahwa jenis maupun dosis obat yang diberikan tidak boleh sembarangan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat tersebut, tanya ke dokter terlebih dulu.

Demam berdarah merupakan jenis penyakit berbahaya yang sudah banyak memakan korban. Penyebarannya yang cepat melalui gigitan nyamuk merupakan salah satu penyebab kenapa penyakit ini dapat menjadi wabah di suatu wilayah. Upaya pencegahan timbul dan menyebarnya penyakit mematikan satu ini sangat penting. salah satu caranya adalah membiasakan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan menjaga kebersihan.

Agar kondisi pasien tidak semakin parah, Anda bisa melakukan tindakan cepat untuk mengantisipasinya seperti pada tips di atas. Dengan melakukan pertolongan pertama demam berdarah secara benar akan meningkatkan potensi pasien dapat diselamatkan dari penyakit berbahaya ini.

Coorporate Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *