Prosedur Tindakan Lasik dan Keunggulannya

Keponih.com – Kesehatan mata sangat penting sehingga jika merasa ada gangguan harus segera memeriksakan ke dokter yang berpengalaman. Dokter akan merekomendasikan tindakan yang paling tepat, salah satunya dengan tindakan lasik. Seperti pada operasi lainnya, sebelum melakukan lasik, pasien harus mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Lasik merupakan singkatan dari laser-assisted in-situ keratomileusis, yaitu prosedur medis yang dilakukan untuk mengatasi beberapa jenis kelainan pada mata. Tindakan ini dapat membantu Anda yang mengalami rabun jauh (myopia), rabun dekat (hiperopia) dan astigmatisme atau rabun karena perbedaan arah lengkung kornea mata.

Prosedur Tindakan Lasik

keunggulan prosedur lasik

Tindakan lasik tidak dapat dilakukan kepada sembarang pasien karena selain berpengaruh pada potensi kesembuhan, juga untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi. Pasien yang mengidap beberapa jenis penyakit, seperti autoimun, rheumatoid arthritis, gangguan penglihatan karena obat, kornea dan beberapa penyakit lain tidak bisa melakukan lasik.
Karena itu, sebelum memutuskan untuk merekomendasikan lasik sebagai alternatif mengatasi kelainan pada mata, dokter akan melakukan pemeriksaan secara intensif. Beberapa prosedur yang harus dilakukan pada proses operasi lasik adalah:

1. Persiapan lasik

Dalam tahap persiapan operasi lasik, dokter akan memastikan kondisi mata dengan memeriksa ketebalan kornea, refraksi, dan tekanan pada indera penglihatan tersebut.
Jika sebelumnya pasien menggunakan lensa kontak, akan diminta untuk melepaskan selama 3 minggu sebelum operasi, kacamata bisa digunakan sebagai alat bantu selama tidak menggunakan lensa kontak

2. Proses lasik
Proses operasi lasik tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya dokter akan selesai melakukan tindakan dalam waktu 30 menit dan pasien tidak membutuhkan perawatan lanjutan. Langkah dalam proses operasi lasik adalah:
• Pasien duduk di kursi khusus operasi
• Agar bisa tenang, jika dibutuhkan, pasien akan diberi obat
• Pemberian anestesi lokal diberikan dalam bentuk obat tetes
• Untuk membuat kelopak mata tetap terbuka, dokter akan menggunakan alat penahan
• Sayatan kecil dilakukan pada permukaan bola mata menggunakan laser, sayatan akan berbentuk lipatan untuk mengubah bentuk kornea sesuai kebutuhan
• Setelah tindakan selesai, kornea mata akan ditutup kembali, tanpa proses jahit, lipatan akan menutup dengan sempurna

3. Pasca operasi lasik
Pasca operasi lasik, pasien sudah dapat langsung beraktivitas, namun kadang terasa seperti ada pasir. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut, dokter akan memberikan obat tetes mata. hasil tindakan lasik akan normal setelah 2-3 bulan.

Keunggulan Operasi Lasik

Lasik menjadi pilihan banyak pasien yang mengalami gangguan penglihatan. Setelah selesai operasi, pasien juga tidak perlu melakukan perawatan khusus. Bagi pasien yang ingin segera beraktivitas dan memiliki mata yang sehat, lasik merupakan pilihan tepat. Lasik bisa menjadi pilihan karena mempunyai keunggulan:

1. Proses cepat
Proses operasi lasik tidak membutuhkan waktu lama, bahkan pasien tidak harus rawat inap di klinik atau rumah sakit tempat melakukan tindakan. Dokter hanya membutuhkan waktu singkat untuk melakukan pembedahan dan menutup kembali kornea mata yang selesai dioperasi.

2. Hasil bisa langsung terasa
Hasil dari operasi lasik sangat instan sebab beberapa waktu setelah operasi, hasil dari tindakan tersebut dapat langsung terasa. Namun biasanya masih ada rasa kurang nyaman sehingga beberapa pasien memutuskan untuk tidak beraktivitas terlebih dulu. Untuk menghilangkan rasa kurang nyaman tersebut pun cukup mudah karena dokter sudah menyiapkan dalam satu paket operasi. Tindakan operasi lasik juga tidak membutuhkan banyak tahap, cukup pemeriksaan sebagai persiapan dan bisa langsung dilakukan operasi.

3. Dapat mengoreksi berbagai kelainan pada mata
Banyaknya aktivitas dan kondisi bawaan kornea mata dapat menyebabkan berbagai masalah pada Indera penglihatan. kasus ini dapat dengan mudah diatasi melalui operasi lasik. Resiko dari operasi ini juga minim selama dilakukan dengan proses yang benar dan pasien juga kooperatif mengikuti saran dari dokter.

4. Minim rasa sakit
Sebelumnya cukup banyak orang yang takut melakukan operasi karena khawatir dengan rasa sakit yang mungkin akan dialami. Hal ini tidak terjadi pada operasi lasik sebab jenis operasi ini minim rasa sakit. Dengan menggunakan obat anestesi yang diberikan lokal atau hanya pada daerah yang dilakukan tindakan, yaitu mata, pasien tidak akan merasa sakit sama sekali.

5. Tidak lagi perlu alat bantu penglihatan
Beberapa profesi tertentu mengharuskan karyawan untuk tidak menggunakan alat bantu penglihatan. Lasik dapat menjadi Solusi bagi karyawan tersebut sehingga penglihatan tetap normal tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak. Dengan lasik bahkan tidak akan ada tanda atau bekas tindakan operasi pada mata. Tindakan lasik merupakan alternatif terbaik bagi pasien yang mengalami gangguan penglihatan dengan proses yang nyaman dan cepat. Lasik dapat menjadi pilihan untuk Anda yang tidak mau tergantung dengan alat bantu penglihatan. Apalagi teknologi dalam operasi ini semakin berkembang. Tanpa rasa sakit, gangguan penglihatan dapat segera diatasi sehingga mata kembali normal.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *