Konselor Laktasi, Bantu Ibu MengASI-hi

Keponih.com – Bagi bayi baru lahir ASI adalah makanan utama dan satu-satunya yang terbaik dan mampu memenuhi kebutuhan gizinya. Namun terkadang banyak kendala yang dialami seorang ibu baru untuk memberi ASI (Mang-ASI-hi) bayinya. Dalam keadaan inilah ibu membutuhkan bantuan konselor laktasi agar tetap dapat memberi ASI.

Bagi seorang new mom mungkin masih banyak pertanyaan yang membuat galau, tentang ASI dan konselor ASI ini. Untuk itu simak ulasan lengkap tentang pentingnya ASI dan konselor laktasi di bawah ini!

Table of Contents

ASI, untuk Ibu dan untuk Buah Hati

ASI adalah makanan paling tepat yang harus diberikan untuk bayi 0-6 bulan. Periode ini disebut ASI eksklusif, ibu hanya boleh memberikan ASI pada bayinya sampai usia 6 bulan. Sepenting itukah ASI? Berikut ini pentingnya memberikan ASI bagi bayi dan ibu:

  • Mencegah bayi terserang penyakit.
  • Membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.
  • Mencegah kanker payudara.
  • Mengatasi trauma.
  • Sebagai KB alami.

Apa Peran Konselor Laktasi?

Melihat pentingnya menyusui di atas, sangat patut jika semua ibu memperjuangkan agar dapat menyusui bayinya yang baru lahir. Namun terkadang banyak faktor penghambat sehingga ibu tidak dapat menyusui anaknya dengan maksimal. Di saat seperti inilah peran konselor ASI sangat penting untuk membantu ibu yang ingin meng-ASI-hi tapi tidak bisa.
Konsultan laktasi atau yang biasa disebut konselor ASI merupakan tenaga profesional yang membantu usaha para ibu dalam menyusui bayinya. Untuk menjadi konselor tentu saja harus melewati pelatihan khusus agar menjadi seorang konsultan. Lalu apa peran konselor ASI?

  • Membantu perlekatan.
  • Membantu mengatasi masalah menyusui yang terasa menyakitkan.
  • Membantu meningkatkan produksi ASI.
  • Membantu ibu hamil belajar menyusui calon bayi.
  • Memberi tips-tips penyimpanan ASI perah bagi ibu bekerja.
  • Mengajarkan ibu menggunakan peralatan menyusui.
  • Memberikan pengarahan tentang pemberian MPASI.
  • Merancang menu MPASI untuk bayi dengan kondisi khusus.
  • Mendampingi ibu merawat bayi BBLR.

Tips Memilih Konselor Laktasi Terbaik

menyusui seringkali memiliki tantangan tersendiri, simak peran konselor laktasi dalam membantu ibu menyusui

Banyak sekali peran konselor ASI yang membantu ibu dalam meng-ASI-hi sang buah hati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja ibu harus menggunakan konselor terbaik yang ada di daerah sekitar tempat tinggal. Berikut ini tips memilih konselor laktasi terbaik yang bisa dilakukan:

1. Konselor yang Memahami Fakta Tentang Laktasi
Hal yang dibutuhkan oleh seorang ibu dari konselor ASI tentu saja adalah pengetahuannya tentang seluk beluk menyusui atau laktasi. Hal ini karena banyak sekali mitos tentang menyusui yang beredar luas secara turun-temurun di masyarakat. Konselor yang baik akan memahami fakta tentang laktasi yang akan membantu seorang ibu dalam proses menyusui. Ibu yang menggunakan jasa konselor tidak akan dapat digoyahkan lagi dengan mitos-mitos yang beredar dan terkadang membuat galau. Memiliki pengetahuan tentang fakta laktasi akan sangat membantu ibu dalam proses meng-ASI-hi.

2. Cari yang Tidak Memaksa dalam Memberi Saran
Ibu yang sedang menyusui akan memiliki perasaaan yang lebih peka karena pengaruh hormonal. Selain itu ibu harus tetap bahagia saat menyusui jadi terkadang masukan yang memaksa akan mempengaruhi mood dan produksi ASI nya.
Konselor yang baik tidak akan memaksakan pendapatnya dalam memberikan saran tentang laktasi. Apa yang dilakukan konselor hanya sebatas saran, keputusan tetap ada di tangan ibu yang menyusui. Konselor sangat memahami emosional ibu yang abru melahirkan dan risiko baby blues pada ibu baru, sehingga tidak akan memaksakan kehendak pada seorang ibu.

3. Konselor yang Tidak Menghakimi Lebih Baik
Faktor terbanyak penyebab ibu menyusui gagal memberikan ASI eksklusif adalah penghakiman dari orang-orang sekitarnya. Ibu yang baru belajar menyusui bayinya sudah dihakimi bahwa ASI nya encer dan jelek, anak rewel berarti ASI kurang banyak dan kalimat-kalimat penghakiman lainnya.
Konselor yang baik tidak akan pernah melakukan itu. Seorang konselor tidak akan melakukan penghakiman pada seorang ibu, terlebih pada ibu yang baru memiliki anak. Konselor akan memberi tahu sebatas fakta laktasi dan menyampaikannya dengan baik pada ibu tanpa menghakimi.

4. Pilih yang Bersertifikat
Untuk memperoleh layanan terbaik tentu saja harus mencari konselor yang bersertifikat. Ibu harus tahu jika untuk menjadi konselor laktasi, harus melalui serangkaian pendidikan sertifikasi. Pendidikan ini untuk memastikan standar keahlian dan pelayanan yang akan diberikan pada seorang busui.

Mendapatkan konselor ASI terbaik untuk membantu mengatasi semua permasalahan dalam meng-ASI-hi buah hati adalah impian semua ibu. Oleh sebab itu pilihlah dengan teliti dan selektif untuk mendapatkan bantuan konselor terbaik agar masa menyusui dapat dilalui dengan menyenangkan dan berkesan. Dengan bantuan konselor, ibu yang memiliki kendala akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, bayi juga mendapatkan gizi yang maksimal dari ASI yang diberikan. Periode ASI eksklusif sampai 6 bulan pun pasti mampu dilewati bersama.

Coorporate Communication
PT Rolas Nusantara Medika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *