Latte Art, Seni Melukis Di Atas Kopi — Heyho, seneng deh bisa update tentang Kopi, setelah libur panjang lebaran dan anak sekolah aktifitas sudah mulai normal lagi ya. Kemon jangan mager, secangkir kopi bisa jadi pilihan agar semangat terisi lagi.

Coffe Talk !
Kopi apa yang kalian suka ? Espresso, Coffee Latte, Cappucino atau Latte ?
Saya pribadi senengnya Latte sih, kalau ngafe dan ngopi pilihan selalu jatuh ke Latte, karena apa ? Emm suka aja selain rasanya suka dengan hiasan atasnya yang kadang bikin galau pas mau minum sayang banget hiasan diatasnya bakal rusak. ” Udah ngopi mah ngopi aja ga usah pake galau ! ”  sahut salah seorang teman ngopi.
Betul juga, kopi itu lebih dari secangkir minuman hangat ya. Didalamnya selalu ada cerita dan cinta. ( Tjieee kamuu )

latte art bandung
Latte Art, Memakai Pewarna makanan bikin kopi semakin cantik

Kemarin sempet ngobrol dengan salah satu kedai kopi bernama Story Kopi Shop ( Skop ) yang ada dijalan Talaga Bodas no 43 Bandung. Pemiliknya yang dengan memang pecinta kopi dengan senang hati meluangkan waktunya untuk kami, sambil ngobrol sambil ngopi sambil videoin bagaimana proses lahirnya secangkir kopi nikmat.


( Baca Juga Ini, Tak Usah Beli Oven Untuk Bikin Cake. Ini Caranya ) 

Tapi yang tak kalah menarik adalah tentang Latte Art, seni melukis diatas kopi yang membuat pecinta Latte semakin jatuh cinta menikmatinya, jadi Latte Art itu apa ?
Latte Art yang bisa ditemui saat ngopi cantik terjadi dengan bantuan susu yang dipanaskan, ga boleh sampe mendidih ya inget ehhehehe.. Dipanaskan menggunakan steamer atau frother yang membentuk microfoam, nah microfoam inilah yang dituangkan kedalam espresso dan bisa dibikin bentuk-bentuk menarik, sesuai keahlian baristanya.

Lebih lengkapnya bisa diintip di video yang satu ini ya :
Latte Art, Seni Melukis Diatas Kopi

Ingin mencoba membuat sendiri Latte Art ini, yuk perhatikan 3 hal ini

  1.  Susu harus panas.
  2. Tempat susu, setelah susu panas maka dikocok agar terbuat microfoam tadi, lalu gunakan wadah yang berbahan stainless steel, sebaiknya ujungnya lancip sehingga saat menuang susunya lebih mudah dan membuat gambarnya pun akan bagus dan mudah.
    latte-art-692976_1280
  3.  Sedia tusuk gigi, tutuk gigi bisa jadi salah satu alat yang sangat membantu dalam membuat aneka testur dan bentuk. Sejatinya pakai besi stainless gitu suma kalau belum punya pake tusuk gigi saya !

Latte Art ini bisa dibentuk banyak design tergantung keahlian barista, yang paling sering kita lihat adalah daun, love atau smiley atau nama.

latte art bandung
Latte Art

Semangat yah kalau ngobrolin kopi, menyajikan kopi yang nikmat plus enak dilihat ternyata butuh skill tertentu, bagi saya yang seringnya ngopi cantik melihat pemandangan Latte Art sudah bikin semangat bangkit lagi.

Salam secangkir CoffeeLatte

keponih.com

3 Komentar

  1. Suka banget nih lihat hasil kreasi latte art di kafe-kafe kopi. Dulu pernah coba buat sendiri dan gak ada yang beres hasilnya. Wkwkwkwkwk

    1. Author

      Ahaha mana dong liat fotonya mbak


Tinggalkan Balasan