7 Tips Mengajar Anak TK Mulai Menggambar

Menggambar menjadi salah satu aktivitas yang baik untuk membangun kreativitas anak sejak usia dini. Di usia balita atau ketika anak masuk ke tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan usia anak melalui masa pengembangan kognitif, emosi dan kreativitas. Belajar menggambar anak dapat membantu pengembangan tersebut.

Melatih belajar menggambar anak memang bukan hal yang mudah namun bukan perkara yang mustahil. Untuk dapat menggambar dengan baik anak membutuhkan proses belajar dan setiap anak membutuhkan waktu berbeda. Karenanya butuh kesabaran dan trik untuk melalui proses tersebut.

Baca juga : 5 Film Kerajaan yang Asik Ditonton Anak di Masa Pandemik

Tips Membantu Belajar Menggambar Anak

anak tk diharuskan menggambar dengan banyak sekali manfaat
Tips menggambar untuk anak

Selain menggantungkan pada hasil belajar di sekolah, orang tua dapat mendukung dengan belajar di rumah. Berikut 7 tips mengajar belajar menggambar anak TK agar proses belajar lebih efektif:

1. Sediakan Peralatan Menggambar

Pertama tentu harus memberi anak fasilitas menggambar berupa peralatan menggambar yang memadai dan aman. Seperti kertas gambar, pensil, krayon untuk mewarnai, cat air dan sebagainya. Pastikan pewarna yang digunakan tidak bersifat toksik.
Peralatan belajar menggambar anak yang beragam dapat memacu daya kreativitas anak. Selain itu beragam warna yang semakin banyak macamnya dapat membuat anak semakin bersemangat untuk belajar.

2. Ajarkan Mulai dari Yang Sederhana

Anak dapat mulai belajar menggambar dari konsep dasar menggambar. Dari cara membuat garis dan bentuk-bentuk sederhana kotak, bulat dan sebagainya. Setelah cukup dapat membedakan bentuk bisa melanjutkan menggambar benda dengan bentuk sederhana seperti buah jeruk, apel dan benda lain yang tunggal dan sederhana.
Konsep dasar belajar menggambar anak yang sedikit lebih detail dapat diajarkan seiring waktu. Seperti konsep penggunaan goresan tebal dan tipis untuk menunjukkan gelap dan terang. Jika anak telah semakin banyak tahu, akan semakin mudah bagi anak untuk mengembangkan kreasinya sendiri.

3. Beri Anak Kebebasan Menggambar

Setelah mengajarkan konsep dasar menggambar, biarkan anak bebas menentukan gambar mereka sendiri. Biarkan mereka mengembangkan kreativitas yang baik untuk menstimulasi perkembangan motorik.
Di sekolah anak-anak biasanya menggambar sama seperti yang dicontohkan guru, kebiasaan ini justru menghambat kreativitas anak. Maka sebaiknya tanamkan pada anak untuk menggambar sesuai dengan keinginan sendiri, apa objek yang disukai yang boleh jadi berbeda dengan temannya.

4. Apresiasi Hasil Gambar Anak

Berikan anak apresiasi atas kreasi gambar yang dibuatnya. Bisa dengan kata-kata pujian hingga memajang gambar di dinding ruang tamu, pintu kulkas atau tempat lain yang mudah dilihat. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri anak yang sedang bertumbuh.
Jangan sekali-kali menghakimi karya anak dengan penilaian yang buruk. Hal tersebut dapat menjatuhkan mental anak yang sangat tidak baik bagi perkembangan si kecil. Anak bisa jadi tidak percaya diri atau bahkan enggan menunjukkan kreativitasnya.

5. Berikan Media Yang Unik

Rasa bosan bisa datang pada anak termasuk dalam belajar menggambar. Kreativitas orang tua atau guru dibutuhkan dalam hal ini mengatasi kebosanan anak. Salah satu caranya bisa dengan menciptakan media gambar yang unik sebagai pengganti buku gambar.
Menggambar di papan tulis dengan kapur warna warni bisa menjadi ide menarik. Anda juga bisa menggunakan media pasir halus dan berbagai media lain yang menyenangkan. Anak tentu tidak akan mudah bosan dan semakin bersemangat dalam belajar.

6. Menggambar Bersama

Alih-alih hanya menyuruh anak belajar menggambar, lebih baik dengan melakukannya bersama. Beri contoh langsung bahwa menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan dan mudah. Dengan demikian anak akan lebih bersemangat untuk terus belajar.
Semakin banyak teman menggambar juga semakin baik, ajak anggota keluarga lain atau teman-teman anak menggambar bersama. Selain lebih bersemangat menggambar bersama saat menumbuhkan jiwa kompetitif anak.

7. Menggambar di Ruang Terbuka

Tumbuhkan kreativitas anak dalam menggambar dengan menggambar di ruang terbuka, seperti di taman dekat rumah. Anak menjadi lebih memiliki pandangan yang luas untuk meningkatkan kreasi gambarnya.
Bisa juga sekalian piknik dengan membawa alat gambar. Piknik di pantai, gunung atau pun taman bermain dan sebagainya. Anak akan semakin terpacu untuk belajar menggambar sekaligus bergembira.
Itulah tips belajar menggambar anak yang dapat membantu proses belajar lebih efektif. Butuh ketelatenan dan semangat orang tua agar anak juga bersemangat untuk terus belajar.

Manfaat Belajar Menggambar bagi Anak

ada alasan tersendiri kenapa orang tua mengajak anak menggambar sejak dini, ternyata manfaatnya banyak sekali
Manfaat menggambar bagi anak

Agar lebih bersemangat membantu belajar menggambar anak TK, ketahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari kegiatan menggambar. Berikut manfaat belajar menggambar bagi anak:

● Mengasah Skill Motorik Halus

Kemampuan motorik halus menjadi aset kemampuan anak di bidang akademis. Skill tersebut saat diasah ketika anak masih di usia emasnya. Salah satu cara mengasah sel motorik tersebut dengan berbagai kegiatan seni termasuk menggambar.

● Sarana Ekspresi Emosi

Usia anak sering kali sulit menyalurkan emosi dengan tepat. Sebagian anak bisa meluapkan emosi dengan marah atau menangis dan sebagian lainnya hanya memendam perasaan. Menggambar bisa menjadi sarana menyalurkan emosi juga sarana melatih imajinasi.

● Mengembangkan Inovasi

Saat menggambar anak membuat anak harus berpikir apa yang ingin ditunjukkan dalam gambar. Memberi anak kebebasan menggambar mendorong mereka menumbuhkan inovasi yang bahkan tidak terpikirkan para orang tua. Untuk itu dalam menggambar anak tidak perlu didikte.

● Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memberikan anak kebebasan dalam menggambar dan mengekspresikan diri, dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Si kecil dapat mengambil keputusan sendiri dan menilai mana baik dan buruk untuk dipilih.
Demikian tips belajar menggambar anak hingga manfaat menggambar bagi perkembangan anak. Belajar lebih mudah dan menyenangkan bersama Kiddo.id. Ada kursus online aneka pembelajaran hingga tips dan trik belajar untuk anak.

Referensi:
https://www.appletreebsd.com/tips-mengajar-anak-menggambar-kreatif/amp/
https://www.sehatq.com/artikel/mengajarkan-cara-menggambar-pada-anak-sejak-dini-mengapa-tidak/amp
https://www.popmama.com/amp/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/tips-belajar-menggambar-untuk-anak
https://m.kumparan.com/amp/kumparanmom/cara-mudah-mengajarkan-anak-menggambar-1qomC9WlWDR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *