Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Keponih.com – Siapa yang tak haru saat hari wisuda datang. Itulah yang dirasakan oleh mahasiswa STTB, pada minggu tanggal 5 Desember 2021, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ini menggelar wisuda dengan total 297 mahasiswanya yang terdiri dari 130 mahasiswa dari Teknik Industri, 103 orang Teknik Informatika dan 64 orang Desain Komunikasi Visual.

Kampus STTB ini adalah kampus bergengsi yang punya tagline : “Your Partner to Global Competition” telah mencetak banyak tenaga ahli di berbagai bidang dan industri, dan mencetak generasi yang mampu menghadapi tantangan di era global.

Acara Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Situasi pandemi mengharuskan acara wisuda ini digelar secara hybrid, artinya diadakan secara online namun juga dihadiri secara virtual oleh wisudawan lainnya. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan dan demi menerapkan protokol kesehatan, meski begitu tak menyurutkan antusiasme para wisudawan dan wisudawati untuk mengikuti acara wisuda ini.

Acara dibuka dengan tari Jaipong Makalangan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan menyanyikan Mars STTB, acara digelar sejak pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 13.00 WIB, istimewa sekali karena acara ini dihadiri oleh petinggi jajaran civitas akademika STT Bandung, perwakilan beberapa BUMN dan perusahaan lainnya, perwakilan LLDIKTI ( Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ) Wilayah VI, Pengurus Yayasan LPPI Bandung serta beberapa tamu undangan lainnya.

Sambutan Ketua STT Bandung

 

Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M. T. selaku ketua STT Bandung. Beliau menyampaikan informasi bahwa STT Bandung dengan LITHAN Academy Singapore telah menjalin kerjasama berupa menyalurkan mahasiswa yang mengikuti program magang. Ada juga kerjasama dengan BP2MI ( Badan Perlindungan Pekerja Imigran Indonesia ) yang memberikan kesempatan untuk bekerja di luar negeri dengan mekanisme perlindungan pekerja migran. Perusahaan JPY juga sama, membuka kesempatan magang di negeri matahari terbit.

STT Bandung telah membuktikan bahwa lulusannya adalah generasi yang siap bekerja dan berkarya. Ini terbukti dengan masa tunggu alumni STT Bandung untuk memasuki dunia kerja atau wirausaha hanya 45 hari saja. Wah keren ya ! STT Bandung juga memiliki Unit Career Development yang bertujuan untuk penanganan bimbingan karir, baik untuk alumni maupun mahasiwa tingkat akhir yang akan membantu mahasiswanya masuk ke dunia kerja yang sesuai dengan keahliannya.

Mahasiwa dari STT Bandung membekali mahasiswa tingkat akhir dengan Sertifikasi Nasional untuk mendukung pekerjaannya nanti. Lewat Forum Human Capital Indonesia, STT Bandung juga bekerjasama dengan 108 BUMN dalam program magang mahasiswa bersertifikat.

Bapak Muchamad Naseer juga menyampaikan bahwa STT Bandung fokus pada konsistensi inovasi bisnis dalam Revolusi Industri 4.0, hingga saat ini STT Bandung telah mencetak 2.200 alumni yang tersebar di seluruh negeri. Oya, STT Bandung jua memiliki Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi Kreatif ( P-IBEK ) yang memfokuskan diri untuk pengembangan inovasi yang inkubasi bisnis untuk mahasiswa dan alumni.

Saat ini STT Bandung memiliki 170 orang dosen dan hampir semuanya telah mengantongi gelar S2 dan S3. Bahkan di tahun 2021 ini ada 10 orang dosen tetap yang akan menempuh studi doktoral di PT baik di dalam dan luar negeri.Jadi tak hanya mahasiswanya yang berprestasi, dosen sebagai pengajar juga keren semua nih.

Berikut ini adalah prestasi yang juga ditorehkan oleh dosen STT Bandung :

  1. Dua tahun berturut-turut 3 orang dosen STT Bandung menerima Hibah Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi. Hibah yang didapatkan yaitu Rp. 161.392.000 di tahun pertama dan Rp. 152.070.000 di tahun kedua.
  2. 3 orang dosen Program Studi Teknik Industri menerima Hibah Kedaireka sejumlah Rp. 198.693.000
  3. 7 Dosen telah lolos menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Kemendikbudristek
  4. 8 Dosen lolos Program Digital Talent Scholarship dan Digital Leader Academy
  5. Bapak Muhammad Sabar merupakan salah satu dosen peraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu pada cabang atletik PEPARNAS 2021 di Papua
  6. Mengadakan program 1000 vaksin untuk mahasiswa, alumni dan masyarakat umum.

Dengan banyak prestasi dan eksistensi yang telah dibuktikan oleh STT Bandung, tak heran jika STT Bandung juga merencanakan pergantian status, dari Sekolah Tinggi menjadi universitas. Yuk ikut doakan semoga lancar semuanya ya ini dilakukan supaya STT Bandung terdorong untuk lebih memberikan kontribusi pada masyarakat sekitar, bangsa, agama dan negaranya.

Setelah sambutan dari ketua STT Bandung, dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia Bandung (LPPIB).

Prof. Dr. I Made Bandem, M.A. selaku pembina Yayasan LPPI Bandung mengungkapkan bahwa STT Bandung kini sudah semakin berkembang pesat. Bahkan telah menyaingi instansi pelopornya yaitu ITB Stikom Bali di Denpasar.

Beliau mengemukakan bahwa menurutnya, para alumni Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sebagai sarjana TIK sudah dibekali kemampuan yang dibutuhkan untuk masa depan. Bekal tersebut berupa semangat berkarya dan inovasi serta kemampuan/keahlian di bidang TIK. Tentu saja semua keahlian tersebut sangat dibutuhkan sejalan dengan perkembangan dunia kerja dan industri yang berbasiskan teknologi.

Baca juga : Acara Wisuda XIV STT Bandung, Generasi Muda Unggul Siap Berinovasi

Wisuda XIV STT Bandung, Generasi Muda Unggul Siap Berinovasi

Penghargaan Wisudawan Terbaik

Acara puncak dari wisuda XVI STT Bandung adalah prosesi pelantikan wisudawan serta penghargaan yang diberikan pada wisudawan berprestasi. Berikut adalah nama-nama wisudawan berprestasi:

Wisudawan Terbaik 
1. Yuniar Dita Anggreani, S.T. (S-1 Teknik Industri)
2. Kevin Christianto, S.T. (S-1 Teknik Informatika)
3. Annisa Mawardini, S.Ds. (S-1 Desain Komunikasi Visual)

Mahasiswa dengan Skripsi Terbaik
1. Regita Ernawati, S.T.
2. Sandi Riyanto, S.T.
3. Egi Septian Yuli Prasetyo, S.T.
4. Marha Shabilla Gumilang, S.Kom
5. Syahidan Arrizaldy Sidik, S.Kom
6. Ihsan Nurhakim Aziz, S.Kom
7. Andini Yudistyaningrum, S.Ds
8. Gusty Wijaya, S.Ds
9. Septian Riyadus Solihin, S.Ds

Penghargaan Pemenang Innovation Challenge Day 2021
1. SKUT Bandung
2. VABUS BOT APPS
3. LAUNDRYKU

Gelaran acara selanjutnya adalah penandatanganan MoU dengan rekanan STT Bandung yakni PT. Len Industri dan Perwakilan PT. Jamkrindo, dilanjut dengan sambutan dari perwakilan wisudawan, Rani Sumarni yang merupakan mahasiswa magang PT. Jamkrindo, janji wisudawan yang dipimping oleh Dewanta Aryaputra Rurut, acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa.

Ada juga momen akhir yang mengundang haru, saat para wisudawan memberikan apresiasi kepada orang tua. Fix ini sih bikin mata saya berkaca-kaca, para anak yang bahagia telah lulus, juga perasaan orang tua yang bangga pada anak telah menyelesaikan studi pendidikannya. Haru sekali.

Terakhir, mengutip pesan bijak yang disampaikan oleh ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M. T. yang mengatakan bahwa :

Wisuda bukanlah sebuah akhir. Wisuda adalah momentum dimulainya cerita baru, pengalaman baru dan perlu dijadikan sebagai pendorong serta motivasi untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran yang tiada henti ( long life learning ). Teruslah berjuang, di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, sehingga alumni STT Bandung menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti berkarya, berpikir, berinovasi dan tidak pernah berhenti berimprovisasi, sehingga dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, lingkungan maupun bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selamat dan sukses selalu untuk para wisudawan XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, semoga kesuksesan dan keberkahan selalu menyertai di setiap langkah menuju masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *