Tips Konsumsi Vitamin dengan Benar, untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Keponih.com – Sudah yakinkah kita dengan asupan makanan yang dikonsumsi cukup memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral? Sementara tak jarang proses mengolah makanan digadang-gadang dapat mengurangi bahkan menghilangkan kandungan baik makanan. Belum lagi gaya hidup tak sehat yang memicu tergerusnya imun tubuh.

Daya Tahan Tubuh vs Gaya Hidup

hidup sehat dengan konsumsi vitamin
Sumber : Canva

Sehat adalah mahkota berharga yang dapat dilihat orang sakit, ironi tapi memang begitu keadaannya. Seringkali kita mengeluhkan hidup dan kadang melupakan nikmat sehat yang baru terasa indahnya ketika jatuh sakit, kondisi pandemi 2 tahun belakangan secara tak sadar banyak mengubah pandangan kita akan nikmat sehat.

Secara ajaib, kesadaran orang untuk menghargai kesehatan jadi semakin meningkat. Gaya hidup sehat mulai terdengar kembali gaungnya di mana-mana, semakin disadari mereka yang keren justru adalah mereka yang makan sayur, cukup tidur dan memiliki tubuh yang bugar. Tapi masih ada juga beberapa kelompok yang stay dengan gaya hidup yang meningkatkan risiko munculnya penyakit, nah coba intip deh beberapa gaya hidup yang sebaiknya diubah.

Gaya Hidup yang Menyebabkan Turunnya Imun

  • Makanan kurang sehat, tubuh membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral agar dapat bekerja dengan baik. Sayangnya, semakin tumbuh dewasa banyak sekali orang yang tidak menyadari kurangnya gizi, entah karena kebiasaan maupun padatnya kegiatan. Padahal makanan yang sehat adalah kebutuhan utama tubuh dapat bekerja dengan baik
  • Konsumsi gula berlebih, makanan dan minuman manis emang enak tapi perlu diketahui dampaknya bagi tubuh seperti obesitas, gula darah tinggi dan risiko diabetes
  • Kurang istirahat, tubuh setidaknya butuh 8 jam tidur setelah seharian beraktivitas. Tidur adalah kebutuhan, bukan sekadar alasan mengatasi kelelahan. Tidur adalah waktu bagi organ beristirahat, memulihkan jaringan dan menumbuhkan otot, dan meredakan stress
  • Stress berlebih, stress merupakan hal yang wajar terjadi. Yah, namanya hidup ya guys hehe. Tapi yang bahaya itu jika stress berlebih dan tak dikontrol, alih-alih sakit kepala penyakit lain bisa saja hinggap dan menyebabkan imun turun juga penyakit lainnya
  • Kurang olahraga, kesibukan seringkali jadi alasan tak sempat olahraga. Padahal olahraga itu penting banget untuk menjaga kesehatan secara umum juga untuk stress release serta untuk jantung.
  • Enggan konsumsi vitamin, merasa sehat kadang tidak selalu berarti kondisi “di dalam” baik – baik saja, sebaiknya mulai pertimbangkan mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh.

Konsumsi Vitamin untuk jaga Daya Tahan Tubuh

vitamin c untuk daya tahan tubuh
sumber : Canva

Gaya hidup yang sehat memang sulit untuk dimulai, sementara sehat adalah kebutuhan utama manusia, bisa dibilang di atas segalanya. Jangan tunggu sampai sakit, konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh penting dilakukan. Meski begitu, ketahui juga cara mengkonsumsi vitamin dengan benar.

  • Jika memungkinkan konsultasi ke dokter, di masa sekarang konsultasi dokter online pun sudah hadir dan mudah dilakukan
  • Baca label kemasan, terkait dosis juga peringatan vitamin
  • Pastikan izin jual produk, jangan mudah termakan iklan ya. Pastikan konsumsi vitamin yang sudah mengantongi izin BPOM sehingga lebih aman dikonsumsi.
  • Waspada efek interaksi obat, teliti dengan panduan dan peringatan akan efek interaksi obat yang mungkin saja bereaksi dengan obat tertentu yang sedang dikonsumsi.

Salah satu vitamin yang saya konsumsi adalah Redoxon yang merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh yang sudah saya kenal sejak dulu dan suka sekali dengan tablet effervescent nya, minum vitamin jadi mudah tak seperti konsumsi obat. Apalagi kini Redoxon for kids sudah tersedia juga sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh anak.
Sehat selalu ya semuanya, yuk kita menuju gaya hidup sehat plus konsumsi vitamin dengan benar agar bisa sehat dan bugar menjalani hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.