Pandemi, Lulur dan Spa di Rumah ?

Keponih.com – Bagi semua orang tubuh adalah aset utama. Perlu selalu dirawat kebersihan dan kesehatannya. Demi menunjang aktifitas keseharian agar penuh semangat. Banyak sekali pilihan perawatan tubuh yang tersedia. Yang paling umum adalah melakukan lulur dan spa. Perawatan tubuh dengan lulur dan spa ini mudahnya dilakukan di salon kecantikan.

Sayangnya tak semua orang bisa pergi ke sana dengan berbagai alasan. Di masa kini, adanya pandemi yang belum juga usai menjadi salah satu kendala. Adanya PPKM atau Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat menjadi salah satu alasan menunda treatment perawatan tubuh, padahal jika jeli kita bisa kok tetap melakukan me time yang satu ini.

Pengertian Lulur dan Spa

apa perbedaan lulur dan spa, karena nyatanya memiliki arti yang berbeda
pengertian lulur dan spa

Sebelumnya, mari ketahui dulu pengertian lulur dan spa. Supaya kamu bisa melakukan treatment  dengan tepat. Ingat, teori itu menunjang praktik.

Lulur merupakan bahan yang digunakan untuk membersihkan dan menghaluskan badan. Biasanya berbentuk serbuk. Sebelum pemakaian, serbuk lulur dicairkan terlebih dahulu dengan air sampai membentuk pasta –Di pasaran, sudah tersedia lulur dalam bentuk pasta–.

Rangkaian perawatan lulur dimulai dengan membalurkan pasta lulur ke seluruh tubuh. Diamkan beberapa menit hingga setengah kering. Setelahnya, gosok secara lembut menggunakan tangan atau handuk.

Proses ini akan mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar. Karena proses inilah, lulur masuk dalam kategori eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Salah satu penyebab kulit terlihat kusam.

Sementara spa merupakan perawatan tubuh dengan cara berendam di dalam air. Terdapat penambahan bahan lain ke dalamnya. Yakni garam mandi, minyak aromaterapi, dan beberapa kelopak bunga mawar.

Manfaat Lulur dan Spa Bagi Tubuh

manfaat lulur dan spa bagi tubuh
punya manfaat yang berbeda, apa saja ?

Lulur dan spa sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Lulur dapat mengangkat sel-sel kulit mati seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hasilnya, kulit pun jadi lebi bersih dan cerah. Tak hanya itu, kelembutan dan kelembaban kulit jadi terjaga.

Sedangkan spa membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit. Melancarkan sirkulasi darah. Juga sebagai upaya detoksifikasi tubuh.

Berdasarkan manfaat-manfaat tersebut. Banyak salon kecantikan yang menjadikan lulur dan spa dalam satu paket perawatan. Karena keduanya memang saling melengkapi.

 

Melakukan Perawatan Tubuh dengan Lulur dan Spa di Rumah, Yay or Nay?

Luluran dan spa merupakan kegiatan perawatan kecantikan yang sangat bisa kamu lakukan di rumah. Apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Melakukan kegiatan apapun di rumah, itu lebi baik.

  1. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan untuk luluran dan spa di rumah. Untuk bahan ada air, garam mandi, minyak aromaterapi, essential oil, dan bunga mawar. Sementara untuk alat kamu memerlukan handuk lembut (opsional), mangkok/piring untuk melarutkan lulur dengan air, serta buth up tentunya.

Semua bahan-bahan tersebut bisa kamu beli secara online. Lulur-lulur tradisional dengan bahan-bahan rempah khas Indonesia juga banyak tersedia. Belilah di toko online terpercaya. Di mana kamu bisa melakukan konsultasi sebelum pembelian dan pemakaian.

  1. Langkah Perawatan Tubuh dengan Lulur dan Spa di Rumah

Berikut adalah step by step cara melakukan perawatan tubuh dengan lulur dan spa di rumah:

  • Siapkan alat dan bahan
  • Mulai perawatan dengan luluran terlebi dahulu. Oleskan lulur yang sudah berbentuk pasta ke seluruh tubuh. Diamkan beberapa menit (sekitar 10–15 menit). Setelah lulur setengah kering, lakukan pemijatan ke seluruh area tubuh. Bisa menggunakan tangan atau handuk lembut.
  • Gerakan saat menggosok adalah memutar. Bukan ke atas–bawah atau ke samping.
  • Saat semua daki dikulit terangkat, bilas tubuh dengan air sampah bersih.
  • Selanjutnya beralih ke perawatan tubuh dengan spa. Siapkan air di buth up untuk berendam.
  • Tambahkan garam mandi dan minyak aromaterapi. Lengkapi dengan taburan kelopak bunga mawar.
  • Rendam tubuhmu selama beberapa menit.
  • Untuk merasakan sensasi berendam di salon. Nyalakan lilin aromaterapi dan musik dengan melodi pelan untuk menenangkan pikiran.
  • Selesai berendam. Basuh tubuh dengan air bersih. Keringkan, lalu oleskan essential oil ke seluruh tubuh. Pijat lembut bagian-bagian tubuh yang terjangkau oleh tangan. Atau bisa meminta bantuan saudara atau teman jika ingin memijat seluruh bagian tubuh.

 

  1. Cara Melakukan Spa Kaki

Bagaimana jika tak memiliki bath up di rumah? Ada rekomendasi yang lebi mudah untukmu. Lakukan spa khusus untuk area kaki saja. Caranya, sama persis dengan spa pada seluruh tubuh.

Rendam kaki dalam baskom berisi air. Tentunya sudah tercampur dengan garam mandi, minyak aromaterapi, dan taburan kelopak mawar.

Setelah 10–15 menit, angkat kaki dan basuh dengan air bersih. Keringkan dengan handuk dan oleskan essential oil. Lakukan pemijatan lembut di seluruh area kaki.

Kesimpulan

spa di rumah atau di salon, keduanya memiliki plus minus tersendiri, enaknya sih tentunya di salon
spa di rumah atau di salon? kamu pilih yang mana ?

Lulur dan spa tak hanya bermanfaat untuk mempercantik tubuh saja. Tapi juga menyehatkan. Ada proses relaksasi dan detoksifikasi. Sehingga tubuh dan pikiran bisa terasa lebih rileks dan nyaman.

Karenanya, lakukanlah perawatan tubuh dengan lulur dan spa minimal sebulan sekali. Agar kulit tetap sehat, lembut, lembab, cerah, dan bersih sepanjang hari. Kamu masih bisa kok melakukan perawatan tubuh di salon, asalkan teliti memilih salon kecantikan khusus wanita di Bandung yang taat dan ketat dalam prokes.

Salah satu salon kecantikan yang saya kenal menerapkan itu adalah Nadhira Rumah Lulur. Membatasi kapasitas perawatan hanya 50% saja di setiap sessinya. Lalu memaksimalkan penggunaan hand sanitizer dan mencuci tangan, serta terapis dipastikan sehat dan negatif dari infeksi covid-19.

So, di masa PPKM ini milih spa di salon apa di rumah nih ?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *