{:id}

Ga terasa udah masuk musim hujan lagi ya. Di Bandung hujan sesekali datang menyapa, atau langit mendung tiba-tiba menghadang jalan. Emang hujan dan kemarau itu ada musimnya, yang ga ada musimnya apa coba ? Iyes, piknik !

Secara spesifik bicara tentang kegiatan piknik berendam air panas, lebih tepatnya hangat sih ya kalau panas pasti berasa di masak dengan bumbu mineral alami bumi. Belerang / Sulfur.
Coba saja mampir ke tempat pemandian air panas, niscaya jarang sekali sepi di musim kemarau sekalipun. Karena apa ? Karena berendam atau mandi air panas selalu menjadi pilihan melepas lelah, menghabiskan akhir pekan yang penat akibat rutinitas.

Biasanya, pemandian air panas ini berada di lokasi yang juga tempat wisata. Pemandangan yang indah memungkinkan kita untuk bisa menikmati alam seutuhnya. Ya pemandangannya, ya suasananya, udara nya dan tentu saja sumber mata air panas alami nya.

ciater bandung, lembang bandung, pemandian air hangat di bandung
Pagi-pagi menuju tempat pemandian air hangat di Subang

Kenapa berendam air panas? Tentu ada manfaat tersendiri dong. Berikut manfaat berendam air panas untuk kesehatan dan kecantikan :

  1. Mengurangi stress dan menghilangkan sindrom kelelahan kronis. Secara mudahnya ketika kita piknik dan punya waktu untuk me time tersendiri pasti stress akan hilang, badan yang lelah akan menjadi relaks.
  2. Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Pada beberapa keadaan saat sakit badan akan berkurang dengan berendam air hangat, kalau yang sakitnya hati bisa ga ya ? Hihihi cobain aja :p
  3. Mengatasi insomnia, berendam air panas juga bisa banget memperbaiki kualitas tidur.
  4. Mengurangi flu dan sakit kepala, bahkan merendam kaki di air panas saja bisa mengurangi bahkan menyembuhkan sakit kepala loh. Hati-hati bukan kepalanya yang di rendam yah hihi
  5. Mengobati infeksi, belerang yang ada di pemandian air panas mengandung antiseptik yang efektif mengobati dan mencegah infeksi loh.
  6. Mengeluarkan racun
  7. Obat Eksem kulit
  8. Untuk kecantikan berendam ini bisa juga mengobati jerawat, membuka pori, mengangkat kotoran berlebih, menyingkirkan kulit kering, menghilangkan minyak kulit yang berlebih.

Tuh manfaatnya udah segitu banyak ya, saat akhir pekan nanti yuk ajak teman dan keluarga untuk berendam bersama. Untuk keamanan setidaknya ada beberapa hal yang harus juga diperhatikan sebelum berendam ini :

  • Bagi penderita obesitas, riwayat jantung, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, masalah sistem peredaran darah, diabetes dan ibu hamil perlu konsultasi terlebih dahulu.

( Baca juga tentang kolam renang air hangat di Bandung )

Banyak ya manfaat berendam di air panas alami ini, selain membuat sehat dan cantik juga baik untuk kesehatan batin biar ga kurang piknik, bahagia dan semangat.
Ga dipungkiri kan kalau memiliki me time adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan kepada diri sendiri, sebagai tanda hidup ini sangat pantas untuk di nikmati.

Well, kapan mau berendam ?
Pikniknya dapet, sehatnya dapet, cantiknya dapet.

Relax.. Refresh.. Revive

Salam

Keponih.com

{:}{:en}

It’s been quite a while since the last rain season, In Bandung, sometimes rain falls, or the sky suddenly come overcast. Here, we have two season, dry and wet season. But there’s one thing we can do and love to do on both the season, yup, picnicking!

Talking about picnic, especially bathing in hot spring, or to be precise, warm spring. If the water too hot, it will be like being cooked with natural mineral from earth like sulfur, which is preety much unpleasant. If we come to hot spring at any season, it is most likely to be crowded, because hot spring is one of the right choice to release stress, reduce fatigue, and spend the weekend away from daily routine.

Usually, hot spring located in a location that is also a tourism attraction spot. With the great view, we can enjoy the beauty of the nature. The view, the atmosphere of the nature, the fresh air provided, and the most important, the hot spring itself.

ciater bandung, lembang bandung, pemandian air hangat di bandung
Tea Field near the Subang Hot Spring

Why hot spring? Hot spring have so many advantages, here’s some:

  1. Reduce stress and relieve chronic fatigue syndrom. In short, when we do picnic and have “me time”, our body will be relaxed and stress reduced.
  2. Reduce paint and swelling. In some circumstanses, some pain can be dealt with warm water bath.
  3. Improve quality of sleep while reducing insomnia
  4. Reducing colds and headace. Even soaking feet in hot water can reduce or even eliminates headace
  5. Treating infections. The sulfur content in hot water bath contains antiseptic which effectively treat and prevent infection
  6. As a detoxification methode
  7. Cure for skin Eczema
  8. For the beauty reasons, hot water bath can treat acne, open pores, remove excess impurities, hydrate dry skin and remove excessive skin oil.

As for that much benevits, to take your family and friends for a vacation on hot spring is a great idea. But, for your own safety, there’s some thing to keep in mind before having hot bath:

  1. For those who have obesity, history of heart desease, high or low blood pressure, circulatory system problem, diabetes, and pregnant woman should treated more carefully and consult medical experts beforehand
  2. Set safe duration of the hot water bath, staying too long in hot water may cause some negative effects to the body.

( Also read about Warm Swimming Pool in Bandung)

Having “Me Time” is the best reward you can give as a form of respect to yourself, As a sign of life worth to enjoy.

Relax.. Refresh.. Revive

Regards,

Keponih.com

{:}

9
Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
RaisaHakim
Guest

Butuh banget refresh nih, jadi pengen berendam air hangat… Hihi

Rencananya sih akhir bulan ini mau main kayak nya ke daerah subang atau ciwidey cocok nih. Thanks ya infonya

lendy
Guest

Untuk umum yaa teh?
Banyak yang berendam gak yaa…pas hari libur?

Pingiiin berendam jugaa…

Lily Kanaya
Guest

Ternyata manfaat berendam air panas banyak banget ya, saya sudah mencoba untuk menyembuhkan eksim dan berhasil :)

April Hamsa
Guest

Kalau pas badan capek berendam air panas bisa sangat membantu
TFS Mbak :D

vety fakhrudin
Guest

Ah segernya bayangin berendam di air panas (hangat) alami, belum pernah nyoba