Wedang Jahe, Minuman Tradisional Kaya Manfaat

Keponih.com – Cuaca akhir – akhir ini ga menentu banget ya. Kadang pagi mendung eh tiba – tiba siang atau sore nya hujan angin atau sebaliknya. Tak jarang pula seharian mendung menggantung atau bahkan panasnya minta ampun. Kalau musim ga menentu gini, pasti jadi banyak berita sakit bertebaran mulai dari batuk, pilek, radang hingga diare sekalipun. Tak ada yang bisa kita lakukan selain lebih membentengi imun kita, jaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Salah satunya dengan ini, minum minuman tradisional kaya rempah : Wedang Jahe.

Wedang jahe merupakan hidangan minuman sari jahe tradisional khas dari jawa tengah dan jawa timur. Wedang jahe ini sering disebut juga teh jahe, padahal di dalamnya sih tidak mengandung teh ya. Hanya saja caranya memang mirip teh, diseduh.

Baca juga ini : Icip – Icip Mie Dingin di Marugame Udon

Icip – Icip Mie Udon Dingin, Zaru Udon di Marugame Udon

Sedikit cerita saat kemarin dilanda batuk dan flu berat, berbagai obat sudah saya coba dengan hati deg-degan pula walau obat yang dikonsumsi aman untuk ibu menyusui. Namun ternyata batuk dan flu tak kunjung reda, setelah seminggu didera sakit akhirnya beralih pada obat-obatan tradisional. Yap, mencoba mengkonsumsi wedang jahe dan membuat minuman jahe sendiri di rumah. Alhasil 2 hari kemudian saya sehat, bonusnya badan jadi lebih ringan dan bayi pun ikut sehat.

Nah selain bisa mengobati batuk, wedang jahe ini punya 7 manfaat lain lho. Apa aja ? Ini dia :

  • Menghangatkan badan, ini udah pasti ya karena dari aromanya aja udah berasa hangatnya.
  • Kebugaran tubuh, nah ini penting nih buat menjaga kebugaran tubuh. Konsumsi wedang jahe secara teratur bikin tubuh lebih bugar dan terasa lebih sehat.
  • Melancarkan sirkulasi darah, coba deh rutin konsumsi wedang jahe. Bakal terasa manfaatnya, salah satu yang paling terasa adalah jadi jarang sakit kepala atau kesemutan.
  • Mengontrol kulit berminyak, percaya atau tidak nih ya ternyata mengkonsumsi wedang jahe bagus buat kulit berminyak. Say good bye to your oily skin !
  • Melancarkan pencernaan, susah ke belakang ? Coba deh rutin konsumsi wedang jahe ini. Dijamin deh pencernaan bakal lebih sehat.
  • Mencegah kanker, udah jadi rahasia umum kalau rempah yang satu ini bisa mencegah kanker bahkan katanya mengobati kanker karena bisa membunuh sel kanker. Terutama kanker payudara.
  • Mempercepat proses pembakaran lemak, ini nih kabar baiknya. Minum wedang jahe selain bagus untuk pencernaan juga baik buat kamu yang lagi program diet. Karena dapat mempercepat proses pembakaran lemak, yang paling penting sih kamu bakal lebih bugar dan sehat sih ya. Kalau ternyata bisa langsing, itu bonus !

Kaya manfaat ya wedang jahe ini, karena kemarin kehabisan wedang jahe untuk tenggorokan, maka akhirnya membuat sendiri minuman jahe ini. Cukup mudah dan murah juga loh, here it is !

  • 4 gelas air
  • 50 gram jahe kupas, geprek
  • 1 batang sereh cuci, geprek
  • 1 lembar daun pandan cuci, ikat
  • 5 cm kayu manis
  • ( bisa ditambah gula jika mau. Saya sih lebih suka pake madu )

Cara membuat : Rebus air dengan semua bahan sampe mendidih dan air menyusut menjadi 3 gelas.

Resep ini dapet dari Raisa Hakim, temen blogger saya yang setia banget ngasih tau soal alternatif obat saat saya kemarin jatuh sakit. Thanks ya Shaa !

Nah kalian sendiri udah pernah coba wedang jahe belum? Atau bahkan punya resep bikin wedang jahe sendiri? Share juga dong biar nanti saya bisa coba juga di rumah.
In the end, jaga kesehatan ya. Sakit itu berat, biar Dilan aja #eh.

Leave a Reply

2 Comments on "Wedang Jahe, Minuman Tradisional Kaya Manfaat"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Raisa Hakim
Guest

Your welcome babe, sebenarnya ini seh resep yang sudah lumrah dibikin banyak orang hanya kebanyakan pengen yang praktis gak mau ribet tapi kalau ibu2 macam kita mah pasti pilih bikin ramuan sendiri yekan

Aman, sehat, nikmat, kaya manfaat dan lebih terjangkau pastinya

trackback

[…] Baca juga : Wedang Jahe, Minuman Tradisional Kaya Manfaat  […]