7 Destinasi Wisata Adventure Desa Wisata Kebumen Yang Harus Kamu Tau

Yang suka dengan petualangan menjelajah suatu tempat harus baca ini sampai selesai, juga yang suka memiliki jiwa menemukan surga yang tersembunyi. Bersama Pusat Studi Desa Indonesia ( PSDI ) saya berkesempatan menjelajah destinasi wisata desa di Kebumen.

Tentang Pusat Studi Desa Indonesia ( PSDI )
Adalah singkatan dari Pusat Studi Desa Indonesia, adalah sebuah organisasi yang concern memajukan desa sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan masyarakat desa. Lembaga ini juga bersifat non profit dan non pemerintah yang salah satu misinya adalah mengembangkan strategi inovatif dalam pengembangan potensi perekonomian pedesaan di Indonesia.
Seneng banget bisa ketemu dan kenal orang-orang dari PSDI 

psdi, desa wisata indonesia, wisata desa
Bersama PSDI

Salah satu yang sekarang dilakukan PSDI adalah menggelar acara di desa yang memiliki potensi wisata yang besar, sehingga dengan begitu perekonomian warga desa akan ikut juga merangkak naik dengan besarnya kunjungan ke lokasi desa wisata tersebut.

Dari Desa Untuk Indonesia, Camp And Explore Karang Duwur Kebumen, Jawa Tengah
Di adakan 27-28 Agustus 2016, adalah sebuah acara yang di gelar oleh PSDI bersama fotografer, para pehobi mancing, dan komunitas di Kebumen juga media online dalam rangka mengeksplore wisata yang terletak di Kebumen, acara ini terdiri dari camping, lomba foto dan lomba memancing.

psdi, desa wisata indonesia, wisata desa, pantai menganti, pantai jawa tengah
Pantai Menganti Kebumen

Bersama-sama kami semua mengeksplore keindahan Desa Karang Duwur di Kebumen, dan yang saya salutkan adalah peran serta masyarakat dalam membantu suksesnya acara ini.
Semua warga bahu membahu agar kami juga peserta mendapatkan kemudahan mencapai titik tujuan wisata yang jujur saja berjauhan satu sama lain. Dan kalaupun berdekatan, beberapa destinasi wisata memiliki jalur yang cukup berat di lalui, bahkan beberapa lokasi hanya bisa di jangkau dengan sepeda motor atau jalan kaki bersama. Di sini warga juga karang taruna sangat membantu para peserta dan media.

Di mulai dengan pembukaan bersama pak Bupati Kebumen Bapak Ir. Muhamad Yahya Fuad SE yang membuka acara di hari sabtu tanggal 27 Agustus 2016 membuat seluruh peserta bersemangat mengikuti acara, beliaupun mensupport sekali terciptanya acara ini. Ada juga ketua umum PSDI Bapak Edi Sabara yang memaparkan bagaimana sebuah desa bisa maju dengan sumbangsih satu sama lain dalam membangun desa.
Acara ini juga di sertai dengan penampilan tarian midat midut, menghibur kami semua.

psdi, desa wisata indonesia, wisata desa, pantai menganti, pantai jawa tengah
Pembukaan acara Camp and nature

Setelah itu, kami di persilahkan untuk mengeksplore berbagai wisata desa di Kebumen.

Oya, kami kemping di pinggir pantai Menganti. Di area bukit pantai dengan view pantai menganti yang indah, berjajarkan gazeebo yang dibuat mempercantik pemandangan di sini sekaligus tempat menikmati indahnya pantai Menganti, pantai yang berbatasan dengan samudera Hindia.

psdi, desa wisata indonesia, wisata desa, pantai menganti, pantai jawa tengah
Camp and Enjoy The Nature @ Karang Duwur

7 Destinasi Wisata Adventure di Desa Wisata Kebumen – Jawa Tengah
Sebenarnya masih banyak lokasi destinasi wisata di Kebumen, 2 hari di sini tak akan cukup untuk mengeksplore indah dan kayanya wisata Kebumen. Untuk transportasi, di sediakan anggun alias angkutan gunung yang siap mengantar kita kemana saja. Atau motor yang juga di posisikan untuk membantu wisatawan menjangkau lokasi, soal warganya jangan di tanya, mereka sangat sigap sekali dalam hal memberitahu jalan juga informasi mengenai lokasi wisata setempat.

  1. Hutan Mangrove Kebumen
    psdi, desa wisata indonesia, wisata desa, pantai menganti, pantai jawa tengah
    Hutan Mangrove, Kebumen

    Berada di kecamatan Ayah, Kebumen. Hutan Mangrove ini merupakan lokasi wisata edukasi yang di buat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman para pengunjung karena ekosistemnya sangat dibutuhkan sebagai penjaga garis pantai. Kita akan menemukan jalan yang terbuat dari kayu yang di bangun di atas sungai. Berjalan di atasnya dan melihat bagaimana indahnya hutan mangrove ini, di tengah – tengahnya terdapat gazeebo yang di sediakan untuk beristirahat sejenak maupun duduk santai.

  2. Pantai Karang Agung
    Pantai Menganti Kebumen, pantai karang agung, kebumen, wisata desa, pantai jawa tengah
    Pantai Karang Agung

    Kalian yang punya jiwa adventure dan suka jalan dengan medan cukup menantang, mesti coba mendatangi pantai yang satu ini, letaknya cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Dibutuhkan energi yang prima saat memutuskan turun untuk melihatnya, panjang track nya saya ga bisa mengira-ngira mungkin hanya 400 meter-an tapi karena naik turun jadi berasa jauh, yang jelas cukup berat untuk mereka yang jarang turun naik gunung. Di sini kita akan di hadapkan pada medan menelusuri hutan dengan kiri kanan semak dan pohon jati, jalan setapak, dan tanpa penerangan sama sekali, kalian yang mau ke sini datangnya pagi atau siang aja dan jangan lupa bawa bekel minum hihi.
    Pantainya sendiri cantik, ada batu karang besar berdiri tegar di tengah. Mungkin itu sebabnya di sebut karang agung, karang yang besar di tengah laut.

  3. Puncak Hud, Karang Bolong Kebumen 
    Pantai Menganti Kebumen, pantai karang agung, kebumen, wisata desa, pantai jawa tengah
    Puncak Hud

    Siapa yang ga meleleh melihat hamparan air laut dari ketinggian 500 meter dari permukaan laut pantai Karang Bolong, dari kejauhan batas pantai hampir agak kabur tertutup kabut karena pantai di bawah puncak hud sekali lagi berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Di hiasi oleh beberapa batu karang yang berlubang, puncak hud ini emang eksotis.
    Di atas terdapat pohon – pohon teduh, inilah tempat sempurna untuk galau (eh) maksudnya ini lah tempat yang sempurna untuk menikmati sunset dan sunrise atau sekedar bersantai menikmati suasana, cara termudah mengingat betapa besar kuasa Tuhan.
    Jalannya ga terlalu jauh kok, masih bisa santai. Tetep ya di harapkan membawa bekal makanan dan minuman sendiri, jangan lupa sampahnya di bawa turun ya jangan di tinggal.

  4. Pantai Watu Bale, Kebumen 
    Pantai Watu Bale, Kebumen, wisata desa, pantai kebumen, pantai indonesia, jawa tengah, pusat studi desa indonesia
    Pantai Watu Bale, Kebumen

    Masih berada di Kebumen, pantai yang satu ini ga kalah indah. Ada 3 tempat kece untuk berfoto salah satunya adalah tebing Titanic, yang terletak di atas pantainya, kembali kita harus naik ke atas tebing sehingga bisa mendapatkan spot foto yang sempurna.
    Pantai Watu Bale ini memiliki pasir yang hitam dan berkilauan di terpa cahaya matahari, di hiasi juga batu granit di sepanjang tepi pantainya. Ada juga beberapa ayunan menghadap pantai, suka banget sama pantai ini. Tenang tapi juga seru, ada beberapa warung yang bisa di singgahi untuk menikmati minuman segar di pinggir pantainya.

  5. Pantai Lampon, Kebumen
    Pantai Watu Bale, Kebumen, wisata desa, pantai kebumen, pantai indonesia, jawa tengah, pusat studi desa indonesia
    Pantai Lampon

    Favorit saya banget nih pantai Lampon ini. Karena trackingnya ga terlalu sulit hehehe selain itu ada beberapa spot yang bisa dijadikan lokasi foto yang viewnya indah banget.
    Ada persinggahan dengan bentuk helikopter sehingga kita bisa berfoto di atasnya, ada juga persinggahan dengan bawahnya terbuat dari kayu berbentuk love, posisi 2 sudut nya menggantung diatas permukaan laut. Berfoto di sini ngeri-ngeri sedap pastinya, lagi – lagi kita bisa menikmati view pantai di sini, dengan tepian karang.
    Nah kalau ke sini siang hari, kita bisa berjalan menyusuri samping pantai. Tracking lagi jalan setapak menuju Goa Wora – Wari, di jalan menuju ke sana kita akan menemukan selayang pandan, lagi-lagi jangan sampai melewatkan spot yang satu ini. Adventure nya dapet, foto kerennya dapet.

    Pantai Watu Bale, Kebumen, wisata desa, pantai kebumen, pantai indonesia, jawa tengah, pusat studi desa indonesia
    Goa Wora Wari Kebumen

    Lanjut tracking kita akan sampai di Goa Wora Wari, sebuah goa yang dulunya di gunakan sebagai tempat persembunyian di jaman penjajahan Belanda, ada jalan ke atas yang tembus ke parkiran pantai Lampon bagian depan. Cuma siap-siap aja kalau emang mau mencoba naik ke atas bibir gua, panjang track nya cuma 150 meter tapi manjat terus hehee.

  6. Pantai Pecaron, Kebumen

    Pantai Watu Bale, Kebumen, wisata desa, pantai kebumen, pantai indonesia, jawa tengah, pusat studi desa indonesia, pantai pecaron kebumen
    Pantai Pecaron Indonesia

    Hobi mancing ikan laut ? Mampir kesini yuk. Salah satu acara camp dari PSDI ini adalah lomba mancing. Mancingnya di pinggir pantai, di antara ombak yang berkejaran. Salah satu yang berhasil setidaknya membawa pulang ikan seberat 3 kg, yang lainnya ada yang mendapat lebih besar lagi. Jadi ngebayangin gimana kalau mancingnya di tengah laut ya, ikan yang bisa di dapat pasti semakin banyak, besar dan beragam.

  7. Sawangan Adventure, Kebumen
    Pantai Watu Bale, Kebumen, wisata desa, pantai kebumen, pantai indonesia, jawa tengah, pusat studi desa indonesia, pantai pecaron kebumen , air terjun sawangan
    Air terjun Sawangan, foto by : Bakhtiar

    Hari terakhir di tutup dengan kegiatan di Sawangan Adventure, adalah sebuah lokasi outbond yang tentu saja berbasis alam. Menyusuri jalan setapak yang cukup terjal selama kurang lebih 300 meter, kita kemudian akan menemukan air terjun yang indah banget.
    Di air terjun Sawangan ini, kita juga bisa menemukan pelangi jika beruntung, bias pelangi akan membentuk lingkaran yang indahnya ga bisa deh di ukur dengan kata-kata. Ada bagian kolam yang agak tinggi, sehingga kita bisa meloncat dari atas batu ke dalam air.
    Perhatikan langkah aja sih, batu-batu yang ada di sini beberapa ada yang licin jangan sampai terpeleset. Sekali lagi, jangan lupa bekel minum ya, perjalanan pulang pergi ini cukup berat hehe..

Mengeksplore Kebumen ini tentu takkan cukup hanya dengan 2 hari saja, karena nyatanya masih banyak lokasi yang sebetulnya belum tersinggahi. Pusat Studi Desa Indonesia ini tentu akan terus membantu masyarakat dalam mengembangkan ragam wisata/non wisata potensial di desa.

Ke tujuh destinasi wisata adventure ini tentu saja layak untuk di coba untuk mereka yang memiliki jiwa berpetualang, jalan jauh, hiking, menemukan surga tersembunyi atau mereka yang ingin kembali bersama alam. Ke tujuh destinasi wisata di Kebumen ini layak untuk di singgahi, semoga infrastruktur yang memadai akan segera di bangun untuk mendukung berkembangnya wisata di Kebumen.

Jaya terus pariwisata Indonesia,
Dari desa untuk Indonesia

” And then I realized, adventure are the best way to learn.”

keponih.com

6
Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Alang Ilalang
Guest
Alang Ilalang

Berhubung saya sudah pernah ke sana. Saya pun sepakat!! Cantik sangat pemandanganya.. Butuh tenaga ekstra dan jiwa petualang untuk bisa mencapai beberapa tempat wisatanya.. Semua lelah, pegal, lemas, capek terbayar dgn keindahannya.. Semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen segera merealisasikan pembangunan jalan yang lebih baik menuju lokasi wisatanya.

La Ode Muhammad Azwar Aziz
Guest
La Ode Muhammad Azwar Aziz

Menurut saya, wisata di Kebumen layak masuk dalam jajaran tempat wisata dunia.

Ancha Cr
Guest
Ancha Cr

Salam Kebumen Keren, nice to meet you next time..

nitalanaf
Guest

Pantai Karang Agung itu juara banget :D

ADI
Guest

terimakasih atas infonya, semakin banyak destinasi wisata yng bisa diexplore. untuk yang lagi nyari paket tour and travel bisa buka websitenya jotuindonesia.com

%d blogger menyukai ini: