Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Memilih printer ga sembarang printer, teknologi canggih dibalik tiap tetesnya

Dengan pengalaman bertahun-tahun (cieee, lebay) berkutik dengan printer, tidak hanya sebagai pengguna tetapi kadang sebagai tukang service pribadi (cuma benerin printer rusak di rumah atau di rumah orang tua, bukan nerima service printer loh ya), dan menggunakan berbagai printer mulai yang sangat kecil (printer khusus foto 4R yang kecil itu looh) sampai yang sangat besar (Plotter dengan lebar max 1,2 meter). Menjadikan pengalaman  menghandle berbagai jenis printer dengan berbagai teknologi yang berbeda sebagai sebuah pengalaman yang cukup mengasyikkan.

Sebelum lanjut, yuk jawab pertanyaan di kuis ini untuk tau kira-kira printer apa sih yang cocok buat kamu

[os-widget path=”/parmadibudiprasetyo/printer-jenis-apa-yang-cocok-buat-kamu” sharing=”false” comments=”false”]

Oke, secara garis besar, terdapat 3 jenis printer dibedakan berdasarkan jenis tinta yang digunakan. Ada yang tinta cair, tinta padat, dan tinta serbuk. Kita lebih mengenal 3 jenis ini dengan sebutan Inkjet printer, thermal/dyesub printer, Dot-Matrix Printer, dan Laser Printer


Yang pertama, Inkjet Printer.

Printer jenis ini menggunakan tinta cair, dan semua printer inkjet pasti bisa cetak berwarna. Printer inkjet ada biasanya menggunakan 4 tinta (CMYK – Cyan, Magenta, Yellow, Black) untuk menghasilkan perpaduan warna dan gradasi. Kalo dulu, printer inkjet ada 2 versi, yang head dan catridgenya (Tabung tintanya) nyatu (artinya tiap tinta kamu abis, kamu ganti catridge tinta berarti ganti head juga) sama yang headnya di printer, catridgenya aja yang diganti. eh bentar, head? kepala? kepala printer tuh apa?

Printhead. Teknologi dibalik printer.

1442201519963Printhead adalah jantung dari sebuah printer.
1442201520189Disini, tinta yang tadinya terkumpul di satu wadah, disemprotkan ke kertas dengan presisi sehingga menghasilkan gambar atau tulisan. Teknologi printhead ada 2, menggunakan prinsip elemen pemanas dan menggunakan efek piezoelektrik atau memanfaatkan getaran.

Pada printer yang bagus, seperti printer-printer yang dikeluarkan oleh Brother, menggunakan teknologi micropiezo untuk menghasilkan tetesan tinta yang sangat akurat, sekaligus menjaga keawetan head itu sendiri. Teknologi ini memiliki banyak keuntungan dibandingkan thermal printhead.

Micro_Piezo_Animation
Inilah bagaimana teknologi MicroPiezo menghasilkan tetesan yang sangat akurat. Sumber: Wikimedia Commons dengan lisensi CC3.0
Perbandingan teknologi micro-piezo (kiri) dengan thermal head (kanan) dimana micro-piezo menggunakan getaran untuk mendorong tinta, dan thermal menggunakan panas untuk mendidihkan tinta dan menciptakan tekanan yang mendorong tinta keluar. Sumber: Wikimedia Commons dengan lisensi CC3.0
Perbandingan teknologi micro-piezo (kiri) dengan thermal head (kanan) dimana micro-piezo menggunakan getaran untuk mendorong tinta, dan thermal menggunakan panas untuk mendidihkan tinta dan menciptakan tekanan yang mendorong tinta keluar. Sumber: Wikimedia Commons dengan lisensi CC3.0

Selain itu, teknik ini memiliki beberapa keunggulan nyata diantaranya:

  1. Dengan getaran elemen piezoelektrik yang dapat dikontrol secara presisi menghasilkan tetesan dengan ukuran yang presisi, sehingga menghasilkan cetakan yang lebih tajam dan gradasi yang lebih halus
  2. Print head dengan teknologi ini juga memiliki temperatur operasional yang jauh lebih rendah dibandingkan thermal head, sehingga membuka kemungkinan lebih besar untuk jenis tinta yang berbeda seperti tinta pigment atau tinta sublimasi
  3. Karena temperature operasional yang jauh lebih rendah itu pula menyebabkan head jenis ini menjadi sangat awet. Oleh karena itu pada printer yang menggunakan teknologi ini biasanya catridge dan head terpisah, membuktikan keawetan dari head printernya.

Tapi kan printer berisiiik, nanti si baby lagi boboo bangun donk tiap kita ngeprint? Udah ga jaman loh printer berisik. Karena dengan teknologi tabung kapiler yang terdapat pada printer brother, memisahkan antara head dengan catridge, membuat elemen bergerak pada printer yaitu head printer menjadi ringan tanpa ada wadah berisi tinta yang besar dan berat ikut bergerak diatasnya, menghasilkan getaran yang halus dan sunyi senyap. Dengan memindahkan catrige tidak berada di atas print head, brother berhasil memuat printer-printer dengan ukuran yang lebih kompak dan ringkas, selain itu, brother juga berhasil mengembangkan teknologi isi ulang tinta printer dengan cara yang murah dan mudah.

Sistem Refill Tank ala Brother. Sistem refill terbaik yang bisa kamu temukan!

3step

Udah ga jaman lagi printer habis keluar uang banyak untuk ganti head dan catridge, dan buat kamu yang ngirit, udah ga jaman lagi ngisi ulang printer pake suntik-suntik belepotan yang belom tentu berhasil.. udah belepotan, kotor kemana-mana, lama, eeh udah gitu hasil printnya garis-garis atau bahkan ga keluar sama sekali, zonk banget ya! Di printer brother dengan sistem Refill Tank, kamu cuma perlu 3 langkah mudah! Buka tutupnya, tuang tintanya, tutup lagi deh. beressss… ga pake tumpah-tumpah, ga pake lama, ga pake repot. keren kaaaaan Dengan estimasi biaya per print hanya 15 rupiah saja (iya, lima belas rupiah, bukan salah ketik ya), kehadiran printer brother seri T ini akan banyak menghemat uang kamu juga. Dibandingkan dengan sistem infus modifan yang sekarang banyak di pasaran, walaupun harganya sedikit lebih murah, ternyata lebih banyak repotnya dan jauh lebih cepat rusak, macet atau mampet loh. paling oke memang sistem refill tank ala brother!

 

Keduaaaa, Laser Printer.

Tidak seperti Inkjet printer yang menggunakan tinta cair. Laser printer menggunakan tinta padat berupa tinta berbentuk serbuk untuk menjalankan proses printing.

Kurang lebih tinta padatnya seperti ini bentuknya:

 

Printer laser mampu menghasilkan cetakan dengan kecepatan yang luar biasa, hingga 32 halaman setiap menitnya. Hal ini bisa tercapai karena printer laser tidak menggunakan head yang bergerak bolak balik menyemprotkan tinta ke kertas, tetapi dengan menggunakan permukaan silinder yang diberi arus listrik, lalu ditembak sinar laser untuk menghasilkan gambar.

 

 

Kebanyakan printer laser diciptakan hanya bisa cetak hitam-putih (monokrom) saja, karena kebanyakan printer model ini digunakan untuk mencetak surat-surat dan dokumen berupa teks, akan tetapi kini sudah ada printer laser berwarna dengan harga yang cocok sekali untuk digunakan di kantor atau di rumah kamu, yaitu Brother MFC-L8850CDW. Printer keren yang bisa print berwarna dengan kecepatan hingga 32 halaman per minit ini sangat canggih, karena dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur unggulan seperti cetak bolak balik otomatis, fitur nirkabel (wireless) untuk print langsung dari laptop dan handphone kamu tanpa perlu pusing cabut pasang kabel. Dengan kapasitas tempat penyimpanan kertas yang sangat lega, 300 lembar kertas bisa disimpan, bikin kamu ga usah bolak balik masukkin kertas ke printer ini loh. Selain teknologi printingnya, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan scanner canggih yang bisa scan dokumen kamu bolak balik sekali jalan, woow banget. Oh ya, hasil scan kamu juga bisa langsung di upload loh ke dropbox, email, dan sebagainya, jadi semakin mudah dan nyaman deh. Udah gitu, dilengkapi dengan layar LCD touchscreen yang memudahkan operasional, printer kece ini bisa langsung print dari usb flashdisk kamu, ga perlu pake kemputer lagi.. cocok banget nih buat yang buru-buru harus ngeprint tapi ga mau lama-lama nungguin komputer nyala. Praktis banget kan! Selain itu, buat kantor kamu yang masih sering kirim terima fax, printer canggih ini juga bisa loh! tinggal colokkin tuk kabel telfon ke printer ini, siap deh kirim terima fax dari seluruh dunia!

Eh sebentar, biasanya kan printer laser begitu dinyalain nunggu pemanasannya lama banget? Engga lagi! Karena dengan Printer Brother MFC-L8850CDW ini kamu cuma perlu menunggu 15 detik sebelum printer canggih ini siap dignakan loh! (Sumber: http://www.brother-usa.com/MFC/ModelDetail/4/MFCL8850CDW/spec#.VvSZTOKLRph )

Ketigaaa, Dot Matrix Printer

dotmatKamu pasti pernah denger ada printer yang bikin suara cetar membahana kalo lagi ngeprint.. Treeeeeet..
cekrek cekrek cekrek… treet reeeet treeet… ah, sudahlah.. berisik, hahaha… Dot matrix printer, atau dikenal juga dengan impact printer, menggunakan prinsip seperti mesin ketik manual, dimana sebuah pita yang dilapisi zat warna (biasanya hitam, tapi ada juga kok warna lain), dipukul oleh pin ke kertas. Proses ini meninggalkan bekas titik-titik kecil pada kertas yang pada akhirnya akan membentuk tulisan atau gambar. Kalo pernah coba menggambar dengan teknik pointilisme, yaa kurang lebih seperti ini :D Printer ini bisa ngeprint dengan sangaaat cepaaat sekali (nyindir ceritanya), sekitar 1 halaman per menit kali ya?

Tapi kini Printer dot matrix yang dulu biasa digunakan di kantor-kantor mulai ditinggalkan dan digantikan dengan printer laser yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dot matrix. Kembali ke printer laser, kembali ke Brother MFC-L8850CDW

Dan terakhir, Thermal Printer!.

Tidak seperti thermal head yang ada di inkjet printer yang masih menggunakan tinta cair, thermal printer tidak menggunakan tinta cair sama sekali, bahkan beberapa jenisnya sudah memiliki material tinta khusus yang sudah terdapat di dalam kertas khusus yang digunakan. Printer thermal banyak digunakan untuk membuat label dan struk dan ada juga printer thermal yang bisa mencetak foto. Salah satu contoh hasil printer thermal yang pasti pernah kamu temui itu adalah struk yang keluar dari mesin ATM atau dari printer kasir, iya yang kertasnya agak licin itu loh.. Proses print thermal menggunakan elemen pemanas berukuran kecil sekali yang memanaskan area tertentu pada media cetak, biasanya kertas berbentuk roll.

Lihat nih produk printer label kece dari Brother, keren banget!

 

dan kamu perlu tau juga, apa yang bakal terjadi kalo kamu tidak melakukan labeling dengan benar

hahaha, lucu banget kan ya videonya? Naah mulai sekarang yuk gunakan produk-produk printer Brother untuk segala kebutuhan rumah dan kantor kamu!