Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Launching Realme Buds Air & Smartphone Realme 5i

Realme mengeluarkan 2 produk terbarunya, yaitu True Wireless Stereo Earbud dengan nama Realme Buds Air yang memberi pengalaman mendengarkan musik tanpa kabel dengan beragam fitur canggih dan Smartphone Realme 5i yang memiliki 4 (empat) kamera, dan baterai berkapasitas sangat besar, hingga 5000mAh.

Realme Buds Air

Sebagai produk AIoT realme yang menghadirkan konsep True WIreless, Real Seamless dan memiliki kinerja batre hingga 17 Jam dengan kontrol touch cerdas yang mudah digunakan. Realme Buds Air memiliki desain yang ergonomis dan nyaman, dengan berbagai teknologi canggih dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan premium TWS dengan fitur di kelasnya.

“realme bukan hanya merek smartphone, melainkan juga perusahaan teknologi dan gaya hidup. Hari ini kami secara resmi melangkah ke industri AIoT dan menghadirkan kehidupan yang lebih cerdas dan menyenangkan untuk anak muda di Bandung dengan produk-produk berkualitas tinggi untuk penggunaan pribadi, keluarga, dan perjalanan. realme Buds Air menawarkan pengalaman nirkabel dan memastikan kebebasan musik yang sesungguhnya. Perangkat ini juga memberikan kinerja baterai yang lebih baik, dan kontrol cerdas yang dapat diakses. realme Buds Air memiliki desain saluran telinga yang sangat pas yang secara alami terintegrasi dengan telinga penggunanya. Kami percaya produk ini akan mengubah cara anak muda Kota Bandung berinteraksi dengan perangkat pintar dan mendengarkan musik,” Krisva Angnieszca – Public Relations Manager realme Indonesia.

Delay & Latency

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh wireless audio devices adalah adanya delay yang seringkali menyebabkan mismatch atau tidak singkronnya antara gambar yang ditampilkan di layar dengan suara yang keluar dari perangkat audio. Masalah ini dapat terjadi akibat banyak hal, mulai dari lambatnya proses encoding audio, adanya sirkuit transmisi yang membutuhkan waktu proses, hingga perangkat audio tersebut yang memiliki spesifikasi yang kurang baik. Delay & Latency ini sangat diminimalisir oleh Realme Buds Air dengan penggunaan teknologi Bluetooth versi 5.0 pada chip R1 yang memiliki mode real-time dual channel transmission.


Realme Buds Air bahkan dapat mengoperasikan masing-masing earbuds secara independen, dan terdapat juga “Gaming Mode” yang dapat digunakan untuk mengurangi latency hingga lebih dari 50% dibandingkan earbuds sejenis. Hal ini dimaksudkan agar terjadinya singkronisasi sempurna antara visual dan audio, khususnya bagi penikmat game dan film.

Audio Quality

Realme Buds Air menggunakan driver 12mm yang dapat menghasilkan suara dengan tingkat kedalaman dan kejernihan yang baik. Pada saat kami mencoba melakukan pengujian menggunakan lagu yang berasal dari file uncompressed berformat FLAC, didapat bahwa Realme Buds Air mampu menghasilkan nada tinggi yang jernih, dengan bass yang natural. Sedikit pengaturan pada EQ masih dapat dilakukan untuk melakukan fine tuning sesuai selera, tetapi secara keseluruhan earbuds ini mampu memberikan pengalaman mendengarkan audio dan musik yang baik.

Earbuds ini juga sudah memiliki teknologi Noise Cancelling yang memanfaatkan 2 buah microphone yang terpasang untuk membantu meredam suara-suara lingkungan yang mengganggu kenikmatan mendengarkan musik. Selain itu, melalui teknologi ini mampu meredam suara bising pada latar belakang yang membuat panggilan suara menjadi terdengar lebih jernih, bahkan pada lingkungan yang berisik sekalipun.

Ergonomis & Style

Realme Buds Air tersedia dalam 3 warna, yaitu Putih, Kuning dan Hitam. Dengan berat hanya sekitar 4,2 gram tiap earbudsnya, produk ini terasa sangat ringan digunakan di telinga. Pengecasan airbuds sendiri dilakukan dengan case pintar yang disediakan dengan total penggunaan hingga 17 jam dengan masing-masing buds menawarkan masa pake baterasi hingga 3 jam. Case ini dilengkapi pula dengan input USB Type-C serta memiliki kapabilitas untuk dilakukan pengisian secara nirkabel menggunakan wireless chaging.

Memiliki sensor penggunaan, earbuds ini mampu mendeteksi ketika sedang digunakan di telinga. Selain itu, mendukung Google Fast Pair, sehingga begitu pentutup case dibuka akan secaa otomatis mengenali dan melakukan hubungan dengan smartphone.

Realme 5i – Quad Camera & Large 5000mAh Battery

Memiliki 4 buah kamera, baterai sangat besar hingga 5000 mAh dan ditenagai prosessor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang dilengkapi dengan GPU Adreno 610, Smartphone terbaru dari Realme ini menghadirkan layar besar 6,5 inch untuk memberikan pengalaman smartphone yang baik dengan rasio screen-to-body hingga 89% melalui mini-drop yang lebih kecil 30% dari pendahulunya, realme 3.

Melalui strategi “Leap to Quad Camera”, Realme 5i menhadirkan 4 buah kamera pada satu perangkat smartphone yang biasa dijumpai pada smartphone flagship yang kini bisa dinikmati pada smartphone dengan harga yang sangat terjangkau ini. Kamera utamanya, misalnya. Memiliki resolusi native 12 Megapixel dengan aperture besar f/1.8 yang mampu memberikan hasil yang jernih dan juga mengadopsi sistem fokus PDAF sehingga membuat focusing lebih cepat dan tepat. Selain itu, terdapat kamera dengan lensa ultra-wide yang memiliki resolusi 8Mp, aperture f/2.25 dan bidang gambar 119 °  yang mampu menghasilkan area pandang hingga 4x lebih luas daripada biasa. Ultrawide ini sangat cocok bagi kamu yang senang memotret pemandangan, kota, dan sangat bermanfaat untuk digunakan saat foto group yang perlu area pandang yang luas.

Bagi pecinta Makro Photography, Realme 5i ini juga dilengkapi dengan lensa makro dengan aperture f/2.4 dan jarak fokus 4 cm sehingga mampu menangkap detail-detail dari objek dengan baik. Kamera pada Realme 5i ini juga dilengkapi dengan beragam teknologi canggih seperti Super Nightscape 2.0 yang membantu dalam melakukan pemotretan di kondisi kurang cahaya, lalu ada Chroma Boost yang membantu meningkatkan warna pada gambar, serta bagi pecinta video slow motion, terdapat fasilitas untuk merekam video hingga 240fps pada resolusi 720p, dan 30fps pada resolusi 4K yang sudah dilengkapi dengan Electric Image Stabilization untuk mengurangi getaran pada hasil video.

Realme 5i tersedia dengan 3 pilihan memory, yaitu 3+32GB, 4+64GB, dan 4+128GB (tersedia di bulan Februari) dengan harga mulai Rp 1.699.000.