Jangan anggap remeh sebuah film, karena apa yang kita lihat dan dengar seringkali menjadi sugesti pada diri kita. Dewasa ini, memang semakin sulit menemukan tayangan yang pantas disantap untuk mata dan jiwa, maka jangan pandang sebelah mata film-film kartun. Karena tak jarang, film kartun atau animasi lebih baik dari tayangan TV masa kini. Maka membawa turut keluarga menonton film dibioskop tentu menjadi pilihan.

Sebuah film animasi Kungfu Panda, salah satu film animasi komedi yang sarat makna yang juga menyedot perhatian dan ditunggu-tunggu para fans nya, setelah sukses pada Kungfu Panda 1 dan 2. Maka saat diumumkan tayang, jangan heran bioskop kesayangan selalu disesaki orang berbagai usia, iyap tayangan ini bisa dinikmati semua umur.

Semua pemain dalam film ini memiliki karakter masing-masing, selama pertunjukan film kita pasti dibuat senyum-senyum hingga ketawa ngakak, kadang juga dibuat terperangah dan sesekali ingin merenung. Sebagian besar diucapkan oleh master Oogway, seorang master alias guru besar ( saya bingung sih, seekor apa seorang ya ) qiqiqiiqi.

Soal kata-kata bijak oogway, kita bisa belajar dan merenung. Tentu agar bisa mengerti kedalaman maksud yang disampaikan.

  • You Have to believe, Just believe”. Pasti pernah denger ini kan, tentu saja kita harus meyakini diri kita dan kemampuan kita karena hal apapun sangat mungkin terjadi. Serahkan pada alam ( Tuhan ) dan percayalah.
  • ” Yesterday is history, tommorrow is a mystery “. But today is a gift, that is why its called a present “. Kata – kata ini bisa dibilang paling familiar banget ya, makna nya sudah jelas. Jadikan semua pelajaran agar lebih baik lagi, tidak usah terlalu mencemaskan hari esok. Melakukan yang terbaik saat ini ( hari ini ) lebih penting, karena setiap hari itu adalah hadiah, setiap hari itu istimewa.
  • ” There Are No Accident “. Yes, saya paling suka nih kalimat yang ini, karena segala sesuatu terjadi pasti karena atau untuk suatu hal, semua sudah diatur. Tidak ada kebetulan didunia ini, it’s mean semua bisa diusahakan dengan kerja keras dan tentu saja percaya.
  • “Your mind is like water my friend, when its agitated it becomes difficult to see. But if you allow it to settle. The answer become clear”. Kita tidak akan menemukan jawaban apapun ( yang baik ) saat hati dan pikiran tengah gelisah, yang harus selalu kita lakukan adalah menjadi tenang, agar pikiran menemukan jalannya sendiri dalam menemukan jalan yang terbaik. Intinya, jangan biarkan kegelisahan menghalangi pikiran kita menemukan jalan keluarnya. Bahasa gaulnya sih, santai aja mba sist :p
  • ” One often meet his destiny on the road he takes to avoid it “. Kembali kata-kata master oogway ini kita dengarkan, tentang bagaimana kita seringkali berusaha menghindari takdir kita sendiri. Yang harus kita lakukan adalah, hadapi dan percaya.
  •  ” The more you take, the less you have “. Ini kayanya yang paling supercool nya deh bagi saya, bagaimana keserakahan itu malah membuat seseorang merasa kurang dan akan terus berusaha mengambil milik orang lain, entah bagaimana caranya. Really, its teach us how to be thankful

Nontonnya sih udah beberapa waktu yang lalu, tapi entahlah. Ini berbekas banget dipikiran, ya bikin berpikir lebih wise aja gitu dan saat nonton kungfu panda 3 masih ga ngerti kok orang bisa ya kepikiran bikin film yang lucu, ada fight nya, kental tentang keluarganya, udah gitu padat makna, terutama dari master oogway. Sebetulnya masih banyak sih kata-kata bijak yang terdapat dalam film ini, misalnya dari master shifu. But I’m totally in love with master oogway, kalau menjelma jadi orang saya kira-kira master oogway ini adalah seorang kakek-kakek yang memiliki tatapan lembut, senang berkelakar dan penyayang.

See, banyak sekali film yang bisa menjadi inspirasi, atau mungkin bahan renungan dan pembelajaran, dari film Kungfu Panda pada tokoh master oogway, saya belajar banyak hal.

Salam bijak dan bajik ala master,

keponih.com

2
Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Usup Supriyadi
Guest

Manis banget kata-kata dari Oogway, bikin semangat menapaki kehidupan ini ya…

Irawati Hamid
Guest

kungfu panda adalah salah satu film yang disukai suami saya :)