Nasi Jamblang Khas Cirebon di Bandung

Menikmati makanan tradisional adalah kesenangan tersendiri, unik dan menarik karena dibalik makanannya tentu banyak cerita didalamnya. Kini semua sudah serba mudah, karena untuk menikmati makanan khas suatu daerah kita tak usah lagi datang jauh-jauh ketempatnya, seperti yang satu ini. Nasi Jamblang yang merupakan makanan khas kota cirebon, sudah pernah coba ?

Nasi Jamblang khas Cirebon
Warung Nasi Jamblang di Bandung – Grand Pasundan Hotel Bandung

Nasi Jamblang Khas Cirebon
Nasi Jamblang atau sega Jamblang merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon, namanya ini diambil dari nama daerah di kota Cirebon yang menjadi tempat tinggal dan tempat asal penggagas nasi Jamblang ini.
Kebetulan sekali, saya berkesempatan bertemu dengan Ibu Rus, yang merupakan generasi ketiga alias cucu yang menggagas nasi Jamblang ini.
Khas nya nasi Jamblang ini adalah nasi nya dibungkus oleh daun jati. Jika tanah sunda memiliki nasi timbel yang dibungkus daun pisang, maka kota cirebon adalah nasi Jamblang dengan bungkus daun jati.
Penyajian nasi Jamblang ini modelnya prasmanan, jadi kita tinggal ambil menu apa saja yang ingin dimakan.
Kalau prasmanan menu nya banyak ya, tapi aslinya menu nya ini terdiri dari : Sambal goreng, tahu sayur, semur hari, daging bumbu laos, sate kentang, tempe goreng kering dan telur dadar, paru-paru. Lengkap !

Nasi Jamblang khas Cirebon , kuliner indonesia
Nasi Jamblang khas Cirebon
Nasi Jamblang khas Cirebon , kuliner indonesia
Sate kentang, dan ini enak !
Nasi Jamblang khas Cirebon , kuliner indonesia
Nasi Jamblang khas Cirebon , kuliner indonesia

Kita sih ga usah jauh-jauh ke Cirebon untuk menikmati enaknya nasi Jamblang, cukup datang ke Grand Pasundan Hotel Bandung, di Jalan Peta no 147 – 149 Lingkar Selatan – Bandung
Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00

Ibu Rus ini juga bercerita tentang mbah Jas yang dulunya menggagas, memasak dan mempopulerkan nasi Jamblang yang diperuntukan untuk para pekerja buruh kasar di zaman belanda yang secara turun temurun diteruskan oleh anak dan cucu. Ibu Rus ini pula datang dari Cirebon untuk memasak nasi Jamblang, jadi rasanya asli Cirebon banget.
Bertemu dengan ibu Rus langsung, menikmati nasi Jamblang sambil bercerita.

Ini dia sessi cerita – cerita bersama ibu Rus yang datang langsung dari Cirebon :


Disisi kolam renang menikmati makanan khas kota Cirebon. Nasi Jamblang.
Ahh saya akan kesini lagi, ketagihan dengan daging bumbu laos, sate kentang dan semua yang disajikan di Warung Nasi Jamblang ini.

Untuk kamu yang juga penasaran mencicipi kuliner khas Cirebon, bisa datang langsung kesini.
Sambil mengajak anak dan keluarga berenang, sambil menikmati enaknya Nasi Jamblang khas Cirebon di Bandung.

 

Salam nomnomnom,

keponih.com

 

 

 

 

Leave a Reply

15 Comments on "Nasi Jamblang Khas Cirebon di Bandung"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ida Tahmidah
Guest

Waah bikin ngeces niih, saya suka masakan Cirebon :)

RaisaHakim
Guest

Cita rasa khas cirebon itu identiknya apa sih? Kalo padang kan terkenal pedas nya kl ini keliatannya manis2 ya atau netral aja? Kepo

leeviahan
Guest

daun jati di kampungku juga dijadiin pembungkus nasi, kalau buat wisala gitu bawa nasi, soalnya nasi jadi awet ga apek dan tetep wangi walau udah lama keluar dari pemanas nasi ^_^

adriana dian
Guest

Duh aduh aduh aduh malem-malem baca postingan ini jadi lapaaaarrrr. Ngiler liat fotonyaaa. Kece fotonya Maaaak *langsung googling tempat jual nasi jamblang di Jakarta*

hastira
Guest

ayuk mampir ke cirebon mbak, aku ajak kuliner jamblang

rita dewi
Guest

huumm yummyyy…. menggoda banget sih :D

diarysivika
Guest

duh sayang baru baca referensi kuliner nasi jamblang ini :( padahal saya baru dari Bandung

Bang ibrahim
Guest

Ntar saya ajak lokasi lain yg jajakan juga nasi jamblang ya