Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Virus Corona dan Teknologi

Keponih.com – Virus corona dan teknologi tak bisa dipisahkan, setiap hari kita disuguhkan dengan berita update perkembangan virus ini di berbagai belahan dunia. Teknologi di masa kini memang seperti pisau bermata dua, satu sisi membuat kita membuka mata betapa seriusnya perkara virus ini, di sisi lain bisa membuat depresi ikut memikirkan kapan ini berakhir.

Bijak menggunakan Teknologi di Masa Pandemik

Tak disangkal kehadiran teknologi ini sedikit banyak membantu kita kan dalam mengakses banyak hal, tak terkecuali untuk hiburan atau sarana membantu anak – anak belajar di rumah. Meski begitu tetap saja kita perlu bijak menggunakan teknologi di masa pandemik ini, kelamaan di rumah jangan sampai membuat kita semakin tenggelam dalam genggaman sendiri ya.

Bijak menggunakan teknologi di masa pandemik ini bagaimana sih ? Well, saya rangkumkan ya.


  • Batasi arus informasi yang masuk, percaya atau tidak kebanyakan baca berita bisa bikin stress sendiri. Pernah saya pun jadi over thinking bahkan demam, ternyata penyebabnya kebanyakan khawatir dan pemikiran terlalu dalam
  • Hanya membaca berita dari sumber yang valid, miris ya sekarang banyak berita yang dipelintir untuk kepentingan perorangan atau golongan. Makanya sebelum klik saya liat dulu sumbernya, kalau sekiranya ga valid mending skip meski judul click bait
  • Buka dari sosial media resmi, salah satu yang kemudian saya terapkan nih baca beritanya di sosial media. Selain disajikan menarik tidak terlalu serius, bisa melihat konten lain yang tak kalah menarik dan bisa saja menghibur
  • Batasi waktu berselancar di internet, waktu adalah sesuatu yang paling berharga yang tak bisa kembali. Ingat jaga kesehatan, kebanyakan buka smartphone atau laptop bisa menganggu kesehatan lho
  • Ikut kelas online, di masa pandemik ini ada hal baru yang saya sukai. Adalah ikut berbagai kelas online atau menonton live beberapa teman secara daring. Seneng sih karena jadinya nambah ilmu, lebih produktif dan bisa bercengkrama dari jarak jauh
  • Update informasi seputar kesehatan di website dan aplikasi terpercaya

Saya pribadi selalu menyempatkan membaca artikel kesehatan setiap hari demi memperkaya wawasan seputar kesehatan. Jangan lupa ya pastikan sumbernya terpercaya dan disampaikan oleh spesialisnya. Dan aplikasi Halodoc adalah aplikasi pilihan saya, canggihnya kini Halodoc juga menyediakan layanan untuk test Covid-19.

Halodoc dan Layanan Cek Covid-19

Alih-alih ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi atau melakukan test, maka ada baiknya lakukan konsultasi secara online. Selain hemat waktu, hal ini meminimalisir risiko terjangkit virus atau penyakit lainnya. Lewat aplikasi Halodoc, kita bisa cek virus corona secara online dengan menanyakan melalui fitur chat/video call dengan dokter tanpa harus keluar rumah.

Dan jika kita atau kerabat kita termasuk orang yang berisiko tinggi terkena Covid-19, maka sebaiknya coba mendaftar layanan rapid test yang disediakan Halodoc. Pemeriksaannya menggunakan sampel darah untuk diuji, apalagi untuk kamu yang mengalami gejala dan tengah berada pada tahap awal infeksi, mengetahui hasilnya akan lebih baik sehinga lebih cepat bisa ditangani.

Lalu gimana nih caranya melakukan rapid Test melalui Halodoc ?

A4 Step by Step Covid Test (1)

1. Pertama-tama, buka aplikasi Halodoc dan klik tombol “COVID-19 Test” kemudian kamu klik ini: Lokasi Rapid Test Drive.
2. Setelah itu, kamu pilih tempat dan waktu untuk melakukan rapid test
3. Siapkan berkas yang dibutuhkan karena kamu akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur) dan melakukan pemesanan.
4. Jika sudah mengunggahnya, kamu akan melanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.
5. Setelah berhasil, maka kamu akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan nantinya.

Hasil pemeriksaannya bisa dibilang cepat, karena sehari setelahnya kamu sudah bisa mendapat hasilnya lewat aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Dan dengan mengetahui hasilnya kamu jadi tau step apa yang harus dilakukan untuk melawan virus corona. Konsultasikan lagi kepada dokter di Halodoc untuk mendapatkan anjuran maupun langkah penanganan.

Oya, selain rapid test ada pula pemeriksaan PCR yang hasil pemeriksaannya lebih akurat.

See, betapa teknologi bisa sangat berguna di masa pandemik ini. So bijak-bijak ya menggunakan teknologi. Stay safe ya semuanya, semoga wabah virus corona ini segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti biasa kembali.

%d blogger menyukai ini: