9 Surga Tersembunyi untuk Traveling di Indonesia

Oktober 4, 2018 0 By Yasinta

Keponih.com – Ketika kita ditanya mau berlibur ke mana? Sebagian besar orang akan menjawab Bali sebagai destinasi wisata mereka. Tidak salah, karena Bali sendiri memang merupakan tempat wisata yang indah dan bahkan dijulusi sebagai Pulau Dewata atau pulaunya para dewa.

Keindahan Bali memang tidak ada habisnya. Mulai dari pantai pasir putihnya yang panjang, kebudayaannya yang kental, sampai dengan daerah perbukitannya yang elok. Menjadikan Bali sebagai tempat traveling yang banyak digemari orang.

Selain Bali, kini juga semakin banyak tempat wisata traveling lain yang diminati oleh orang Indonesia. Mulai dari Karimun Jawa, Pantai di Lombok, Labuan Bajo, hingga Pantai Laskar Pelangi di Belitong sana.

Sayangnya, kerap kali tempat wisata tersebut tidak seindah foto dan gambar yang ada di Internet atau media sosial. Karena ketika kita sampai di sana, tempat wisata tersebut ramai oleh wisatawan yang, sama seperti kita, ingin melihat langsung keindahannya karena viral.

Padahal, kita mencari keindahan dan juga ketengangan untuk traveling. Sekaligus melepas stress dari aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa surga tersembunyi di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan oleh para travelers. Tempat wisata ini tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang mengetahui. Tapi jangan salah, keindahannya tidak kalah dari tempat wisata ternama lainnya.

Batu Papan, Wamena

photo source : myrip.co.id

Lokasi Batu Papan berada di antara Danau Habema dan juga Puncak Trikora. Untuk menuju ke sini, kita perlu untuk menggunakan kendaraat 4 WD. Lokasi surga ini berada di ketinggian 4.000 meter dan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untk menuju lokasinya dari Wamena. tempat ini merupakan daerah perbukitan karang purba yang kini berada di dataran tinggi. Jadi bukitnya berupa rongga-rongga yang berwarna abu-abu kehitaman. Dari sini kita juga bisa jelas melihat bagaimana pegunungan Jayawijaya berbaris di tengah perut Papua. Sangat cantik sekali.

Air Terjun Tiu Kelep, Lombok

photo source : Sportourism

Bagi para pendaki gunung yang senang mendaki Gunung Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep tentu menjadi destinasi wisata yang tidak asing lagi. Lokasi ini biasanya menjadi salah satu spot favorit para pendaki yang baru pulang dari pundak Rinjani. Jalur menuju lokasi ini juga tidak terlalu sulit, apalagi bagi yang sudah mendaki Gunung Rinjani. Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi pada waktu selain musim hujan. Karena saat musim hujan, lokasinya ditutup karena berbahaya. Air di kolam di bawah air terjun ini sangat sejuk, bisa digunakan untuk berenang. Tapi hati-hati karena kolamnya dalam, dan air terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 meter lebih. Jadi cukup berbahaya utnuk berada di bawah air terjun langsung.

Pantai Marsegu, Maluku

Tidak banyak orang yang mengetahui letak pantai indah ini. Pantai Marsegu berada di Pulau Osi yang merupakan bagian dari Kabupaten Seram Barat. Memang akses menuju tempat ini cukup sulit. Dari Ambon, kita harus naik perahu dari pelabuhan Hunimua/Liang menuju ke Waipirit di Pulau Seram. Setelah itu, kita harus melanjutkan naik mobil ke Desa Pelita Jaya di Piru. Tidak sampai di sana, kita masih harus melanjutkan lagi perjalanan dengan menggunakan ojek dan menyeberangi jembatan kayu ke Pulau Osi. Tentunya ini merupakan perjalanan yang sangat jauh. Tapi semua itu terbayar dengan keindahan pasar putih di pulau tidak berpenghuni itu. Definii surga tersembunyi layak disangang karena air launya biru dengan gradasi kehijauan hingga bening. Ada banyak jenis ikan dan bisa dilihat hanya degnan bersnorkeling di pinggir pantai saja. Sungguh indah.

Pulau Kakaban, Berau

travel berau, negeri ubur-ubur, danau ubur-ubur, travel blogger

Diving merupakan kegiatan traveling yang paling banyak digemari banyak orang. Bagaimana tidak, melihat keindahan bawah laut memnag bisa memberikan pengalaman tersendiri. Salah satu tempat yang indah adalah Blue Hole di Pulau kakaban, Berau. Seperti namanya, di sini terdapat lubang besar di bawah laut dengan kedalaman 3 meter. Dari sana, terdapat tiga exit yang bisa dipilih. Yang pertama adalah exit yang paling banyak digunakan yaitu exit keluar dengan kedalaman 20 meter, lalu exit jalur tengah dengan kedalaman 30 meter, dan yang terakhir jalur dengan kedalaman 60 meter. Jalur terakhir ini jika dilewati pasti kita sudah kehabisan oksigen di dalam tabung. Indah sekaligus mengerikan.

Cunca Wulang, Labuan Bajo

travel blogger, travel blog, labuan bajo, travel labuan bajo
Photo Source : http://wisatakomodotours.com

Ngarai dengan air terjun dan juga barusan tebing batu dengan tekstur unik dan warna air kehijauan, tentu merupakan kombinasi yang indah untuk mata kita. Menjadikan ini sebagai tempat destinasi traveling yang pas untuk yang mencari surga tersembunyi. Di sana kita bisa berenang karena memang cukup aman. Jika debit air mencukupi, kita juga akan bisa terjun dari salah satu tebingnya. Hanya memerlukan waktu 1,5 jam berkendara dari Labuan Bajo ditambah dengan 1 jam jalan kaki untuk mencapai lokasi ini di Desa Wersawe.

Pantai Temeling, Bali

travel bali, travel nusa penida, travel blogger, travling
Photo source : thenusapenida.com

Sering disebut juga sebagai Pantai Tembeling, pantai di kawasan Nusa Penida Bali ini memiliki beragam loaksi yang foto genik dan cantik. Di sini ada spot kolam mata air khusus pria, ada juga kolam untuk perempuan, dan juga pantai penuh karang dengan deburan ombak yang kencang. Pantai ini hanya perlu ditempuh selama 1 jam dari wilayah Toyapakeh dengan menggunakan sepeda motor.

Tumpak Sewu, Lumajang

lumajang, visit lumajang, wisata lumajang, air terjun tumpak sewu, travel bandung, travel jakarta, travel blog jakarta
Photo source : mytrip.co.id

Pernah melihat film Up di mana karakternya bercita-cita punya rumah di atas tebing dengan air terjun di bawahnya? Tempat tersebut sangat mirip dengan lokasi ini. Jika di film tersebut hanya memimiliki satu air terjun, di sini, ada beberapa air terjun yang tercurah dan jatuh ke dasar tebing. Tidak heran ia dinamakan dengan Tumpak Sewu, sewu sendiri berarti seribu dalam bahasa Jawa. Lokasinya pun mudah dijangkau berada di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang.

Labuan Cermin, Berau

travel berau, berau kalimantan, travel kalimantan, kalimantan travel, travel blogger, travel blogger bandung
Photo source : tabloidwisata.com

Danau bening, jernih, sampai kita bisa bercermin di sana. Itulah mengapa ia dinamakan Labuan Cermin. Di sini, kita bisa menikmati wisata danau yang indah. Kita bisa berenang, berfoto ria, sambil merasakan air dua rasa. Ya, danau ini memiliki dua rasa air. Di bagian atas airnya berasa tawar, tapi di bagian bawah, airnya asin bagaikan air laut. Lokasi ini memang sangat indah, tapi perlu menempuh perjalanan panjang untuk sampai di sana. Dari Kota Tanjung Redeb, kita perlu waktu 5 hingga 6 jam melewati jalan yang ruska berat untuk menuju Biduk-Biduk. Dari sana, kita harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu di Labuan Kelambu menuju ke Labuan Cermin dengan durasi kurang lebih 15 menit. Tapi semua perjalanan panjang itu akan terbayar dengan keindahan Labuan CErmin begitu kita tiba di sana.

Kali Biru, Raja Ampat

travel papua, raja ampat, kali biru raja ampat
Photo source : jpnn.com

Di Kulon Progo Yogyakarta, terdapat lokasi wisata bernama Kali Biru. Memang di sana sudah mainstream. Tapi ini Kali Biru yang berbeda. Ini adalah Kali Biru di Raja Ampat, Papua. Di sini kita bisa melihat sungai dengan air yang berwarna biru. Sungguh cantik. Berada di tengah hutan, kita memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Tidak perlu khawatir di sana terdapat banyak guide yang bersedia membantu. Di sini kita juga bisa berenang karena aman.

Keren ya Indonesia, pake banget. Mendadak bikin pengen liburan rasanya, kamu sudah ke mana aja nih ? Atau mau ke mana ? Kalau belum cus rencanain dari sekarang dong.