Jalan Roda Manado, Mie Cakalang dan Tinutuan

Melanjutkan perjalanan dari kota Banjarmasin, tibalah saya di kota Manado, Sulawesi Utara. Berbicara tentang kota Manado, tentu terkenal dengan wisata Bunaken yang terkenal hingga ke manca negara, dan juga terkenal juga kuliner manado seperti Mie Cakalang, Bubur Manado (yang lebih akrab disebut Tinutuan oleh penduduk sekitar).

Di Kota Manado, terdapat sebuah Jalan kecil di tengah kota yang menjadi salah satu lokasi kuliner favorit. Namanya Jalan Roda, sebuah jalan kecil dimana kanan kiri terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai makanan khas manado. Lokasi Jalan Roda ini terletak di dalam kompleks Pasar ’45 dimana didalamnya berkumpul orang-orang dari hampir seluruh lapisan masyarakat, umur, suku, agama, pokoknya berbaur dengan akrab menikmati kuliner dan suasana yang disajikan disini.GOPR2082.MP4_snapshot_00.03_2016.06.21_11.43.14

 

Di Jalan Roda inilah saya berkesempatan mencicipi Mie Cakalang, lebih tepatnya saya memesan Mie Cakalang Kuah. Tidak seperti mie kuah yang biasa saya makan, Mie Cakalang khas manado ini rasanya lebih kuat karena memiliki bahan utama ikan Cakalang Fufu, yaitu ikan cakalang yang sudah di asap dengan rasa asin gurih manis khas yang sangat lezaaaat. Intinya, rasanya gurih, terasa aroma dan rasa ikan cakalang asap yang jadi juara di masakan ini, kuahnya juga enak, pokoknya kalo ke Manado harus wajib dicoba

GOPR2084.MP4_snapshot_00.04_2016.06.21_11.45.04

Setelah puas dengan Mie Cakalang, dilanjutkan dengan mencoba Tinutuan, atau mungkin orang-orang lebih mengenal dengan istilah “Bubur Manado”.

GOPR2089.MP4_snapshot_00.00_2016.06.21_12.05.08

Tinutuan ini merupakan berbagai macam sayuran seperti labu kuning, jagung, beras, singkong, bayam, kangkung, kemangi dan lain-lain. Tinutuan ini biasanya disantap sebagai makanan untuk sarapan, tapi enak juga untuk makan siang atau makan malam, apalagi ketika suasana sedang dingin gerimis. Tinutuan ini bisa juga disajikan bersama dengan ikan asin, perkedel, sambal roa, ikan cakalang fufu, dan pelengkap lainnya. Tinutuan ini juga ada yang dicampur dengan mie atau sup kacang loh! Rasanya manis gurih, manis dari labu kuning, ditambah segarnya sayuran hijau dan kuah yang cukup gurih kental.

Oh ya, di kota Manado ini ada jembatan layang yang mirip dengan Flyover Pasupati di Bandung loh

GOPR2080.MP4_snapshot_00.05_2016.06.21_12.11.32

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of