Performa Gaming/High End Desktop dengan ukuran Laptop yang portable dengan Laptop ASUS X550IK yang bertenaga AMD APU FX-9830P

Januari 31, 2018 1 By Parmadi

Menggunakan perangkat komputer berperforma tinggi tentu sangat memudahkan dalam hal pekerjaan ataupun hiburan, apalagi bagi saya sebagai pengguna komputer yang seringkali mem-push agar komputer memberikan kemampuan maksimalnya. Ya, sebagai pembuat konten multimedia, banyak aplikasi yang digunakan menuntuk performa maksimal dari sebuah sistem komputer yang digunakan  seperti saat render konten video dari adobe premiere, melakukan stitching panorama virtual tour 360, melakukan rendering gambar 3D photorealistic dengan 3ds Max, hingga ketika jenuh menghibur diri dengan memainkan beberapa judul game terbaru yang tentu memerlukan kemampuan prosessor dan grafis yang baik agar dapat lancar memainkan game tanpa ada patah-patah yang tentu akan membuat semakin kesal, bukan terhibur.

Laptop Asus X550IK dengan prosessor AMD APU FX-9830P & AMD Radeon RX560 Graphic Card

Siapa sangka dibalik tipisnya netbook ASUS X550IK tersimpan kekuatan yang begitu dahsyat

Sebagai pengguna setia AMD sejak 16 Tahun yang lalu, dimulai dari menggunakan seri AMD AthlonXP pada sekitar tahun 2001, lalu upgrade ke AMD Sempron 2500+ sekitar tahun 2005, dan pada akhirnya menikmati performa super kencang dari AMD FX-8320 mulai dari tahun 2014 silam hingga sekarang tetap menjadi komputer utama untuk melakukan segala aktifitas dan pekerjaan, termasuk menulis artikel ini.

.  AMD Sempron 2500+ yang telah bertahun-tahun setia menemani dan kini telah tergantikan dengan AMD FX 8320

Terbiasa bekerja dengan komputer desktop yang begitu cepatnya tentu akan membuat kita merasa komputer atau laptop lain dengan spesifikasi di bawahnya menjadi terasa lambat. Tetapi tidak dengan Laptop ASUS X550IK yang berbasis prosessor AMD APU FX-9830P dan dilengkapi dengan graphic card AMD Radeon RX560.

Selain itu, penggemar komputer pasti sudah mengetahui jika ASUS adalah salah satu brand komputer ternama yang selalu memberikan produk-produk berkualitas, dengan fitur berlimpah serta performa terbaik.

AMD APU FX-9830P?

Pertama membaca spesifikasi dari laptop ASIS X550IK ini saya sempat bingung, memangnya ada prosessor AMD FX di atas seri 9590 yang masih satu keluarga Vishera dengan FX8320 yang saya gunakan. Ternyata AMD mengeluarkan AMD APU FX-9830P dengan arsitektur Bristol Ridge yang secara khusus didesain dengan performa desktop tetapi penggunaan daya laptop, serta dilengkapi dengan Compute Cores dan Built-in Graphic Card, serta memiliki cache yang sangat lega sebesar 2MB yang sangat mumpuni untuk performance dan multi-tasking. AMD FX-9830P yang digunakan pada produk notebook ASUS X550IK ini juga merupakan prosessor seri tertinggi pada jajaran produk prosessor AMD APU Mobile.

Perbandingan CPU Desktop AMD FX-8320 dengan AMD FX-9830P

Jika dibandingkan dengan prosessor kelas desktop, tentu prosessor AMD FX-9830P memiliki TDP hanya sebesar 35 watt, jauh lebih kecil dibandingkan FX-8320 yang saya gunakan yang memiliki TDP hingga 125 watt, bahkan lebih jika di overclock. Perbedaan yang terlihat juga dari jumlah core & threads yang dimiliki oleh prosessor AMD FX-9830P ini, yang mengusung 4 core dengan kecepatan prosessor hingga 3,7 Ghz.

Yang mengejutkan, adalah performa dari notebook ASUS  X550IK ini yang bisa dibilang setara dengan komputer yang saya gunakan! Bagaimana tidak, mari kita lihat perbandingan pada synthetic benchmark  di bawah.

Kiri: AMD FX-9830P (Sumber gambar: jagadreview.com), Kanan: AMD FX-8320 (test di komputer sendiri)

Pertama dengan Cinebench R15, dapat dilihat bahwa pada kondisi Multi-Threading, Prosessor FX-9830P kalah sedikit dibandingkan AMD FX-8320, tapi memang sudah sewajarnya seperti itu karena FX-9830P hanya dibekali dengan 4 core dibandingkan dengan AMD FX-8320 yang dibekali dengan 8 core, dua kali jumlahnya. Tetapi jika melihat single core performance, AMD FX-9830P sedikit lebih unggul dari AMD FX-8320, sungguh mengejutkan sebuah prosessor untuk kelas mobile yang sedemikian hemat daya bisa mengungguli prosessor desktop yang penggunaan dayanya hampir 4x lebih besar.

Kiri: Pengujian Geekbench pada komputer sendiri, sedangkan kanan didapat dari hasil pengujian Geekbench yang didapat dari result online di internet

Pengujian pada Geekbench juga mengungkap hasil yang serupa dimana sebenarnya performa single core dari Prosessor AMD APU FX-9830P ini lebih kencang dibanding AMD FX-8320. Jadi dapat ditarik kesimpulan, bahwa dengan menggunakan notebook ASuS X550IK ini akan terasa seperti menggunakan komputer Desktop High-End yang tentu saja memberikan kecepatan dan kenyamanan yang fantastis.

Memory Support

Jika pada versi AMD FX sebelumnya hanya mendukung memory DDR-3, kini arsitektur Bristol Ridge yang digunakan AMD APU FX-9830P sudah menggunakan memori berteknologi DDR 4 dengan speed 2133Mhz. Selain itu, prosessor ini juga mendukung konfigurasi memory Dual Channel, seperti yang disediakan oleh notebook ASUS X550IK yang selain memori bawaannya sebesar 8GB, disediakan 1 slot tambahan untuk melakukan upgrade ke 16GB DDR4 Dual Channel dengan menambahkan 1 lagi stik ram 8GB.

Graphic Support

Pada prosessor AMD FX-9830P sebenarnya sudah terdapat Integerated Graphic (IGP) yaitu seri AMD Radeon R7 yang memberikan kemampuan grafis cukup baik dengan penggunaan daya yang rendah. Tetapi, pada Notebook ASUS X550IK, ditambahkan pula Graphic AMD Radeon RX 560 berbasis Polaris 21 dengan vRAM sebesar 4GB berteknologi GDDR5. Penambahan graphic RX560 ini dimaksudkan untuk menghasilkan performa grafis yang sangat baik pada penggunaan aplikasi-aplikasi yang sangat membutuhkan performa grafis, seperti game-game, serta aplikasi produktifitas yang demanding seperti rendering 3D, rendering video dan modelling 3D, terbukti dengan kemampuan GPU ini yang dapat melakukan operasi hingga 2,6 TFLOPS (Tera Floating-point operations per-second) dengan beroperasi pada frekuensi 1.175Mhz base clock, dan dapat melakukan boost hingga 1.275Mhz.

Dengan dukungan low-overhead API DirectX 12 yang telah didukung AMD Radeon RX560, performa dari chip grafis akan meningkat dengan penggunaan multi-core CPU yang lebih optimal dengan tambahan-tambahan fasilitas seperti Multi-Threaded Command BuffersAsync Shaders, hingga Explicit Multiadapter, serta GPU RX 560 sudah mendukung API Vulkan untuk performa computing yang lebih baik.

Proses switching dari IGP AMD Radeon R7 ke GPU Radeon RX 560 ini dapat berlangsung secara otomatis dimana ketika netbook tidak mendeteksi adanya beban berat, maka Radeon R7 yang lebih hemat daya yang akan digunakan, tetapi begitu ada beban kerja grafis yang memerlukan performa jauh  lebih tinggi, secara otomatis GPU Radeon RX560 akan diaktifkan.  Hal ini tentu menjadi penyeimbang antara hemat daya (yang berujung pada penggunaan baterai yang lebih lama), serta penggunaan dengan performa tinggi (Bermain game, atau aplikasi yang intensif grafis).

Display, Body & Konektifitas

Performa graphic yang tinggi tentu tidak lengkap tanpa adanya layar yang berkualitas. Dilengkapi dengan layar beresolusi FullHD 1920×1080 dengan ukuran 15,6 Inch dengan rasio layar 16:9 dan juga dilengkapi dengan Anti-Glare agar lebih nyaman dalam penggunaan netbook ini. Notebook ASUS X550IK memberikan keseimbangan antara ukuran layar yang lega dengan dimensi laptop yang tipis dan body yang cukup ringan, hanya 2,4 Kg. Dengan ketebalan kurang dari 3 cm, serta ukuran body 38×25 cm, laptop ini mengusung performa yang dahsyat di ukuran yang sangat pas dibawa-bawa.

Untuk konektifitas, notebook ASUS X550IK sudah dilengkapi dengan 2 buah port USB 3 yang menawarkan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dibanding 1 buah port USB 2 yang juga disediakan, lalu ada port VGA dan HDMI untuk menyambungkan display external, dan dilengkapi juga dengan port Gigabit Ethernet. Selain itu, di sisi konektifitas wireless, notebook ASUS X550IK ini juga dilengkapi dengan koneksi Wifi Dual-Band 802.11 b/g/n, serta Bluetooth 4.0. Di sisi audio, terdapat 1 buah mic/headphone out jack.

Didesain untuk hiburan dan pekerjaan multi tasking sehari-hari, ASUS X550IK menawarkan desain yang elegan dan cerdas. Dilengkapi dengan touchpad yang luas dan mendukung input multi-touch dan smart gesture, serta terdapat fitur IceCool Technology yang membuat area palm-rest tetap dingin.

Media Penyimpanan

Asus X550IK dilengkapi dengan media penyimpanan Hard Disk sebesar 1 Terabye yang pastinya lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam file. Lalu disediakan juga DVD Super-Multi Optical Disk Drive untuk melakukan proses baca dan tulis ke media DVD.

Garansi & Harga

ASUS X550IK merupakan notebook gaming dengan konsep “Value for Money” yang di tawarkan ASUS pada konsumen di Indonesia, yang ingin memiliki laptop dengan spesifikasi gaming tetapi dengan budget yang tidak terlalu tinggi. Dengan harga Rp 10.299.000-, notebook ini memiliki kemampuan tinggi dalam mengolah grafis, menghasilkan framerate yang tinggi dan mulus dalam game-game terbaru, serta berbagai fitur lain yang disediakan. Tentu, ASUS menyediakan garansi global selama 2 Tahun.