Mengapa harus memilih printer dengan sistem refill Ink-Tank. Memperkenalkan seri printer Brother Ink Tank System

Ada dua hal yang paling menyebalkan yang kemungkinan bisa terjadi ketika kita sedang melakukan printing suatu dokumen atau gambar, yaitu tinta habis, atau hasil cetakan bergaris (warna tidak keluar sempurna).

Dalam dunia per-printeran, kita sudah mengenal bahwa terdapat 3 jenis teknologi printer yang umum digunakan ( lihat di: Memilih printer ga sembarang printer, teknologi canggih dibalik tiap tetesnya ) dan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai teknologi Inkjet yang digunakan pada Printer.

Printer inkjet berwarna (Color Printer) bisa dibilang adalah printer yang paling populer digunakan pada kondisi di rumah ataupun di kantor skala kecil, karena biaya printer inkjet yang lebih murah dibandingkan printer Laser. Di sisi pencetakan, perbedaan utama dari printer inkjet dengan printer laser adalah printer inkjet menggunakan tinta cair untuk melakukan percetakan, sementara printer laser menggunakan tinta padat berupa serbuk yang biasa disebut dengan toner.


Dahulu, tinta cair pada printer inkjet ini tersedia dalam kemasan plastik yang disebut dengan catridge, dan catridge ini terdapat 2 jenis, yaitu yang hanya berisikan tinta, serta catridge yang sudah lengkap dengan modul head assembly terpasang padanya. Dulu juga, mulai banyak orang yang mulai melakukan modifikasi pada catridge-catridge ini dengan menambahkan selang yang terpasang ke tabung reservoir tinta sehingga muncul istilah “printer infus”, hal ini dilakukan untuk mengakali biaya penggantian catridge setiap tinta habis yang cukup mahal, tetapi solusi ini ternyata membawa lebih banyak masalah daripada manfaat.

Duluuu banget pernah pake solusi seperti ini.. tapi ternyata banyak repotnya
Sisa-sisa dari dulu sebelum menggunakan printer Brother dengan Ink Tank System. Ini baru tinta yang belepotan, kebayang ga berapa kertas yang terbuang gara-gara gagal print

Dari situlah, Brother, sebuah merek papan atas yang terkenal dengan produk-produk printer inkjet dan laser berkualitas menghadirkan solusi printer dengan sistem refill tabung yang sudah terintegerasi sehingga menghasilkan printer berkualitas bebas masalah dengan pengisian tinta yang sangat irit sekali.

Mengenal Refill Printer / Tank Printer dengan sistem pengisian tabung yang mudah dan ekonimis

Masalah utama yang dihadapi pengguna printer infus rakitan adalah pengisian yang berantakan dan sering tumpah-tumpah, print head yang cepat rusak, tinta yang mampet, hingga kerusakan pada printer. Hal ini sepenuhnya diatasi oleh Brother dengan menghadirkan printer dengan seri Ink Tank Printer yang sudah mengintegerasikan sistem pengisian berupa tabung reservoir yang mudah di akses dari depan printer.

Print Head yang digunakan pada Printer terbaru Brother seri T, dengan resolusi hingga 1200×6000 dpi menghasilkan ketajaman cetakan yang luar biasa.
(Sumber gambar: lelong.com.my)

Melalui sistem refill printer yang sudah terintegerasi dari pabrik menyelesaikan masalah yang biasa terjadi pada printer yang di modifikasi, khususnya pada daya tahan Head Printer dimana Brother dengan yakin menyediakan garansi luar biasa untuk setiap model printer seri T yaitu DCP-T310, DCP-T510W, DCP-T710W, MFC-T810W dan MFC-T910W yang dilengkapi teknologi Ink Tank berupa garansi selama 3 tahun. Hal ini menunjukkan betapa Brother sangat yakin akan kualitas dari head printernya yang dapat menerima beban kerja printing yang luar biasa berat dengan tetap menjaga kualitas dan kesempurnaan dalam hasil cetakaannya.

Selain itu, dengan mengintegerasikan sistem tabung di dalam printer dengan akses bukaan depan memudahkan proses pengisian yang bersih serta menghindari resiko tumpahnya tinta. Sistem tabung di dalam printer ini juga sangat membantu menghemat tempat penyimpanan printer serta proses pengisian dapat dilakukan dengan mudah

Mengenal Page Yield

Printer Brother seri T ini merupakan seri printer hebat tetapi tetap ekonomis, dengan tersedianya metoda pengisian melalui botol tinta original yang dijual dengan harga sekitar seratus ribu rupiah per warna yang dapat digunakan untuk mencetak hingga 6000 lembar dengan tinta hitam dan 5000 lembar dengan tinta warna.

Perhitungan jumlah cetakan ini berdasarkan estimasi menggunakan metoda testing yang disebut Test Pattern ISO/IEC 24712, yaitu berupa pencetakan satu set berisi 5 lembar berisi berbagai text dan gambar yang bertujuan mengetahui seberapa banyak cetakkan yang dapat dihasilkan dari satu kali pengisian tinta.

Standar ISO/IEC24711 sebagai landasarn untuk metoda pengujian page yield

Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa benar printer seri-T dari Brother ini merupakan printer yang sangat ekonomis, apalagi dengan tinta original yang menghasilkan cetakan yang sangat jernih dengan warna-warna cemerlang yang menurut pengamatan saya, hampir sama dengan hasil cetakan foto dengan mesin minilab di studio cetak foto professional.

Printer Brother seri T-310 yang ditujukan untuk kalangan pengguna rumahan dan SOHO/UKM mampu menghasilkan cetakan dengan hasil luar biasa tetap dengan biaya yang sangat ekonomis per printnya

Fitur dari printer inkjet terbaru seri Ink Tank dari Brother

Seluruh printer seri Ink Tank Brother ini juga memiliki fitur multifungsi dengan tersedianya scanner dan fitur copy baik hitam putih ataupun berwarna. Untuk seri DCP-T510W ke atas sudah dilengkapi dengan teknologi wireless sehingga kita dapat melakukan pencetakan melalui wifi baik melalui komputer ataupun melalui smartphone sehingga memudahkan dalam sharing printer dan pencetakan jarak jauh yang biasa dilakukan di kantor-kantor dimana beberapa pengguna dapat menggunakan satu printer yang sama.

Bisa dilihat secara mendetail fitur dari Inkjet Multi-Function Center yang mencakup DCP-T310, DCP-T510, DCP-T710W, MFC-T810W dan MFC-T910DW.

Model Print Scan Copy Fax Wifi Ethernet Duplex Jenis
DCP-T310 Inktank Inkjet
DCP-T510W Inktank Inkjet
DCP-T710W Inktank Inkjet
MFC-T810W Colour Laser
MFC-910DW Colour Laser

Di sisi teknologi yang ditawarkan, salah satu keunggulan dari produk Inkjet Printer terbaru Brother ini adalah dapat dioperasikan tanpa menggunakan PC/Laptop melalui ketersediaan Direct USB. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan pencetakan dokumen dan gambar langsung dari flashdrive melalui port USB yang sudah disediakan printer. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan scan langsung ke flashdrive tanpa perlu menggunakan PC ataupun laptop dengan format output yang diinginkan (Jpeg, PDF Single Page, dan PDF Multipage).

Jika disimpulkan, berbagai keunggulan produk printer Brother dengan refill tank dapat dilihat di video berikut:

3 thoughts on “Mengapa harus memilih printer dengan sistem refill Ink-Tank. Memperkenalkan seri printer Brother Ink Tank System

Tinggalkan Balasan