Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Blogger dan HTTPS, Blog Aman Karir Nyaman

Keponih.com – ” Ga keburu baca tadi, lamannya aku tutup langsung. Soalnya ada keterangan not secure di atasnya. Maaf ya “ keluhnya pada saya tahun lalu. Yang jadi bikin kepo karena ketinggalan berita bahwa sejak tahun lalu sebanyak lebih dari 65% website populer sudah memilih menggunakan https. Kamu yang (berprofesi) blogger masih santai aja karena merasa bukan web populer? Jangan, karena mulai awal tahun ini, browser yang kamu gunakan (chrome, firefox, internet explorer, safari, dll) melabeli setiap website yang belum https dilabeli dengan label ” not secure ” langsung pada url bar *nah loh !.

Tampilan situs dengan sertifikat SSL pada browser Firefox
Tampilan situs dengan SSL pada browser Chrome. Disini ditampilkan juga keterangan bahwa informasi pribadi seperti password, informasi nomor kartu kredit dll itu aman bila dikirim melalui situs ini.

Kita sebagai yang empunya rumah pasti ga bisa abai dong kalau rumah maya kita dianggap tidak aman. Apalagi bagi yang sudah menjadikan blog sebagai profesi dan pekerjaan. Tidak dipungkiri hal ini adalah hal yang harus ” diurusin ” karena bukan tidak mungkin dengan adanya label not secure tadi akan berimbas pada page view yang turun.

Apa sih SSL & TLS ?

Well, SSL ( Secure Socket Layer ) dan TLS ( Transport Layer Security) merupakan sistem pengamanan pada website/laman. Jika sebuah website telah mengaktifkan SSL atau TLS melalui pemasangan sertifikat SSL , maka protokol yang biasanya HTTP akan berubah menjadi HTTPS, penambahan huruf S ( yang merupakan singkatan dari Secure ) merupakan implementasi dari SSL/TLS yang menambahkan satu lapisan tambahan berupa channel komunikasi yang aman antara browser yang digunakan pengguna dengan server tempat website disimpan untuk dapat saling berkomunikasi dengan aman dan dapat saling memverifikasi identitasnya masing-masing.


SSL/TLS menggunakan teknik kriptografi berupa enkripsi, yaitu mengkodekan tulisan yang ditransmisikan melalui media internet menjadi karakter-karakter yang tidak terbaca tanpa ada “kunci” yang tepat. Jika dianalogikan sama seperti dua orang saling mengirim surat dengan menggunakan kata-kata yang diganti dengan istilah yang hanya dipahami oleh hanya dua orang tersebut, sehingga walaupun surat tersebut terbaca oleh orang lain ketika dalam proses pengiriman, orang yang membaca tersebut tidak dapat mengerti ataupun merubah isi dari surat tersebut.

SSL menggunakan 3 buah kunci utama, yaitu kunci private, kunci publik dan kunci simetris. Intinya, ketiga kunci inilah yang akan digunakan untuk mengamankan setiap data yang dikirim melalui internet dari dan ke komputer kalian. Kita tidak akan membahas secara teknis lebih jauh mengenai mekanisme pertukaran kunci ini, akan tetapi bisa dipastikan sistem pengamanan data yang berlangsung hanya dalam sekejap data ini dapat membantu menghindari terjadinya kebocoran ataupun perubahan data ketika kita sedang mengakses suatu website.

Apa sih HTTPS ?

HTTPS atau Hyper Text Transfer Protocol Secure merupakan versi terbaru dan teraman dari HTTP standar sebelumnya. Protokol ini mengelola data di antara website (server) dan browser (klien). Kata S pada HTTPS mengacu pada SSL yang berfungsi untuk mengamankan situs. Semua trafik dienkripsi dan diamankan dengan baik. – Hostinger –

Nah kebayang sampai di sini ya. Betapa kehadiran S ini sungguh membuat perbedaan yang besar. Baik secara teknis maupun non teknis berkait dengan kenyamanan para pengunjung blog ke rumah maya kita. Apalagi jika misalnya laman yang kita miliki berkaitan dengan aktivitas tanya jawab online atau jual beli juga hal penting lainnya, sertifikat SSL agar laman blog menjadi secure menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki seorang blogger.

Bagi blogger yang sudah memantapkan diri untuk monetize, sudah paham betul bahwa menjadikan blognya HTTPS menjadi salah satu hal yang penting dalam perjalanan karirnya.

Mengenal Sertifikat SSL dan Identitas Digital

Sertifikat SSL ( yang juga digunakan untuk enkripsi dengan protokol TLS ) merupakan suatu data (bukan sertifikat dalam arti lembaran yang dicetak sebenarnya) yang berfungsi secara digital menyimpan kunci kriptografi sebagai bentuk validasi terhadap suatu domain, website, dan menyediakan akses menuju pertukaran data yang aman pada saat pengunjung mengunjungi suatu website. Sertifikat SSL ini memberikan kenyamanan dan keamanan data berupa enkripsi data yang dikirimkan dari dan ke suatu website/server serta kepastian bahwa halaman website yang dikunjungi adalah betul milik website yang sesungguhnya, bukan website palsu.

Mungkin dulu kita pernah mendengar beberapa tahun yang lalu ada salah satu metoda penipuan menggunakan website ebanking palsu (phreaking) dimana website jahat didesain sedemikian rupa menyerupai website bank asli, dan pengguna yang menggunakan website tersebut tertipu lalu rekeningnya dikuras habis oleh pencuri. Melalui kehadiran SSL, kemungkinan hal ini terjadi akan sangat mengecil karena pengguna begitu membuka situs palsu tersebut akan diberikan peringatan oleh browser bahwa situs yang mereka buka tidak aman.

 

Itulah salah satu fungsi utama dari kehadiran sertifikat SSL ini, yaitu memberikan verifikasi bahwa website atau blog yang kita akses adalah betul blog atau website yang benar ingin kita tuju, serta di sisi server menunjukkan bahwa pengunjung yang mengakses adalah betul pengunjung tersebut, bukan pihak ketiga yang berusaha menyamar sebagai pengunjung.

Contoh 2 ebanking populer yang menggunakan sertifikat SSL dengan tipe Extended Validation yang merupakan tipe tertinggi dari sertifikat SSL dimana nama atau perusahaan pemilik website ditampilkan di samping gambar gembok. Tipe sertifikat ini biasanya digunakan oleh kalangan perbankan, sektor finansial , atau website lain yang memerlukan verifikasi identitas tertinggi karena berhubungan dengan keamanan data finansial atau informasi data pribadi pengunjungnya.

Cara Pasang Sertifikat SSL

Untuk meng-Upgrade website atau blog kalian dari HTTP menjadi HTTPS sangat mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membeli sertifikat SSL seperti yang disediakan oleh Hostinger. Dari situ, kalian bisa meminta bantuan dari pihak hosting untuk dipandu mengaktifkan HTTPS dengan memasang sertifikat SSL tadi.

Keuntungan menggunakan HTTPS

Dalam dunia nyata, pengaruh penggunaan HTTPS pada suatu website (Seperti contohnya keponih.com yang sejak awal pembuatan sudah menggunakan HTTPS) memiliki berbagai keuntungan positif, diantaranya:

  • 1. Tampilan website/blog lebih kece. Dengan adanya HTTPS maka tampilan blog kamu akan lebih keren dengan adanya gambar gembok yang tampil di dekat address bar browser. Sehingga para pengunjung yakin bahwa website atau blog kamu aman digunakan
  • 2. Keamanan data lebih baik, khususnya bagi kalian yang selain ngeblog, punya online shop berbasis website juga karena melalui https, kemungkinan terjadi perubahan dan kebocoran data ataupun transaksi akan sangat diminimalisir
  • 3. Bagus untuk SEO. Google secara resmi mengumumkan bahwa faktor keamanan website khususnya dengan kelengkapan SSL menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi ranking dan peringkat SEO.
  • 4. Trafik meningkat, karena dengan hadirnya SSL, selain pengunjung merasa aman browsing di blog kalian, juga menghindari munculnya peringatan bahwa blog kalian tidak aman yang sering muncul seperti jika ketika kalian mengunjungi web ataupun blog yang tidak menggunakan https.

Nah gimana nih 2019 sudah siap mengamankan blog biar aman dan nyaman dikunjungi?

%d blogger menyukai ini: