Agustus 15, 2020

Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Tips Tahan Godaan Belanja Online dengan E-Banking

Keponih.com – Halo semuanya, apa kabar ? Udah belanja apa aja di mana aja nih selama masa karantina ? Tak dipungkiri ya kehadiran smartphone sangat membantu kita menjalani masa social distancing dengan lebih mudah karena tetap bisa tau berita di luar sana sekaligus sebagai sarana hiburan, mulai dari nonton hingga window shopping yang keterusan. Didukung dengan kemudahan pembayaran, ahh mana tahan !

Godaan online shop itu emang ga bisa dihindari ya. Hampir di setiap laman internet yang dibuka, sudah bisa dipastikan ada iklan terselip di dalamnya. Bohong kalau ga tergoda, ditambah dengan adanya diskon atau promo-promo lain seperti bundling package atau free ongkir. Dah lah susah nahannya.

Saya di sana, saat kemudahan belanja online masih harus via transfer melalui ATM. Sehingga sekalipun sudah cashless, tetep butuh effort. Nah sekarang, sambil tiduran tengah malem aja bisa belanja barang impian yang kebetulan lagi promo potongan. Again, udah deh beli aja dulu daripada nyesel.


Di atas segalanya, yang ingin saya sampaikan adalah : Jangan sampai kebablasan belanja terus. Pas nengok ATM lantas kaget sendiri tabungan kosong.

Nah tipsnya gimana nih menyiasati godaan belanja online ? Saya punya 5 tips jitu nih !

  • Mengalokasikan Dana Khusus
    Jika dulu punya prinsip : GIMANA NANTI. Sekarang saya balik nih, jadi : NANTI GIMANA ? Ini cukup bekerja jadi walaupun alhamdulilah sedang banyak rezeki dadakan saya tetap mampu mengatur keuangan dengan lebih bijak. Sesekali menyenangkan diri sendiri dengan belanja online tentu tak apa, yang jadi masalah adalah jika tak punya rem saat melakukannya.
    Saya biasanya menyediakan dana khusus di awal untuk belanja online, besarannya disesuaikan. Dengan kebutuhan, keinginan dan tentu saja KEMAMPUAN.
  • Pilih Metode Pembayaran
    Cung yang udah pada punya dompet digital ? Selain buat nabung, saya gunakan dompet digital ini untuk belanja online dengan keuntungan belanja karena dapat potongan dan poin yang nantinya bisa ditukarkan sebagai potongan harga juga, favorit saya pake OVO nih.
  • Cari Voucher Diskon
    Ini sih harus ya, haha. Bahkan meskipun barangnya sudah saya incer lama kalau ternyata ga ada voucher diskon, biasanya saya tunda dulu. Memilih berburu voucher dulu baru belanja, yah saya emang cewe modis. MOdal DISkon, hehe.
  • Set E-Banking untuk Transaksi Tertentu
    Sesekali coba deh otak atik M-Banking deh, bisa jadi kita berhasil menemukan fitur – fitur yang membantu dalam kehidupan sehari-hari. Saya baru coba bikin rekening baru yang di set untuk tabungan tahunan dengan model auto debet tanpa harus ke bank. Jadi dalam satu aplikasi m-banking bisa punya beberapa rekening. Termasuk soal pembayaran-pembayaran nih, beberapa bank punya fitur keren yakni scheduling pembayaran tertentu. Ini bisa jadi rem tersendiri untuk belanja online, jadi mikir-mikir deh deh
  • Belanja Bareng – Bareng
    Ini ga sering, tapi pernah saya lakukan beberapa kali dan cukup bantu menghemat. Biasanya kalau beli kosmetik nih saya ajak temen deket rumah untuk belanja di toko online yang sama. Genapin 1 kg lalu ongkir dibagi dua. Mayan kan bisa buat jajan baso hehe, hikmahnya jadi deket juga kan sama tetangga.

Di masa pembatasan ruang gerak ini kita harus pinter-pinter nih ngatur waktu, keuangan dan segala hal lainnya karena kalau engga bisa rugi di kemudian hari. Saya sendiri sekarang udah berhasil nahan godaan tiap window shopping. Bulan ini beli perlengkapan craft dengan harapan semoga bisa dikerjain dengan baik dan dijual, hihi. Itung-itung rencana investasi dengan keuntungan priceless di awal karena happy banget nih.

5 tips dari saya simpel banget kan ? tapi cukup berhasil loh jika diterapkan. Kamu sendiri gimana nih ngatur keuangan selama masa social distancing ini ?