Saatnya Menghidupkan Kembali Hobi

Keponih.com – Semua memiliki masanya, itulah mungkin yang kemudian membuat saya sabar terlebih dahulu beberapa tahun terakhir mengurung niat diri untuk menghidupkan hobi. Hobi saya memakan memakan waktu yang lama, hobi saya adalah membaca, belajar sesuatu yang baru, prakarya dan menjahit.

Menulis juga hobi atau mungkin passion mungkin ya hehe..

Menghidupkan Kembali Hobi

Mesin jahit itu saya tarik dari kolong meja dan saya pindahkan ke ruang keluarga, pun peralatannya. Benang – benang kusut yang sedari beberapa bulan lalu saya abaikan, kini mulai saya bereskan satu persatu dan menyusunnya dalam kaleng bulat bekas kue lebaran, persis seperti milik Mamah saat saya kecil dulu.

Benang – benang wol, lem dan pita saya pindahkan ke rak dekat sofa pojok di ruang tengah. Sesekali saat saya membungkus kado untuk seorang kawan, saya menggunakannya untuk membuat pita guna membuat kado terlihat cantik. 10 menit yang sangat menyenangkan, ahh bener ya bahagia itu sederhana.

Ada beberapa buku di kardus di sudut kamar yang setelah di teliti ternyata beberapa diantaranya masih terbungkus plastik, beberapa adalah merupakan hadiah dan kiriman beberapa orang teman, ada juga buku – buku yang sengaja saya beli lalu tertumpuk begitu saja. Saya pun memindahkannya ke tempat yang lebih mudah dijangkau.

Ahh iya begitulah, baru bulan – bulan ini sepertinya saya akan mampu menghidupkan kembali hobi. Saat santai dan memiliki waktu luang, alih – alih membuka laptop saya kemudian memilih untuk menghidupkan hobi, dan tau ga bahwa hobi itu relate banget sama kebahagiaan seseorang dan memiliki banyak efek positif. Menurut saya ini beberapa alasan kenapa seseorang harus menghidupkan kembali hobinya.

  • Istirahat dengan cara yang menyenangkan
    Istirahat tak melulu membaringkan tubuh lalu memejamkan mata, faktanya tubuh kita butuh hal lain. Istirahat bisa berarti membebaskan diri dari pekerjaan dan rutinitas untuk sementara waktu dan mengisinya dengan melakukan kegiatan lain, melakukan kegiatan hobi adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk beristirahat. Bahkan lebih produktif, membuat otak rileks tapi kemudian mampu bekerja optimal.
  • Melepas stress
    Kamu merasa stress ? Coba lakukan hal yang kamu sukai. Ya it works, bahkan selalu berhasil pada saya.
  • Punya teman baru
    Ada kesenangan tersendiri saat kemudian menemukan bisa ketemu orang – orang yang memiliki hobi dan minat yang sama, berasa nyambung banget rasanya. Dan beruntung di era digital ini, menemukan komunitas hobi menjadi sangat mudah.
  • Merasa lebih sehat 
    Setelah membaca buku atau beberapa jam menjahit, ternyata ada studi yang menunjukkan kita yang mengikuti aktifitas fisik santai selama setidaknya 20 menit per minggu cenderung terhindar dari keletihan.
  • Lebih produktif 
    Sampai saat ini memang belum sih menjadikan hobi sebagai pekerjaan, tapi sudah cukup puas dengan hasil hobi yang produktif dan merasa lebih produktif juga pada akhirnya. Prakarya bisa dipake anak, atau sekedar dipajang untuk kepuasan tersendiri dan karena lebih semangat akhirnya bisa semangat juga mengerjakan hal lain.

Sekarang setiap punya waktu luang, saya jadi sering menyempatkan diri untuk menghidupkan kembali hobi, demi kebahagiaan sendiri juga kesehatan juga buat kewarasan menjadi ibu rumah tangga hehe. Pernah baca kan blog post sebelumnya tentang ” Happy Mom Raise Happy Kids “ sebelumnya, menjadi bahagia itu banyak caranya dan memang sebaiknya tidak tergantung pada siapapun atau apapun, tapi kalau melakukan hobi lalu bisa menjadi bahagia, kenapa tidak kan ya ?

Nah teman – teman hobinya apa nih ? Cus dong cerita juga, keponih soalnya.

Mau baca tulisan lain tentang hobi juga ? Kalian bisa baca di www.ayoberkisah.com sebuah rumah maya milik mba Qoty Intan Zuhnida yang menulis tentang keluarga dan lifestyle.

3
Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
hani
Guest

Hobbyku jahit baju Teh. Sejak SMP suka bikin baju sendiri. Tapi engga untuk jadi profesi sih. Pernah gagal total jahitin baju tetangga. Kapok. Malah setress. Wkwkwk…hobby mau ngilangin setress kok malah nyari gara². Hehe…

Damar Aisyah
Guest

Ahai, aku juga suka jahit plus nge-craft.Tapi jeleknya aku suka gak kontrol. Kalau udah seneng satu hal, yawdah itu terus yg aku kerjakan. Jadi berantakan deh kerjaan yg lain, wkwk

Bety Kristianto
Guest

Hobiku merajut, kristik, baca sama drakor mba heheh… pingin bisa njait tapi gak kesampaian sampe sekarang

%d blogger menyukai ini: