Nostalgia Mencari Chord dan Kunci Gitar Tahun 90-an

Keponih.com – Masa sekolah adalah masa di mana remaja sudah mulai mencari bakat dan eksistensi. Ada perasaan ingin menampilkan jati diri, ingin menonjol, dan mencuri perhatian. Ada banyak cara mencari bakat dan eksistensi. Salah satu hal yang paling menarik perhatian remaja adalah dengan bermain alat musik. Gitar, piano, terompet, bass, atau drum. Umumnya remaja memilihi gitar, sebab mudah dimainkan, mudah dipelajari, dan alat musik ini banyak ditemukan. Maka dari itu, banyak remaja mulai belajar dengan mencari chord dan kunci gitar lagu yang sedang hits.

Lain ladang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya kata pepatah. Zaman sekarang dan tahun 90an cara mencari chord dan kunci gitar. Setiap masa punya keasyikan tersendiri.

Cara Mencari Chord dan Kunci Gitar Zaman Sekarang

belajar chord gitar di tahun 2021 untuk menghilangkan stress
belajar chord gitar

Di zaman sekarang, informasi sudah sangat terbuka. Informasi mengenai lagu-lagu tersebar luas di berbagai media, terutama di internet! Ada berbagai cara mencari chord dan kunci gitar yaitu:

Berselancar di internet, kamu dapat menemukan berbagai website berisi info tangga lagu, lirik lagu, sampai bisa menyediakan chord dan kunci gitar juga.

Buka Youtube deh, bukan hanya lagunya atau chord gitarnya saja, tapi juga ada tutorial memainkan sebuah lagu tertentu. Belum lagi tersebar versi cover. Satu lagu di-cover dengan berbagai genre. Pop, rock, dangdut, reggae, sampai versi mengheningkan cipta ada juga.

Lebih menyenangkan lagi, sekarang ada aplikasi khusus untuk mencari chord dan kunci gitar. Buka aplikasi, masukkan lagu, dan chord-nya udah langsung tersedia. Sangat mudah kan, mencari chord dan kunci gitar di zaman sekarang ini?

Cara Mencari Chord dan Kunci Gitar Tahun 90an

mencari chord gitar yang mudah kini bisa didapat di internet
Chord Gitar

Siapa yang ngaku anak 90an? Yuk, nostalgia mencari chord dan kunci gitar. Hehe. Di tahun 90an, di mana internet belum ada dan HP masih segede batu bata, semua informasi masih terbatas. Masih sebatas tv, radio, majalah, atau koran. Apalagi informasi soal musik, sangat terbatas. Nah, di mana anak-anak tahun 90an mencari chord dan kunci gitar? Salah satunya ada di majalah, dan tidak main-main, ada majalah khusus isinya lagu dan chord-nya!

Nama majalah yang khusus untuk mendapatkan chord dan kunci gitar adalah MBS atau Music Book Selection. Jadi Music Book Selection ini sebuah majalah yang 90% isinya adalah berbagai lagu hits lengkap dengan chord-nya. Sisanya artikel soal musik dan musisinya. Ada juga update soal artis musisinya. kalau sekarang sih, tinggal klik doang di internet sudah ada berita soal artis musisi, dari mulai perjalanan karir sampai apa yang terjadi sama si artis lima menit yang lalu. Super cepat!

MBS ini sangat berguna untuk anak-anak yang memang hobinya main band, atau yang hobinya ngulik lagu, dan mencari referensi lagu buat dibawakan di panggung pensi atau hanya sekadar di togkrongan depan gang. Jadi lagunya tidak itu-itu saja, banyak variasinya.

Bagaimana kalo tidak bisa musik? Gampang, setiap lagu selain lirik ada kuncinya. Nah, gimana kalo nggak bisa main gitar? Tenang! Di tengah majalah ada empat halaman khusus yang isinya chord. Dua halaman chord gitar, dua halaman chord keyboard. Jadi kalo kita menemukan lagu yang disukai atau lagu yang hits ada di halaman depan, dan halaman chord-nya ada di halaman tengah, kita bolak-balok tuh halaman depan-halaman tengah. Jrang-jreng, jrang-jreng, buka halaman tengah, jreng lagi, balik lagi ke halaman tengah, liat chord-nya, cobain jreng lagi.

Habis selesai satu lagu pindah ke lagu lain. Lagu pertama? Lupa! Hahaha! Lagu Sheila On 7 yang judulnya “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki“ menjadi lagu yang paling popular, terutama di kalangan bocah-bocah yang baru belajar main gitar. Karena kuncinya cuma dua, C sama F. Terus saja itu bolak-balik satu lagu.

Serunya lagi ramaja tahun 90an mencari chord dan kunci gitar di radio. Ada acara khusus yang membahas lirik, chord, dan kunci gitar. Kita bisa request lagu apa yang mau diangkat. Lewat telpon-telponan atau surat-suratan. Hi hi.

Memang kocak sih, kalau ingat masa dulu dengan majalah MBS dan acara radio untuk mencari chord dan kunci gitar. Para pencetus majalah MBS dan acara radio ini mengerti banget kebutuhan remaja untuk menemukan bakat dan eksistensi. Kamu punya kenangan apa menyangkut mencari chord dan kunci gitar?

Tinggalkan Balasan