I just feeling blue “ pernah dengar ungkapan ini ? Idiom bahasa inggris adalah bagian yang paling saya nikmati dalam belajar bahasa inggris saat kursus, karena proses belajar idiom selalu menyenangkan. Idiom sendiri adalah ungkapan, yang biasa diucapkan sehari-hari yang memiliki makna tidak sebenarnya, kalau di bahasa indonesia semacam perumpamaan, istilah atau ungkapan contohnya kata banting tulang yang berarti bekerja keras, bukan orang yang banting-banting tulang. Nah, belajar idiom bahasa inggris lebih seru dan menantang rasanya. Karena apa ? karena bagi mereka ( termasuk saya ) yang sering pake google translate akhirnya mengerti bahwa idiom bahasa inggris tak berjodoh kalau disandingkan dengan google translate. Hasilnya kadang bikin tambah bingung, lebih sering bikin ngakak.

Yang akhirnya membuat saya sangat tertarik untuk tau lebih dalam lagi, biar apa ? Biar ga “ cengo “ saat mendengar idiom dalam bahasa inggris. Yang jelas, belajar bahasa itu selalu menyenangkan.
Versi saya, dari banyaknya belajar idiom. Ada beberapa yang akhirnya sudah saya mengerti di luar kepala pada akhirnya karena sering muncul pada conversation sehari-hari.

Ini dia beberapa contoh idiom bahasa Inggris beserta artinya : 


Feeling blue : Merasa sedih ( kebayang ga kalau diartikan perkata, merasa biru. Are you smurf ? hehe )
Pizza face : muka jerawatan
Ball is in your court : keputusan ada ditanganmu
I am ” green ” about that : saya ” newbie/baru ” pada hal tersebut
Call it a day : saatnya berhenti
You make my day : kamu menyelamatkan hariku ( ungkapan senang )
Catch one’s eyes : menarik perhatian seseorang
Cut it out : berhenti melakukan sesuatu ( perintah )
Grab a bite : makan sesuatu
Keep in touch : tetaplah berkomunikasi
Miss the boat : kehilangan kesempatan
Once in a blue moon : langka
Piece of cake : mudah, cetek kalau bahasa gaul nya mah
Speak your mind : mengatakan yang dirasakan
Steal someone’s thunder : mengakui pekerjaan orang lain sebagai hasil kerja sendiri
Waiting the wings : menunggu kesempatan
Chill out, dear : tenang, sayang.

Sering kan ya dengar ungkapan atau idiom-idiom di atas, coba deh kalau diartikan perkata dengan google translate. Tapi google translate ga selalu bikin ngakak kok, beberapa diartikan sesuai dengan arti idiomnya. Coba aja.

Mengenal idiom bahasa inggris jadi membuat conversation semakin menantang untuk dimengerti, apalagi bagi orang seperti saya yang masih belajar.
Berlatih langsung dan terus menerus pada akhirnya akan membuat kita semakin fasih dalam berbahasa asing, dan memulainya dengan sesuatu yang kita sukai adalah ide yang benar-benar bagus.

Ayo coba yuk belajar idiom bahasa inggris, seru !

Idiom versi kamu yang paling familiar menurut kamu nih ? Share dong.

keponih.com

Tinggalkan Balasan