September 3, 2020

Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Tingkat Kematangan Steak, untuk kamu pecinta daging!

Buat kamu para kepoers yang karnivora alias pecinta daging, khususnya daging sapi. Tentu puncak dari segala kenikmatan daging itu adalah steak yang berkualitas. Nah, untuk menciptakan steak yang benar-benar sempurna, banyak hal yang harus diperhatikan, dan 2 hal terpenting diantaranya adalah kualitas daging dan tingkat kematangan steak.

Tingkat kematangan steak

 

Ada 6 tingkat kematangan daging steak yang umum digunakan:

  • Blue

Tingkat kematangan steak mentahDimasak sangat singkat sekali hanya bagian terluarnya saja selama kurang lebih 1 menit tiap sisinya, steak dengan tingkat kematangan Blue ini memiliki tengah yang 100%. Bisa dibilang, steak ini mentah di dalam loh!


  • Rare

Tingkat kematangan steak rareDimasak selama kurang lebih 2-3 menit setiap sisinya, dengan bagian tengah 75% merah.

  • Medium Rare

Steak_0002_Layer 3

Dimasak selama kurang lebih 3-4 menit tiap sisinya, dengan bagian tengah 50% merah.

  • Medium

Steak_0003_Layer 4Dimasak selama kurang lebih 4 menit tiap sisinya, dengan tengahnya 25% merah. Ini tingkat kematangan yang cukup populer

  • Medium Well

Steak_0004_Layer 5Dimasak selama kurang lebih 5 menit setiap sisinya, dengan bagian tengah sedikit menampilkan warna pink.

  • Well Done

Steak_0005_Layer 6

Dimasak selama kurang lebih 6 menit tiap sisinya. Berwarna coklat hingga ke tengah. Sering disebut juga sebagai “Steak Matang”.

 

Secara umum, daging yang berkualitas bagus akan semakin terasa nikmat jika dimasak rare atau medium rare, akan tetapi tentu tidak semua orang suka makan daging setengah matang. Kebanyakan restoran steak yang bagus akan menawarkan pelanggannya untuk memilih tingkat kematangan sesuai yang mereka suka, akan tetapi kebanyakan restorans steak menyajikan daging dengan tingkat kematangan Well Done.