Sambal Nusantara Hokben, Sandingkan Cita Rasa Nusantara Dengan Kuliner Jepang

Tentu kita sudah mengenal Hokben, sebuah restauran dengan menu makanan ala kuliner jepang, tetapi kali ini, Hokben berani tampil beda dengan menghadirkan inovasi untuk memasukkan unsur cita rasa nusantara yang sudah sangat familiar bagi lidah orang Indonesia dengan menghadirkan 3 pilihan sambal khas nusantara.

Bisa dibilang sambal merupakan makanan khas yang bukan hanya sekedar pelengkap makan, tetapi bisa membawa kenangan tersendiri seperti yang sering saya alami.

Sambal Hijau khas Sumatera, yang biasanya ada di menu nasi padang. Terbayang ga betapa nikmatnya menikmati pedas gurih khas sambal hijau di penghujung hari yang melelahkan setelah bekerja? Sambal hijau selalu mengingatkan saya ketika waktu itu sempat seminggu lebih di sumatera untuk membuat buku foto tentang pariwisata, kebudayaan dan masyarakat di daerah tersebut. Dengan medan yang cukup menantang, sejauh mata memandang penuh dengan pohon kelapa sawit, menuju suatu tempat wisata yang lucunya terletak di tengah-tengah hutan yang akses jalannya pun belum jadi. Dan di penghujung hari, tidak pernah terlewat, sambal hijau yang mengangkat semua lelah itu..

Sambal Matah, khas pulau Bali. Pulau yang menyimpan banyak kenangan. Dulu pernah merasakan keliling bali malam hari sendirian naik motor untuk mencari sebuah komponen komputer yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan hari itu. Dan ternyata ada 2 kemenangan besar yang saya dapat di malam itu, pertama berhasil menemukan apa yang di cari, walaupun berkendara lebih dari 2 jam dari lokasi pekerjaan, serta pertama kali merasakan nikmatnya sambal matah, sambal yang hingga kini jadi favorit saya.

Dan terakhir sambal bawang, sambal yang untuk saya pribadi merupakan sambal yang mengingatkan akan keluarga dan kasih sayang. Karena sambal ini selalu ada setiap saya berkunjung ke rumah almarhum eyang ketika dulu ia masih ada. Selalu melengkapi menu nasi kuning berbentuk kerucut yang dimasak dengan menggunakan kompor yang masih berbahan bakar kayu dan minyak tanah. Ternyata, tanpa disadari hal kecil seperti sambal ini ternyata bisa membawa kenangan di dalamnya, tidak hanya sekedar pedas saja.

Di sisi lain, Hokben juga merupakan restoran ala jepang favorit saya dari dulu, sejak jaman saya masih SD hingga sekarang yang sebentar lagi punya anak yang mau masuk SD (tiga tahun lagi, wekekekekek)..

Awalnya sempat bingung, menu hokben khas jepang dipadukan dengan sambal khas nusantara akan menghasilkan perpaduan seperti apa.. Ternyata sangat melebihi ekspektasi saya, kedua rasa tersebut saling melengkapi dengan sangat baik sekali. Simply Genius.

Sambal matah begitu terasa aroma khas dari lemongrass yang digunakan, dengan sedikit asam yang menyegarkan dan pedas yang subtle tapi semakin lama semakin terasa.. Digabungkan dengan menu Yakitori Grilled, berupa daging ayam tanpa lemak yang dipanggang dengan saos teriyaki khas ala Hokben, menghasilkan kelembutan yang menarik dari daging ayam ditambah aroma dan rasa khas bali dari sambal matah, samar2 seperti terdengar suara gamelan bali mengiringi makan siang yang begitu menyenangkan.

Sambal Hijau disisi lain memberikan dimensi berbeda dibandingkan sambal matah dengan karakter cheerfull yang diberikan. Sambal Hijau lebih misterius, lebih anggun, dengan rasa dan aroma yang memberikan sedikit rasa bitter yang ternyata meningkatkan nafsu makan. Susah rasanya makan tidak lahap ketika sambal hijau ini hadir.

Sambal Bawang memberikan rasa pedas yang paling nendang dibandingkan 2 sambal lainnya, tetapi di balik pedasnya, sambal bawang memberikan sensasi gurih manis yang menarik. Satu suap langsung terasa pedasnya sambal bawang, yang kemudian diikuti oleh sensasi gurih dan manis, memberi sensasi unik pada menu hoka suka ke tingkat yang berbeda

Hoka Suka?

Hoka Suka adalah menu set bento yang disediakan Hokben dalam 3 Varian.

  • Hoka Suka 1 dilengkapi dengan Yakitori Grilled, Daging Ayam tanpa lemak yang lembut, dimasak dengan saos teriyaki khas ala Hokben dengan cara di panggang
  • Hoka Suka 2 dilengkapi dengan Ebi Furai, 4 buah udang tepung yang lezat dan besar
  • Hoka Suka 3 dilengkapi dengan Chicken Katsu, dada ayam tanpa tulang berlapis tepung roti dan bumbu khas hokben yang menawarkan kerenyahan di luar, empuk di dalam.

Yang unik dari menu Hoka Suka ini adalah adanya tambahan condiment ala nusantara berupa Kering Kentang dan Acara Kuning. Serta, disediakannya pilihan 3 jenis sambal khas nusantara

Kali ini mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan Gathering Blogger BDG Bersama Hokben, yang berlokasi di Hokben Paskal 160 Bandung untuk memperkenalkan berbagai menu sambal khas nusantara.

Dan ternyata, Hokben Paskal 160 memiliki keunikan loh! Yuk lihat di video di bawah ini.

Leave a Reply

2 Comments on "Sambal Nusantara Hokben, Sandingkan Cita Rasa Nusantara Dengan Kuliner Jepang"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Nchie Hanie
Guest

Aku suka pisan mering kentangnya, makannya dicampurin sama sambelnya, huh lebih nikmat

Yasinta
Admin

Iya banget, kriuk – kriuk pedas jadinya ya teh