Keponih.com – ” Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends ini. Megaterends ini meliputi : Urbanisasi cepat, Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya, Pergeseran kekuatan ekonomi global, Perubahan demografi dan sosial dan Gebrakan teknologi “ Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A dalam orasi ilmiahnya di acara wisuda XIV STT Bandung.

Wisuda XIV STT Bandung

Sebanyak 209 wisudawan resmi dilantik pada tanggal 11 Januari 2020, acara ini digelar di Hotel Haris Convention Festival Citylink. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu wajib nasional, Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua STT Bandung Muchammad Naseer, S.Kom., M.T dan Ketua Yayasan Dr. Dadang Hermawan. Acara kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang menjadi keynote speaker dalam acara berbahagia ini.

Beliau mengatakan bahwa Indonesia sebagai bagian dari ekonomi global, kini telah memasuki era teknologi 4.0 yang berbasis ekonomi digital, artificial intelegence, big data dan robotics. Maka tantangan generasi muda masa kini adalah tentang bagaimana memiliki dan mengembangkan inovasi yang dimiliki agar tetap mampu stand out di era ekonomi digital 4.0 ini.


Lebih lanjut beliau menjelaskan para inovator di era 4.0 ini memiliki karakter diantaranya :

  • Opportunity mindset
  • Formal Education / Training
  • Proactivy
  • Prudence
  • Social Capital

Generasi muda yang unggul dan mampu berinovasi dan membangun UKM baru akan besar sekali dampaknya bagi perekonomian seperti mampu memberikan lapangan kerja, berperan sebagai aktor dalam proses teknologi dan inovasi, menjadi kontributor substansial terhadap peningkatan ekspor juga daya saing dan produktivitas, menjadi agregator pemerataan kesejahteraan serta menjadi stabilisator dan pendorong pertumbuhan.

Walau tidak hadir di lokasi secara langsung tapi materi yang beliau berikan begitu menginpirasi saya yang menonton dari kejauhan lewat IG live dari akun @sttbandung.

Pada wisuda XIV ini setidaknya ada 209 wisudawan yang terdiri dari :

1. Teknik Industri sebanyak 113 orang
2. Teknik Informatika sebanyak 70 orang
3. Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 orang

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman skripsi dan wisudawan terbaik, ikut bangga deh sama adik – adik ini yang mengusung judul dan materi keren – keren, diantaranya :

SKRIPSI TERBAIK TI :
MAHASISWA : VIRGIAWAN CANDRA BHAKTI, S.T
JUDUL : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

MAHASISWA : INDRA RUKMANA, S.T
JUDUL : OPTIMASI PRODUKSI DYEING FINISHING DENGAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING

MAHASISWA : ZAENAL UYUN, S.T
JUDUL : PERBAIKAN PRODUK MEJA BELAJAR LIPAT MULTIFUNGSI ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SEMANGAT BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KANSEI Engineering

WISUDAWAN TERBAIK TI
MAHASISWA : DHEYU LAKSMI WULANDARI, S.T

SKRIPSI TERBAIK TIF :
MAHASISWA : DERI HERMAWAN, S.KOM
JUDUL : APLIKASI 3D VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA BANTU TERAPI ACROPHOBIA BERBASIS ANDROID

MAHASISWA : REGINA SUKMA CITRA, S.KOM
JUDUL : KLASIFIKASI UJARAN KEBENCIAN DEBGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFICATION DI SOSIAL MEDIA FACEBOOK BERBASIS WEB

MAHASISWA : YASTI AISYAH PRIMIANJANI, S.KOM
JUDUL : RANCANG BANGUN SISTEM PEMUTUS ALIRAN LISTRIK KWH METER PASCABAYAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

WISUDAWAN TERBAIK TIF

MAHASISWA : MUHAMMAD RIZAL MUTAQIN, S.KOM

SKRIPSI TERBAIK DKV

1. Andri Setiawan, S.Ds – Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds – Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds – Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

WISUDAWAN TERBAIK DKV
Tiffani Zeta D, S.ds

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dengan Mitra STT Bandung :

  • PT. Dirgantara Indonesia
  • Jasa marga
  • Biofarma

Acara ditutup dengan doa dan ditutup kembali oleh Ketua STT Bandung, tampak juga para orang tua yang dengan haru menyaksikan anak kesayangannya meraih gelar dan mengikuti acara wisuda ini.

Selamat bagi para wisudawan XIV STT Bandung, semoga sukses dalam meniti karir dan sukses menjadi generasi muda unggul kebanggaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan