Menuju Desa Wisata, Sharing Pojok Edukasi D’Caliber

November 28, 2018 0 By Yasinta

Keponih.com” Bersama – sama kita pasti bisa “ berkali – kali kalimat tersebut terdengar. Wajah – wajah penuh semangat dan antusias saat mendengarkan pemaparan, sharing ilmu dan pengalaman Bapak Yoharman sebagai perwakilan dari Disparbud Kab. Bandung yang menyalakan api semangat dan men-trigger para pengurus desa untuk semangat gerak cepat dalam pengembangan BUMDES lewat program desa wisata.

Menuju desa wisata, begitulah saya ingin menyebutnya. Bagaimana niat dan beberapa rencana telah disusun dan menunggu dimatangkan untuk kemudian dieksekusi dan bergerak perlahan tapi pasti menuju kesejahteraan masyarakat lewat wisata. Karena tak dipungkiri, jika wisata setempat bergerak dan dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin seluruh aspek masyarakat ikut bergerak pula ke arah yang lebih baik.

desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia
Pojok edukasi d’Caliber

Bapak Yoharman pun menceritakan mengenai desa Nglanggeran sebagai desa wisata yang meraih penghargaan ASEAN Community Based Tourism Award 2017, salah satu desa yang berhasil menjunjung tinggi prinsip-prinsip pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat  (community based tourism) untuk menciptakan desa wisata yang sejahtera.

Beliau mencontohkan desa wisata Nglanggeran sebagai desa wisata yang berhasil, baik secara nilai materil maupun moril. Pemahaman mengenai sapta pesona wisata sudah terpenuhi dengan lengkap di sana. Nah loh, masih inget ga sapta pesona ? Nih ya saya tuliskan juga di sini.

Sapta Pesona Pariwisata Indonesia

  1. Keamanan, tempat yang dijadikan sebagai tempat wisata harus aman. Sehingga pengunjung dapat dengan tenang menikmati kunjungan mereka di tempat wisata.
  2. Ketertiban, tidak lengkap rasanya jika sedang berwisata lalu menemukan lokasi wisata ternyata tidak tertib. Misalnya mengenai peraturan, tidak ada yang mengatur antrian misalnya, lokasi wisata harus memiliki poin tertib sehingga menyamankan mereka yang berkunjung.
  3. Kebersihan, studi membuktikan mereka yang melihat hal bersih memiliki emosi yang lebih baik. Berwisata dan menikmati suasana, tentu kita tidak mau berkunjung ke tempat wisata yang kurang bersih.
  4. Kesejukan, berwisata ke manapun. Suasana dan udara yang sejuk mampu membuat pengunjung berlama – lama di tempat wisata.
  5. Keindahan, apa yang menjadi alasan seseorang berwisata ? Salah satunya ingin menikmati keindahan. Baik itu keindahan artificial ataupun keindahan alam yang dikelola dengan baik. Sudah pasti lokasi wisata harus punya poin ini.
  6. Keramahan, lingkungan sekitar pariwisata sangat penting sebagai faktor yang harus ada pada sapta pesona pariwisata. Kita pasti berharap saat mengunjungi sebuah obyek wisata, maka orang – orang akan bersikap ramah bukan cuek atau tidak simpati sama sekali.
  7. Kenangan, life is about of collect moments. Apa yang inign kita ingat setelah kita kembali dari perjalanan. Kenangan sebagai salah satu hal yang mampu diingat untuk jangka panjang, saat pengunjung mengunjungi sebuah tempat dan bahagia mereka akan mengingatnya dan itu adalah investasi tak ternilai, karena mereka tanpa diminta sekali pun akan dengan senang hati menceritakannya. Begitupun jika mengalami hal buruk.
desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia, travel blogger
Bapak Yoharman, disparbud Kab. Bandung
desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia, travel blogger
Menuju desa wisata – d’Caliber

Dalam pertemuan di pojok edukasi d’caliber ini juga dibuka kesempatan untuk bertanya secara langsung. Antusias pengurus desa yang hadir sangat terlihat, beberapa di antaranya aktif bertanya juga bercerita yang lainnya sudah terdengar merencanakan beberapa hal untuk nanti dilakukan.

Potensi wisata yang dimiliki oleh desa Cikadut ini sungguh besar, adalah air terjun batu templek atau dikenal dengan nama tebing cozmo sekarang. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin mampu menjadi jalan mensejahterakan lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar

Tak hanya itu, pertemuan yang dihadiri juga oleh ibu kades Cikadut yang juga turut membakar semangat gotong royong membangun desa Cikadut agar menjadi desa yang lebih baik lagi. Acara ini ditutup dengan pemberian cendera mata dari desa Cikadut kepada Bapak Yoharman selaku perwakilan dari disparbud kab. Bandung. Acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon bersama juga foto bersama dan makan siang.

desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia, travel blogger

desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia, travel blogger
Penanaman pohon sebagai simbol bertumbuh bersama

desa wisata, wisata kab bandung, pesona indonesia, travel blogger

Semangat pasti bisa

Semangat gotong royong yang tercipta dan sudah terbentuk di ruang lingkup desa diharapkan akan memudahkan BUMDES dalam pengembangan unit usaha di bidang pariwisata, apalagi desa Cikadut ini terkenal dengan pohon kelor dan hasil pertanian lainnya yang bisa diolah dan dikemas secara menarik untuk ditawarkan pada pengunjung nantinya.

Semangat menuju desa wisata untuk d’Caliber. Pasti bisa !