Touchdown

Pada tanggal 28 Maret 2016, para risers yang tergabung dalam Datsun Risers Expedition tiba di Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport untuk memulai etape 4 dari petualangan jelajah pulau sumatera menggunakan mobil Datsun Go+ Panca dengan rute Palembang – Jakarta. Walaupun event expedition sebenarnya baru dimulai kesokan harinya, Para Risers dimanjakan dengan pengalaman berkeliling kota Palembang ditemani rekan-rekan dari DGCI, Datsun Go Community Indonesia.

IMG_7016

Oh ya, sebelum kita bahas lebih lanjut, Risers adalah sebutan bagi mereka yang terpilih untuk merasakan expedisi penjelajahan ini menggunakan mobil Datsun Go+ Panca yang sudah berkeliling sumatera sejak etape pertama. Tim dari Keponih.com yang beranggotakan Parmadi, Ryan dan Syarif, mendapat kesempatan dalam perjalanan ini menjadi risers dengan kode tim 2, bersama dengan 4 tim lain dan para anggota DGCI datsun melakukan rolling thunder, alias berkeliling-keliling kota.

IMG_6955

IMG_7037

Saat berkeliling kota Palembang, pihak Datsun mengajak kami ke beberapa titik menarik di kota ini, diantaranya Jembatan Ampera yang terkenal itu. Jembatan Ampera dengan panjang 1 km lebih sedikit yang terletak di tengah-tengah kota ini menyeberangi sungai Musi yang membelah seberang ulu dan seberang ilir. Ada fakta cukup menarik bahwa ternyata dahulu, jembatan ini bisa dinaik-turunkan dengan kecepatan 10 meter per menit, untuk mendukung kapal-kapal besar yang akan lewat, akan tetapi sejak tahun 1970, fasilitas naik turun jembatan ini tidak lagi digunakan karena dianggap mengganggu lalu lintas kendaraan darat yang akan melintas


IMG_7021

Selain itu kami juga diajak mengunjungi Stadion Jakabaring, atau biasa dikenal dengan sebutan Stadion Gelora Sriwijaya. Benar, stadion ini memang merupakan markas dari klub sepakbola Sriwijaya FC. Stadion Jakabaring ini merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan Stadion Utama Palaran. Dengan luas lahan sekitar 40 Hektar, stadion ini dapat menampung hingga 40.000 penonton.

IMG_7060

Sebelum kembali ke hotel, para risers yang tergabung dalam DatsunRisersExpedition diajak mengunjungi salah satu toko oleh-oleh terkenal di kota Palembang, dengan oleh-oleh khas berupa Pempek dan kerupuk khas palembang. Pempek, etau empek-empek, sebagai makanan khas Palembang adalah masakan olahan yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, ditambah bumbu-bumbu . Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah saus encer menyerupai kuah berwarna hitam yang disebut “cuko”, yang terbuat dari cammpuran air, gula merah, udah ebi, dan bumbu bumbu untuk menghasilkan saos dengan rasa asam pedas yang segar dan khas. Selain itu, biasanya pempek dilengkapi dengan potongan timun dan mie kuning.

IMG_7114

Salah satu jenis pempek yang terkenal adalah “Pempek Kapal Selam”, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek lalu digoreng hingga kulitnya kekuningan.

Nantikan liputan kami berikutnya pada perjalanan hari pertama, Datsun Risers Expedition!

Tinggalkan Balasan