September 3, 2020

Kepo Nih!

Karena Kepo Yang Mendidik Itu Baik !

Senam Kegel untuk Kesehatan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Keponih.com – Banyak olahraga yang identik dengan wanita seperti aerobik dan zumba, tapi tau ga ada olahraga berupa senam yang wajib dicoba oleh wanita ? Yap, tebakanmu benar. Adalah senam kegel, yang merupakan gerakan dengan tujuan mengencangkan otot di panggul bawah, otot bawah rahim, kantong kemih hingga usus besar.

Senam Kegel Pada Wanita

Senam Kegel untuk Wanita – Sumber : Halodoc.com

Bagi wanita yang sudah pernah melahirkan, pasti ngerasain nih otot rahim bagian bawah cenderung mengendur. Bisa ditandai susah menahan ketika ingin pipis. Ini karena otot vagina cenderung kendur. Tak hanya karena faktor kondisi setelah melahirkan, mengendurnya otot – otot ini bisa dikarenakan oleh pertambahan usia.

Bahkan dikatakan bahwa senam ini bisa mempercepat pemulihan vagina setelah proses episotomi ( menggunting vagina setelah melahirkan ), berasa banget nih telat tau dulu pas melahirkan malah memilih rebahan dan berujung malah susah sembuh.


Menilik manfaatnya, saya merasa harus menuliskannya di sini, dan ini beberapa diantara manfaat senam kegel untuk wanita :

  1.  Dapat merapatkan vagina kembali
  2. Membantu proses pemulihan setelah melahirkan karena dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke arena miss V
  3. Mengencangkan otot vagina yang mengendur
  4. Bagi yang sedang hamil, dapat membantu wanita melahirkan dengan cara normal tanpa operasi. Latihan ni juga mampu menguatkan otot – otot sadar panggul
  5. Mengatasi penyakit wasir atau ambeien

Pada awalnya saya hanya mengira bahwa senam kegel ini adalah senam yang diperuntukkan untuk wanita, tapi ternyata punya manfaat tersendiri bagi pria. Nah kalau gini, bisa dong ya latihan senam kegel bersama sambil quality time bersama pasangan.

Apa saja manfaat senam kegel untuk pria ? Ini dia :

  1. Membantu mengurangi kondisi ini sering buang air kecil terus alias beser
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Mencegah terjadinya ejakulasi dini
  4. Meningkatkan kesehatan prostat pria
  5. Memperkuat otot-otot dasar panggul sehingga kesehatan kandung kemih dan usus lebih sehat dan mampu meningkan fungsi seksual

Tuh ternyata senam kegel tak hanya punya manfaat untuk kesehatan organ reproduksi wanita ya, tapi juga untuk pria.

Senam Kegel – Sumber : halodoc.com

Uniknya senam kegel ini termasuk jenis senam yang sederhana dan bisa membawa perubahan pada kehidupan sehari-hari, baik untuk urusan seksual maupun kesehatan. Ada setidaknya 3 tips yang musti kamu baca agar senam kegel mu berjalan lancar dan menyenangkan.

  1. Rileks, hayo sebelum melakukan senam kegel ini harus jaga diri agar tetap rileks ya. Karena senam ini butuh diri kita tetap fokus agar saat melatih otot panggul bawah
  2. Bernapas seperti biasa, setelahh rileks usahakan melakukan senam kegel dengan ritme napas yang teratur dan tidak menahan napas. Karena jika menahan napas, justru aktivitasmu lah yang akan terganggu
  3. Lakukan setelah buang air besar atau kecil, salah jika dikatakan melakukan senam kegel dalam kondisi kandung kemih terisi karena ini malah berakibat buruk bagi kandung kemih itu sendiri. Justru lakukan senam kegel setelah buang air besar atau kecil

Setelah mengetahui manfaat dan tips melakukan senam kegel di rumah, pasti pada mau langsung coba kan. Apalagi ternyata manfaat senam kegel ini bisa dirasakan oleh wanita dan juga pria yang berdampak pada harmonisnya hubungan rumah tangga.

Masalah kesehatan reproduksi tak jarang menghampiri, meski begitu jangan enggan untk mengkonsultasikannnya ya, apalagi konsultasi ke dokter kini sedekat di genggaman tangan bersama Halodoc dan bahkan jika dirasa harus urgent, maka lewat aplikasi Halodoc ini, kita bisa membuat janji dengan dokter pilihan kita.

Udah coba aplikasi Halodoc ? Saya sudah dan termasuk sering nih pake aplikasinya, alasannya karena jadi lebih tenang ke hati kalau chat langsung ke ahlinya. Kamu juga yuk instal, sediakan aplikasi Halodoc di smartphone, download segera di Apps Store atau Play Store kamu !

%d blogger menyukai ini: