Keponih.com – Tau ga kalau sawit menjadi sumber penghidupan untuk setidaknya 21 juta orang Indonesia ? Dan mengurangi kemiskinan setidaknya 1,3 juta orang di pedesaan? Yap, itulah sawit. Satu – satunya komoditas pertanian dunia yang dituntut sertifikasi sustainability-nya, bagi Indonesia sendiri sawit merupakan sumber devisa tertinggi. Tak hanya itu, produk turunan sawit ada selalu pada keseharian kita.

5 Fakta Manfaat Sawit

Jika disodorin buah sawit mentah yang baru dipanen, tentu saja sebagian besar orang akan bingung harus diapakan. Namun apakah kamu sudah tau bahwa banyak sekali produk turunan dari sawit yang kita pakai dalam kehidupan sehari – hari yang bahkan mungkin kita pun tak begitu menyadarinya bahwa bisa dibilang kita tak bisa hidup tanpa sawit.

  1. Sawit Ada Pada Makeup dan Skincare 


    Setengah tak percaya saya mendapati informasi ini, masa iya skincare dan makeup saya mengandung sawit? Setelah saya telusuri ternyata eh iya dong haha. Sebut saja laurel natrium sulfat yang terkandung dalam tabir surya yang kita andalkan menjaga kulit dari bahaya UV, atau gliserin yang ada pada pelembab demi menjaga kulit tetap lembab, jangan lupakan juga ada isopropyl miristat yang ada pada lipstik dan alas bedak demi terlihat cantik dan segar. Hmmm.. Keren ya ternyata produk turunan sawit hampir setiap hari kita gunakan untuk wajah.

  2. Sawit Ada Pada Produk Pembersih


    Kebayang ga mandi tanpa pembersih sabun dan shampo dan pasta gigi ? Sedekat itu sawit dengan kita hadir dan begitu kita perlukan. Urusan mencuci pakaian dengan detergen pun ternyata di dalamnya terkandung juga sawit, sebut saja natrium dedosil sulfat yang ada pada detergent yang kita andalkan membuat pakaian bersih. Juga natrium lauril sulfat pada pasta gigi kita, pada sabun lebih banyak lagi karena ada gliserin, lauril sulfat, asam laurat, lauret sulfat, dan asam stearat.
  3. Sawit Ada Pada Banyak Bahan Makanan Makanan


    Kita mungkin tadinya hanya tau bahwa sawit ada dalam minyak goreng, padahal tak hanya itu loh. Karena nyatanya sawit ada pada banyak bahan makanan seperti biskuit, krimer kopi, jeli juga makanan ringan. Bahkan dalam setangkup roti isi lengkap, terdapat produk sawit di dalamnya. Adalah margarin dan mayones dengan kandungan monodiasil gliserol yang merupakan produk olahan sawit.
  4. Sawit Memiliki Kandungan Nutrisi yang Tinggi


    Minyak sawit diyakini mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi masyakarat karena kandungan vitamin A dan E yang terkandung di dalamnya. Tak heran jika pemerintah kemudian menjadikan sawit sebagai alternatif pemenuhan gizi masyarakat guna mencegah kekurangan nutrisi dan mengatasi stunting. Dalam satu sendok minyak sawit, terdapat banyak nutrisi diantaranya : 13,6 gram lemak sehat, 12o kalori, 1,1 mcg vitamin K, 50% lemak jenuh, 40% lemak tak jenuh tunggal, 10% lemak tak jenuh ganda, 2,17 mg vitamin E.
    Jangan lupa juga perhatikan ya saat membeli minyak sawit di pasaran, pastikan membeli minyak sawit dalam kemasan.
  5. Sawit Sebagai Energi Terbarukan


    Batu bara dan minyak bumi yang saat ini dipakai sebagai sumber energi yang diambil dari dalam bumi semakin menipis, dan perlu diketahui sumber energi ini membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Beruntung kemudian ditemukan sawit sebagai energi terbarukan, jika terus dikembangkan bukan tidak mungkin Indonesia tak perlu impor BBM, selain itu bahan bakar dari sawit seperti B20 dan biofuel. Semoga pengembangannya semakin baik ya di masa mendatang.

Fakta – fakta di atas baru sebagian saja dari kebaikan sawit. Mari #bicarasawit karena nyatanya sawit memiliki menfaat dan peran yang besar bagi kehidupan kita sehari – hari.


Tinggalkan Balasan