Bikin Sambal Matah Sendiri Yuk

Indonesia oh Indonesia, bukan cuma kebudayaannya yang ragam, makanannya juga. Dan tak lepas dari itu sambalnya Indonesia itu juara ya, unik dan beda tiap daerahnya. Saya yang besar di tanah Sunda sudah hafal betul dengan sambal terasi, emang itu khas Sunda banget ya. Tapi ga cuma itu, ada sambal goang, sambal kecap, sambal jahe dan lainnya ( nulis ini air liur berasa netes – netes haha ) tapi yang kali ini pengen saya share adalah lezat dan uniknya sambal matah, sambal khas Bali yang rasanya beda dan ga kalah bikin nagih buat nyocol terus menerus.

Sambal Matah Khas Bali
Entah kapan tepatnya mengenal sambal unik yang satu ini, karena jujur saja baru gaul setelah lulus sekolah :D kayanya saya kenal sambal ini di sebuah restoran makan ikan, lalu cicipin yang sesungguhnya enaknya pas di Bali. Makan di daerah asli sambal ini berasal emang beda ya, well sekarang lagi jarang keluar pergi dan di Bandung sendiri tidak semua rumah makan menyediakan sambal matah ini, jadinya saya lebih sering membuatnya sendiri. Dan ternyata tidak sulit loh, ini dia sambal matah ala rumah saya.

cabe, sambal indonesia, sambal matah, blogger, food blogger,
Sambal Matah

Resep Sambal Matah Ala – Ala


  • 10 buah cabe rawit ( sebaiknya sih yang merah biar menggugah selera, cuma di rumah lebih suka cabe cengek yang hijau, jadi saya pake itu )
  • 4 buah bawang merah
  • 2 batang serai ( ambil bagian dalamnya yang putih )
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 sdm minyak goreng
  • Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :

  • Cuci bersih semua bahan dan iris kecil – kecil dan simpan dalam mangkok
  • Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis dan tekan – tekan dengan sendok sambil diaduk agar tercampur rata dan sari – sari nya keluar dan tercampur
  • Panaskan minyak di wajan dan siramkan minyak panas ke dalam mangkok berisi campuran bahan tadi. Aduk rata kembali. Selesai

Mudah pisan yah !

cabe, sambal indonesia, sambal matah, blogger, food blogger,
Sambal Matah vs Gurame Goreng Garing

Biasanya saya membuat ini kurang dari 15 menit, jadi biasanya mendadak bikin sesaat sebelum hendak makan. Makan sambal matah ini biasanya ditemani dengan ikan goreng, tapi makannya dengan tahu atau tempe goreng saja sudah nikmat. Baru kemarin banget menikmati ini dengan gurame yang digoreng kering. Hasilnya, ahh jauhin deh timbangan ( you know what i mean ^^ )

Kalian sendiri sukanya sambal apa ? atau sering bikin sambal jenis apa ? Share juga ya di mari.

Photo take by phone 

keponih.com

2 thoughts on “Bikin Sambal Matah Sendiri Yuk

  1. Sambal matah itu sbnrnya enaaak banget, dgn catatan kalo yg bikin pinter masaknya :p. Krn aku ga suka bawang mentah, aku hrs hati2 makan matah. Kalo irisan bawang merahnya msh terlalu seger, aku ga bakal doyan itu.. Tp kalo udh layu krn minyak panas, rasanya ga terlalu kuat lagi, baru deh doyan :)

    1. Wah ga terlalu suka bawang mentah ya. Aku juga dulu ga suka, kebawa suka sama suami nih mbak hihi.
      Kalau di sambal matah mah jadi enak bgt malah rasanya menurut saya hehe

Tinggalkan Balasan