Selain mendapatkan ilmu di jenjang perkuliahan, mahasiswa juga baiknya mendapatkan pengalaman bekerja. Pengalaman bekerja yang bisa didapatkan pada masa magang ini, berguna untuk memberikan gambaran bagaimana dunia kerja yang akan ditempuh mahasiswa setelah lulus kuliah nantinya. Pada acara BUMN Goes to Campus yang diadakan di Tasikmalaya Rabu (20/3/2019) lalu, ratusan mahasiswa Universitas Siliwangi dan 27 universitas negeri dan swasta di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, menjadi peserta program magang mahasiswa bersetifikat (PPMB).

Mengutip dari Kompas.com, Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga datang pada acara tersebut mengatakan bahwa PMMB yang dilaksanakan minimal enam bulan ini, dirancang untuk membantu menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja dan mampu bersaing. Selain itu, program ini juga diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing-masing. Rini juga mengatakan manfaat bagi mahasiswa yang mengikuti program PPMB. Mahasiswa akan mendapat pengalaman kerja nyata di dunia industri ,mendapat sertifikat kompetensi atau sertifikat industri, mendapatkan uang saku, hingga memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN.

Program yang merupakan program yang dilaksanan dalam rangka peringatan HUT Kementrian BUMN ini mempunyai target jumlah mahasiswa magang di akhir tahun 2020 untuk mencapai 20.000 dan tersebar di 143 BUMN di seluruh Nusantara.


Dalam acara yang dihadiri Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut Telkom Herdy Harman, dan Rektor Universitas Siliwangi serta ribuan mahasiswa ini, Rini Soemarno juga memberikan kuliah umum mengenai komitmen perusahaan BUMN untuk berkontribusi secara optimal kepada negeri dan menjadi agen pembangunan.

Pada acara yang sama juga, PT Pertamina (Persero) turut memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dengan bantuan Dirut Nicke Widyawati, PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan senilai 1 milliar rupiah untuk dukungan fasilitas perkuliahan Universitas Siliwangi dan bantuan pendidikan untuk 20 mahasiswa dengan nilai total 100 juta rupiah sebagai bagian dari tanggung jawab sosial BUMN dalam mendorong peningkatan kualitas Pendidikan tinggi dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT.Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyampaikan bahwa melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) Pertamina menyerahkan bantuan pendukung fasilitas perkuliahan Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL) senilai 1 Milyar rupiah serta bantuan untuk mahasiswa sebanyak 20 orang dengan total nilai 100 juta rupiah. Hal ini di katakannya lebih lanjut sebagai tanggung jawab sosial BUMN dan Pertamina turut berpartisipasi dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi dengan membantu menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

Lahir sebagai putra daerah Tasikmalaya, Nicke berbagi pengalaman memulai karir sampai menduduki jabatan bergengsi seperti sekarang ini. Hal ini semoga saja menjadi motivasi untuk para generasi milenial agar lebih terpacu dalam mempersiapkan diri memasuki dunia pekerjaan.

Menurut Nicke, mahasiswa harus mengenal visi, misi, dan program Pertamina sebagai perusahaan migas nasional kelas dunia yang berperan mengelola energy berdasarkan 5 prinsip utama yaitu: availability, affordability, acceptability dan sustainability.

Sebelumnya juga, Pertamina telah melakukan kesepakatan kerja sama PMMB dengan perwakilan 20 universitas seluruh Indonesia. Sebanyak 121 mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia mendapat kesempatan emas terjun langsung merasakan dunia kerja di Pertamina dalam program PMMB batch 1.

Tinggalkan Balasan