Mempercantik Tampilan Blog : THEMES Pada WordPress

Agustus 10, 2018 0 By Yasinta

Keponih.com – Tidak dipungkiri bahwa tampilan sebuah blog mempengaruhi pengunjung blog kita, maka dari itu mempertimbangkan unsur estetika sangatlah penting agar pembaca betah berlama – lama menggali informasi dan membaca tulisan blog kita.

THEMES

Blog yang menarik tidak lepas dari tampilan keseluruhan. Secara keseluruhan disebut dengan template atau themes ( pada wordpress ), kabar gembira bagi para pengguna wordpress karena jika kita ingin mengganti themes maka kita bisa mencari free wordpress themes di google, mendownloadnya, menguploadnya ke blog kita dan menerapkannya.

Pun wordpress sendiri telah memberikan kemudahan untuk penggantian themes ini, kita bisa menggantinya saat di dashboard, berikut adalah tutorialnya.

mengganti themes pada blog wordpress

mengganti themes pada blog wordpress
Mencari themes atau mengupload themes
mengganti themes pada blog wordpress
Sebelum benar – benar menginstalnya, kita bisa melihat previewnya terlebih dahulu
  1. Masuk ke dashboard – Appereance / Tampilan – Themes
  2. Klik add themes, maka akan muncul pilihan kategori themes yang bisa pilih langsung berdasarkan kategorinya : Featured, Popular, Latest, Favorite dan Featured Filter yang memungkinkan kita untuk memilih themes seperti apa yang sedang kita cari.
    Jika sudah menemukan themes yang diinginkan, klik install ( untuk memilih ) atau preview untuk melihat terlebih dahulu sebelum menginstalnya
  3. Atau kita bisa klik upload themes untuk mengupload themes yang sudah diinstal sebelumnya.
    FYI, file yang didownload untuk themes ini memang zip, tidak udah di extract, langsung drag atau search saja menggunakan explorer. Klik install and voila ! Jadi *yeay.PS. Themes yang sudah pernah didownload akan selalu tersimpan di halaman themes, jika kamu ingin menggunakannya. Tinggal install dan nikmati themes barumu.

( Simply ) Custome Themes Pada WordPress

Tak dipungkiri walau menginstal themes pada wordpress bisa dibilang mudah sekali, tapi pastinya ada beberapa hal yang mungkin saja tidak sreg, beberapa mungkin bisa ditolerir. Tapi biasanya ada juga beberapa yang keukeuh hal tersebut harus dirubah, setidaknya ada perubahan sedikit tidak 100% themes bawaan. Baik here the simply editing themes on wordpress.

Masuk ke halaman depan blog, di bagian atas kalian bisa menemukan CUSTOME / SESUAIKAN, klik !

Ini lebih ke identitas blog nya, hal – hal sederhana seperti :

  • Site Identity, meliputi :

Menambahkan favicon/ website icon ( ikon utama yang muncul pada address bar suatu laman web dan merupakan logo dari laman tersebut )

Menambahkan logo/header

Menambahkan judul blog ( site tittle ) dan tagline jika ada

  • Warna primer ( Warna menu saat cursor kita diarahkan judul menu/artikel ) dan mengubah warna background
  • Background Image, jika kita ingin memberikan gambar/tekstur/ atau foto yang sudah disiapkan menjadi background blog
  • Widget (fungsi dan fitur yang berada di halaman blog biasanya di sidebar ) erbeda ke sidebar
  • Menu
  • Content Option
  • Additional CSS
  • Homepage Setting
  • Themes option

Note : Tampilan pilihan pada Customize halaman depan tidak selalu seperti di atas, ada yang lebih sedikit  ada juga yang lebih banyak. Beranilah bereksplorasi. Mengedit hal – hal kecil pada menu Customize saja sudah bisa membuat blog kita terlihat lebih hidup.

Bagaimana, mudah bukan ? Menemukan kesulitan ? Mari diskusi di grup facebook.

Yasinta for