Jadi Blogger, Akrablah dengan DA/PA

Agustus 26, 2018 1 By Yasinta

Keponih.com – Dunia blogging semakin riuh dengan banyaknya blogger yang semakin dilirik oleh brand sebagai media promosinya. Entah dalam bentuk content placement, job review atau undangan ke berbagai event. Ada effort yang dilakukan blogger berbanding lurus dengan fee yang diberikan, masih ada yang bertanya apakah faktor yang membuat blogger bisa mendapatkan job.

Dunia daring adalah tentang siapa menemukan siapa. Jika blog kita di browsing ada pada halaman sekian belas mesin pencari maka tentu saja kemungkinan mendapatkan job jadi menipis. Padahal mendapatkan job bukan hanya soal fee, lebih kepada eksistensi dan tingkat trust sebuah brand kepada blog dan penulisnya. Siapa yang tidak suka dipercaya bukan ?

Kenali DA/PA Blog

Layaknya sekolah, dunia blogging punya rangking. Bisa diakses oleh siapa saja, tak bisa bohong soal itu. Hampir sama dengan page rank, DA/PA ini diukur dengan angka, skala 0-100 semakin besar semakin baik. Nah loh, udah tau belum DA/PA blog kamu berapa ?

Bagi kamu yang belum tau, DA merupakan singkatan dari Domain Authority yang merupakan tolak ukur kekuatan domain secara keseluruhan. DA ini mengukur kekuatan nama sebuah blog/website di mesin pencari, semakin besar angka nya semakin berkualitas lamannya.

Beberapa faktor mempengaruhi nilai DA yang pertama adalah umur domainnya. Umur yang lama sangat berpengaruh pada DA karena menunjukan konsistensi si pemilik dalam mempertahankan situs miliknya.

Popularitas domain, jumlah link yang mengarah pada suatu situs menunjukkan bahwa situs tersebut cukup terpercaya sehingga banyak yang memberikan inbound. Situs dianggap lebih terpercaya oleh pengguna.

Ukuran Domain atau jumlah post yang ada pada suatu situs. Tak hanya umur dan popularitas, jumlah artikel atau konten yang adapun diperhatikan dan turut berpengaruh pada rangking DA. Itu sebabnya konsisten dalam menulis secara tidak disadari dapat membantu menaikkan DA blog.

PA ( Page Authority ) adalah tolak ukur untuk mengukur kekuatan halaman. Yap, hanya halamannya saja dan ini erat kaitannya dengan konten yang original, menarik dan baru. PA ini juga digunakan sebagai ukuran kekuatan sebuah situs halaman ditemukan oleh mesin pencari.

Karena itu PA ini erat kaitannya dengan mengerti dan menerapkan prinsip SEO pada penulisan konten pada blog kita. Buatlah artikel dengan keyword yang natural, mengisi tags, memberikan internal link dan juga optimasi gambar. Semua dilakukan agar konten yang kita buat bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari, dengan begitu nilai PA pun akan meningkat.

Jika DA/PA tinggi, bukan tidak mungkin situs atau blog yang kita kelola kebanjiran job.

Cara Mengecek DA/PA

Cara melihat nilai DA dan PA sebuah blog bisa dilakukan dengan mengunjungi dan menuliskan alamat blog kita. Coba deh masukan url blog dan cek DA/PA mu sekarang :

Sebagai blogger, akrablah dengan DA/PA ini karena angka – angka ini menjadi acuan sebuah blog ditentukan diajak untuk bekerjasama atau tidak.

Jadi berapa DA/PA mu ?