Siapa tak tahu hotel Prama Grand Preanger ? Sebuah hotel warisan masa kolonial yang sempat menjadi kebanggaan bangsa Belanda di bandung saat itu. Digerus waktu tidak membuat hotel ini kehilangan pecinta, terbukti hingga saat ini hotel Prama Grand Preanger masih menjadi pilihan mereka yang mencintai sejarah, menikmati suasana kolonial dan artdeco yang tersebar disetiap penjuru ruangannya. Juga bagi mereka yang mendambakan experience berbeda menginap dihotel yang sudah biasa. Prama Grand Preanger bisa jadi jawabannya.
review prama grand preanger bandung

Mendapati Preanger menjadi berada disalah satu list hotel yang akan difoto saya melonjak bahagia, beberapa kali kesana tidak pernah membuat saya bosan, belum lagi rasa penasaran bagaimana suasana kamarnya secara keseluruhan.

Prama Grand Preanger Bandung
Diresmikan menjadi hotel pada tahun 1920, hotel Prama ini didaulat menjadi hotel paling tua di Bandung. Meskipun begitu pesonanya tak lekang oleh zaman. Nah guys, apa yang terlintas jika mendengar bangunan zaman dulu ? Bangunan dan gaya kuno ? Disini tidak, karena justru disini terlihat sangat berkelas. Bahkan Prama tengah mengejar status Unesco Heritage Site. Sungguh gelar yang pantas untuk Prama yang memang memiliki sejarah panjang.
Terdiri  dari 187 kamar dengan 12 tipe kamar, interior hotel disini indah dan soal hospitality hmmm rangkingnya 9,5 dari 10 deh hehhee, ada minuman secang yang ditawarkan sebagai welcome drink dan rasanya enaaaaak.


review prama grand preanger bandung
Welcome Drink Prama Grand Preanger

Lounge yang berdiri saat ini dibangun pada tahun 1987, beberapa lokasi sengaja tidak direnov untuk keperluan Unesco Heritage Site, hotel bergaya kolonial ini memang punya ciri tersendiri. Fasilitasnyapun sudah lengkap termasuk memiliki 12 meeting room, dan ballroom dengan kapasitas 800 orang.
Kabar gembira untuk kamu yang menginap disini, karena bisa mendapatkan free ten minute massage di area spa yang berada didekat kolam renang, ada juga fasilitas gym yang bisa kamu nikmati disini.

review prama grand preanger bandung
Spa at Prama Grand Preanger Bandung
review prama grand preanger bandung
Fasilitas gym nya oke banget nih, lengkap
review prama grand preanger bandung
Pool at Prama Grand Preanger Bandung

Yang Unik Dari Prama Grand Preanger
Semuanya istimewa, tapi keliling hotel ini bikin saya makin excited.
Ada area Naripan Suite yang  memiliki Lounge sendiri untuk kamu yang menginap di area ini, jadi semacam hotel dalam hotel lah. Udah gitu gayanya pun berbeda sekali dengan bagian bagian depan. Suasananya klasik dan elegant banget, makin terkesima saat masuk ke dalam kamarnya yang punya suasana ga kaya di Bandung. Kamar – kamar disini juga cenderung lebih luas dibanding hotel lain saya saya datengin.

review prama grand preanger bandung
Berkelas banget ya gayanya.

Uniknya lagi hotel Prama Grand Preanger ini menyediakan guling disetiap tempat tidurnya, ini menjadi ciri khas Prama yang dari dulu dipertahankan karena guling alias dutch pillow ini hampir tidak ada di hotel lainnya karena guling itu sudah jadi bagian dari kebiasaan orang belanda. *emang enak juga sih kalau tidur ada gulingnya ya.
Jadi kalau menginap nyari guling buat teman tidur, hanya ada di Prama Preanger.

review prama grand preanger bandung
Bobo cantik di temani guling

Oya, dibeberapa tipe kamar lain kamar mandinya ajib banget, banyak terbengong-bengong sih sebetulnya karena baru disini cermin di kamar mandinya dilengkapi dengan lighting layaknya cermin untuk makeup,kamar mandinya pun tak kalah luas, malah ada satu room dengan nama Garuda Suite yang wow banget. Disini layaknya rumah, mereka punya 3 kamar dengan resepsionis sendiri begitu pintu dibuka.

review prama grand preanger bandung
Puas deh kalau mau makeup an :D
review prama grand preanger bandung
Feel like home
review prama grand preanger bandung
Yang kuning itu lapis emas looooh

Terdapat ruang kerja, ruang tamu pula didalamnya. Dan yang bikin wow adalah kamar mandinya yang beberapa bagiannya dilapisi emas. Huwooooh, can’t be more excited. Masih ada lagi, kacanya bullet proof, ada jaccuzi pribadi dibagian atas sekaligus balkon dengan city view bandung. Perfect !

Wajah asli dari bangunan hotel ini dapat dilihat dari Jl. Asia Afrika maupun Jl. Tamblong. Sebuah bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur berselera tinggi. Dipertahankannya bangunan lama ini justru menjadi daya tarik hotel yang letaknya berdekatan dengan Gedung Asia-Afrika ini. Banyak tamu yang sengaja datang untuk bernostalgia merasakan bandung bergaya kolonial belanda.

Room Rate
Nah untuk menginap di Prama, ini dia room rate nya di tahun 2016

1. Superior/Deluxe Rp. 1,875,5000

2.       Executive Rp. 3,872,000

3.       Naripan Suite Rp. 4,950,000

4.       Nakula Suite Rp. 6,905,000

5.       Sadewa Suite Rp. 7,955,000

6.       Malabar Suite Rp. 9,055,000

7.       Priangan Suite Rp. 9,855,000

8.       Pandawa Suite Rp. 11,550,000

9.       Garuda Suite Rp. 19,050,000

Jadi bagi kamu yang menginginkan experience berbeda menginap di hotel di Bandung, Prama Grand Preanger bisa jadi pilihannya, menginap disini sudah pasti asik. Paket lengkap menginap di bandung, jalan sedikit kamu bisa menemukan jalanan asia afrika – braga yang ga ada matinya.

Prama Grand Preanger 

Alamat: Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

 

Salam Hangat,

keponih.com

6 Komentar

    1. Author

      Iya teh harganya pantas ini, mengingat sejarah panjangnya.
      Makasih teh Raisa udah mampir

  1. Hotelnya indah… harganya juga “indah ya…

    1. Author

      Hihi sebanding dengan suasana nya apalagi sejarahnya mbak ..
      Makasih sudah mampir


    1. dulu aku PKL di grand preanger hotel, ramah2 orangnya…

Tinggalkan Balasan